Besarnya Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan – Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai banyak khasiat. Khasiat-khasiat tersebut di peroleh karena adanya vitamin-vitamin yang terkandung didalam buah apel. Vitamin tersebut membuat orang tertarik untuk memakannya.

Adapun vitamin tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita apalagi jumlah vitamin A yang terkandung didalam buah apel tergolong tinggi bagi jenis buah-buahan. Apalagi vitamin ini sangat penting bagi kesehatan mata, tak salah jika orang mengkonsumsi buah apel setiap hari.

Di dalam artikel ini kita akan lebih banyak membahas manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh manusia. Selain vitamin A, vitamin yang terdapat di buah apel adalah vitamin B1, vitamin C, vitamin B5, vitamin B3, vitamin B9 dan vitamin B6. Dan semuanya itu adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan antara lain seratnya yang baik bagi anda yang sedang diet karena buah apel dapat mencegah lapar dan mengikat kolesterol jahat serta lemak yang terdapat ditubuh. Kolesterol jahat ini dapat diatasi oleh kandungan buah apel karena ada zat yang disebut dengan fitokimia yang mampu melawan kolesterol jahat atau LDL.

Mineral-mineral yang terkandung di buah apel juga lumayan banyak antara lain magnesium, zat besi, zinc, kalsium, dan potasium yang dibutuhkan oleh tubuh meskipun dalam jumlah yang sedikit. Buah apel juga berguna untuk menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis yang biasanya dialami oleh orang lanjut usia. Ini disebabkan karena adanya kandungan zat boron. Selain itu masih banyak manfaat buah apel bagi kesehatan.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Adapula kandungan zat quercetin yang terdapat di buah apel, zat ini berguna untuk melindungi otak dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan Alzheimer. Buah apel juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah sebesar 16%, angka ini cukup lumayan tinggi diantara buah-buah yang lain.

Kandungan yang lain adalah flavonoid dan naringin yang berguna untuk mencegah kanker paru-paru. Dari sebuah penelitian, kandungan antioksidan yang terdapat di buah apel dapat berperan sebagai detoksifikasi atau pembunuh patogen sehingga dapat menurunkan resiko kanker pencernaan khususnya kanker hati.

Bagi anda yang sedang diet, buah apel ini sangat bagus jika anda konsumsi karena buah apel dapat menurunkan berat badan. Manfaat buah apel bagi kesehatan yang lainnya adalah menurunkan jumlah hormon insulin yang dapat memicu diabetes, ini dikarenakan adanya kandungan galacturonic acid yang ada di buah apel.

Baca juga:

Beberapa informasi mengenai manfaat buah apel diatas semoga dapat bermanfaat bagi anda dan mungkin bisa anda coba dirumah dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari. Perlu anda ketahui bahwa buah apel ada beberapa jenis yaitu apel kuning, merah, fuji, granny smith, dan manalagi.