Biar Nggak Ngantuk Setelah Makan Siang, Lakukanlah Cara-cara Ini!

Posted on

ArenaWanita.com | Biar Nggak Ngantuk Setelah Makan Siang – Setelah jam makan siang biasanya merupakan waktu-waktu tepat untuk melakukan tidur siang. Setelah perut terisi kenyang dengan makanan, mata pun menjadi mengantuk dan mengajak untuk tidur.

Hal ini memang alamiah terjadi karena proses sirkandian yang terjadi dalam tubuh kita Tapi gimana jika waktu kalian harus digunakan untuk berbagai macam kegiatan sehingga tidak dapat melakukan tidur siang? Nah, biar nggak ngantuk setelah makan siang, kalian dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

Atur menu makan siangmu

Agar tubuhmu tidak merasa ngantuk setelah makan siang sebaiknya kamu mengatur menu makanan yang kau santap. Makanan dengan kandungan tinggi kadar gula dan karbohidrat memang akan memberikan tambahan tenaga untukmu. Akan tetapi jenis makanan ini dapat membuatmu menjadi lebih ngantuk.

Untuk menghindari rasa ngantuk, kalian dapat memilih menu makanan yang kaya akan zat protein dan tinggi lemak sehat. Makanan jenis ini dapat mengontrol kadar gula dalam darah yang terbukti menghambat rasa kantuk dan tentunya tetap memberikan suplay energi untuk tubuhmu.

Gerakkan badanmu

Saat rasa kantuk mulai menyerangmu, sebaiknya kamu mulai melakukan tips yang satu ini. Kamu harus langsung meninggalkan meja kerjamu dan bergerak untuk mencari udara segar. Tidak perlu gerakan-gerakan khusus, kamu cukup berjalan-jalan ke sekitar ruang kerjamu untuk menghirup udara segar. Setelah rasa kantukmu hilang, kamu dapat kembali ke meja kerjamu untuk melanjutkan aktivitas kerja kembali.

Siapkan baju hangat

Cara menghindari kantuk setelah makan siang yang satu ini wajib kalian lakukan jika kantor kalian difasilitasi ruangan ber-AC. Ruangan AC memang dapat memberikan kenyamanan tersendiri saat kita bekerja. Akan tetapi dibalik kenyamanan yang dihasilkannya, sejuknya ruangan ber-AC dapat menimbulkan rasa ingin tidur apalagi saat perut kalian sedang dalam kondisi kenyang. Untuk mengakalinya kalian dapat menyiapkan baju hangat, sehingga ketika kalian merasa kedinginan setelah makan siang kalian dapat menggunakannya agar tidak merasa ngantuk.

Biar Nggak Ngantuk Setelah Makan Siang

Pilih meja yang dekat dengan jendela

Sinar cahaya matahari juga memiliki peran dalam proses siklus harian tubuhmu. Dengan terkena sinar matahari secara langsung, tubuhmu tidak akan mudah mengantuk. Untuk itu, sebaiknya kalian memilih ruang kerja yang dekat dimasuki cahaya matahari secara langsung. Selain itu sebaiknya kalian menghindari tempat kerja yang memiliki intensitas cahaya yang kurang. Hal ini dikarenakan dengan kondisi cahaya yang minimal rasa kantuk yang timbul dari tubuhmu cenderung akan lebih tinggi.

Tertawalah!

Cara mengatasi kantuk setelah makan siang yang satu ini memang benar-benar ampuh untuk dijalankan. Dengan bekerja secara santai dan banyak tertawa kalian tidak akan merasa bosan dan mengantuk saat kerja. Selain itu dengan banyak tertawa berbagai pekerjaan yang berat pun tidak akan terasa berat karena kalian menikmati semuanya.

Kata Kunci Halaman Ini:

abis makan, biar gak ngantuk, cara agar tidak mengantuk setelah makan, mengatasi ngantuk setelah makan, tips menghilangkan kantuk setelah makan siang

Baca Juga: