Bila Anak Terbiasa Mengemut Makanan

Posted on

Bila Anak Terbiasa Mengemut Makanan – Makanan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Bila asupan nutrisi yang masuk tidak maksimal karena proses ngemut, tentu lama kelamaan pasti akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Bahkan bisa sampai kekurangan gizi.


Menurut Monica Sulistiawati MPsi CHt CGA psikolog dari Personal Growth Counseling and Development Center, Jakarta, mengemut makanan itu termasuk salah satu gangguan perilaku seperti halnya picky eating.

Beberapa faktor penyebab anak terbiasa mengemut makanan bisa jadi karena:

  • Kemampuan motorik halus anak belum optimal sehingga bila seharusnya dia bisa mengunyah 32 kali tapi pada anak tersebut maunya baru 10 kali sudah capek.
  • Sebenarnya anak sudah kenyang tapi kadang ada orang tua yang tidak peka bahwa anaknya sudah merasa kenyang dan terus memberi makan anaknya hingga anak tersebut kekenyangan dan akhirnya makanan tersebut dikemutnya.
  • Terlewatinya tahapan pola pemberian makanan pada anak. “Kesalahan dalam melewati salah satu fase ini menjadi salah satu sumber penyebab anak ngemut,” tegas Monica.

Kebiasaan mengemut makanan memicu efek buruk sebagai berikut:

  • Kerapihan dan kesehatan gigi lamanya makanan di dalam mulut menyebabkan kerusakan gigi lama kelamaan akan karies atau keropos
  • Makanan yang lama di emut di dalam mulut bisa menimbulkan efek kenyang sehingga anak bisa mengalami gizi buruk
  • Gangguan perkembangan motorik di rahang anak
  • Masalah emosional

Kebiasaan mengemut makanan pada anak erat kaitannya dengan pola asuh yang diberikan orang tua. Yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan orang tua adalah suasana makan. Dunia anak adalah dunia bermain maka semua harus menyenangkan. Termasuk juga acara makan harus menyenangkan. Yang terjadi biasanya lingkaran setan.

bila-anak-terbiasa-mengemut-makanan

Karena anak merasa makan bukan kegiatan menyenangkan, maka dia ngemut makan sebagai bentuk protes. Anak ngemut makanan, ibu semakin stres akhirnya memarahi anaknya.

Untuk mengatasi hal tersebut orang tua harus memperhatikan:

  • Jadwal makannya. Jangan baru makan snack, sudah dikasih makan nasi lagi, kemudian dikasih makan buah lagi. Jadwal makan seperti itu pasti akan membuat anak kekenyangan.
  • Emosi Anak saat makan. Kalai anak itu baru saja di marahi atau baru saja terjatuh hingga menangis dan ia ingin bermanja manja dengan mamahnya tapi mamahnya bilang bila saat itu sudah waktunya makan, maka itu pasti akan membuat anak makan lebih lambat.
  • Sebisa mungkin hindari anak makan sambil beraktivitas yang lain misalnya sambil jalan jalan di taman atau menonton televisi. Sebisa mungkin sejak dini anak diberi makan pada saat waktunya untuk makan.

Semoga artikel diatas bisa membantu si kecil untuk tidak mengemut makan.


Kata Kunci Halaman Ini:

apakah bayi mengemut makanan karena pola asuh yg salah?, tips agar anak tidak ngemut saat makan nasi, tidur sambil ngemut makanan, penyebab bayi mengemut makanan, efek anak suka emut makanan di mulut, Dampak anak suka emut makanan pada kesehatan, Cara menghilangkan kebiasaan mengemut makanan di mulut anak, bayi ngemut makanan, balita mengemut makanan, trik memberi makan anak suka mengemut