Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas Ketika Mengidam

Posted on

ArenaWanita.com | Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas – Kondisi hamil adalah kondisi di mana terkadang seorang ibu ingin makan makanan yang berbeda dari biasanya. Keinginan makan yang seperti ini biasa disebut dengan ngidam.

Biasanya makanan yang diinginkan ketika sedang hamil dan ngidam itu bervariasi sekali, ada yang hanya meminta makanan yang sederhana saja dan bisa dengan mudah ditemukan keberadaannya, ada juga yang meminta makanan yang sulit di cari dan memiliki harga yang relative mahal, bahkan terkadang ada juga yang ngidam minta makanan yang bahkan sebenarnya tidak seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ketika seorang ibu yang sedang hamil mengidam makana makanan yang sekiranya terlarang, terkadang suami atau keluarga bingun apakan harus memberikannya atau tidak. Menurut mitos-mitos yang ada, salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah nanas. Tetapi ada juga yang memakan buah nanas ketika sedang masa kehamilan namun tidak kenapa-napa. Mulailah muncul pertanyaan seperti; bolehkan ibu hamil makan nanas?

Jika anda masih bertanya-tanya mengenai bolehkah ibu hamil makan nanas, maka di sini anda akan menemukan jawabannya. Hal itu memang sebenarnya hanya mitos, tetapi untuk lebih memastikannya anda juga harus mengetahui hasilnya ketika sudah di tes secara kimawi.

Nanas memang baik untuk tubuh karena mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, magnesium, kalsium, dan juga zat bromelain yang berfungsi mencerna makanan di lambung dan juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Tetapi jika yang mengkonsumsi ibu hamil, maka semuanya tidak sama lagi.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas Ketika Mengidam

Zat bromelain ini bisa saja menggugurkan kandungan ibu hamil, karena zat bromelain itu berdampak pada serviks atau leher rahim dan dapat menyebabkan kontraksi yang tidak seharusnya terjadi. Karena terjadinya kontraksi tidak pada saat yang seharusnya, ini bisa menyebabkan keguguran janin. Selain itu, zat asam yang terdapat pada nanas jika dikonsumsi oleh ibu hamil yang mempunyai riwayat maag ataupun gastritis(penyakit pada lambung) maka ini akan sangat membahayakan pencernaan yang terjadi di dalam tubuhnya dan menyebabkan sakit perut yang berkelanjutan.

Baca juga:

Mengkonsumsi nanas pada ibu hamil sebenarnya tidak akan berdampak seburuk itu jika saat mengkonsumsi anda memilih buah nanas yang jelas sudah matang(nanas yang sudah matang tidak banyak mengandung zat bromelain) dan jika anda tidak mengkonsumsi nanas ketika pada tahap trisemester kehamilan(tiga bulan pertama).

Pertanyaan anda tentang bolehkan ibu hamil makan nanas kan sudah dijawab. Nah, daripada masih harus mengantisipasi dampak-dampak yang akan merugikan anda, maka lebih baik sebelum anda mengkonsumsi buah nana, anda bertanya-tanya terlebih dahulu kepada dokter kandungan. Jika dokter kandungan sudah memastikan boleh atau tidaknya, maka setidaknya itu akan membuat anda tidak lagi khawatir akan dampaknya. Semoga artikel ini membantu.

Kata Kunci Halaman Ini:

bolehkah makan nanas saat hamil

Baca Juga: