Cara Agar Lebih Suka Makan Sayur

Posted on

ArenaWanita.com | Cara Agar Lebih Suka Makan Sayur  – Segala jenis sayuran seperti bayam, brokoli merupakan hal yang menakutkan dan sering dihindari oleh anak. Jika anda meminta anak anda untuk menghabiskan sayurannya merupakan hal yang menantang dan bisa membuat anda dengan anak anda terlibat keributan.

Sudah diketahui bersama, bahwa asupan nutrisi dalam sayuran dan seimbang dengan kombinasi buah-buahan merupakan faktor yang penting dalam usaha menjaga kesehatan tubuh, terutama pada anak-anak yang masih dalam taraf pertumbuhan.

Jika memang anak anda tidak menyukai sayuran, bukan berarti anda menyerah dengan keadaan dan anda hanya memberikan makanan yang hanya disukai oleh anak anda saja. Ada cara agar lebih suka makan sayur yang bisa anda terapkan kepada anak anda. Dengan mengikuti cara-cara di bawah ini, niscaya anak anda akan mulai suka dengan sayuran.

  • Seorang anak adalah peniru yang baik. Anak akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi, jika anda ingin anak anda menyukai sayuran maka anda pun harus rajin mengonsumsi sayuran. Ketika makan bersama merupakan momen yang tepat untuk mengajarkan pada anak anda untuk menyukai sayuran.
  • Ketika berbelanjan dan memasak, ajaklah anak anda. Dengan cara demikian, maka akan membuat anak anda akan lebih menyukai makanan yang dimasak sendiri di rumah.

Cara Agar Lebih Suka Makan Sayur

  • Sediakan cemilan sehat di rumah anda. Misalnya dengan menyimpan potongan buah dan sayuran seperti wortel rebus di dalam kulkas. Ketika anak anda merasa kelaparan anak anda tinggal mengambilnya di dalam kulkas bukan mengambil cemilan yang ada dalam kemasan seperti keripik yang tidak sehat.
  • Jangan menyimpan junk food di rumah. Karena anak anda akan lebih tergoda dengan junk food yang anda simpan daripada cemila sehat yang anda sediakan.
  • Berilah penyeimbang antara makanan sehat dengan cemilan kesukaan anak anda. Jangan pernah memberikan jenis-jenis makanan seperti permen, soda, dan kue yang ada dalam kemasan, karena akan membuat anak anda semakin menggemari jenis makanan tersebut. Tidak ada salahnya sesekali menikmati junk food, namun tetap frekuensi konsumsi junk food harus dibatasi dan tetap mengedepankan sajian makanan yang lebih sehat.
  • Jika ternyata anak anda memang benar-benar tidak menyukai sayuran, maka kini saatnya anda untuk bertindak kreatif. Anda bisa menyembunyikan sayuran di dalam makanan kesukaan anak anda. Misalnya dengan memasukkan wortel yang diparut ke dalam saus spagheti buatan anda atau memasukkan potongan sayur dalam bakwan, dan lain-lain.
  • Memberikan sajian smoothie dari buah dan sayuran merupakan cara paling mudah serta lezat untuk memberikan sajian sayuran pada anak anda agar menyukainya.
  • Berikan sajian yang menarik pada sayuran yang anda berikan untuk anak anda. Seperti cemilan wortel yang anda sajikan dengan saus salsa atau saus yoghurt. Membuat sate yang terdiri dari buah dan sayuran segar, dan masih banyak lagi sajian kreatif yang bisa anda berikan kepada anak anda agar lebih menyukai sayuran.

Baca juga:

Bila anak anda sudah terbiasa memakan sayuran tentu merupakan hal yang membanggakan bagi anda. Memang untuk membuat anak anda terbiasa dengan sayuran bukan hal yang mudah. Namun,jika anak anda sudah mulai menikmati sayuran yang anda berikan maka tentunya manfaat dari sayuran tersebut akan terasa bagi kesehatannya.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara agar menyukai sayuran, cara agar suka makan sayur, cara menyukai sayuran, cara membuat anak suka sayuran, solusi bagi orang yang tidak suka sayur, cara agar suka sayur, cara mudah makan sayur, cara agar suka sayuran, cara suka makan sayur, agar suka makan sayur

Baca Juga:

loading...