6 Cara Alami Merawat Rambut Kering

Posted on

ArenaWanita.com Cara alami merawat rambut kering kini banyak dipilih kaum wanita, karena lebih natural dan bebas efek samping. Sebenarnya, karena lebih kesat, rambut kering lebih mudah ditata dibanding rambut berminyak. Namun, bagaimanapun, rambut kering cenderung tidak sehat karena kelembabannya tergolong minim sehingga membutuhkan penanganan agar kondisinya kembali normal dan sehat. Penyebab rambut kering di antaranya adalah kerap terkena sinar matahari, kelewat sering menggunakan hair dryer, terlalu sering atau jarang keramas, efek bahan kimia pada obat rambut, dan akibat penyakit tertentu.

Berikut ini adalah cara-cara alami merawat rambut kering:

Keramas Dengan Air Dingin

Cara Alami Merawat Rambut Kering - Keramas Dengan Air Dingin

Selalu keramas menggunakan air dingin merupakan salah satu cara alami merawat rambut kering. Langkah ini merupakan cara sehat, karena air bersuhu dingin tak sampai menguras minyak alami rambut, yang banyak terdapat pada kulit kepala dan pangkal rambut. Dengan demikian, hindarilah keramas menggunakan air bersuhu panas, krena hanya membuat rambut kering semakin kering.


Hindari Mengikat Rambut Saat Tidur

Cara Alami Merawat Rambut Kering - Hindari Mengikat Rambut Saat Tidur

Biarkan rambut bernapas secara sempurna dengan membebaskannya terurai saat Anda tidur. Ikatan pada rambut saat tidur dapat membuat rambut kering tertarik, sehingga mudah rontok. Selain itu, ikatan yang ketat juga bisa memicu rambut patah.

Jauhi Peralatan Tata Rambut

Cara Alami Merawat Rambut Kering - Jauhi Peralatan Tata Rambut

Sebagai cara alami merawat rambut kering, istirahatkan sejenak rambut Anda dari sentuhan alat-alat tata rambut seperti pengering rambut, catokan, blow dryer, dan alat alat lainnya yang dapat membuat Anda semakin kering atau patah-patah.

Tidak Keramas Setiap Hari

Cara Alami Merawat Rambut Kering - Tidak Keramas Setiap Hari

Hindari mengeramasi rambut setiap hari. Rambut yang kelewat sering dicuci akan semakin kering, walaupun Anda telah membubuhkan kondisioner pada rambut. Cara terbaik adalah keramas setidaknya seminggu dua kali, lalu bubuhkan pelembab rambut yang tidak terlalu berminyak. Pasalnya, pelembab yang penuh minyak akan membuat rambut kering jadi tampak ‘berat’.

Masker Rambut

Cara Alami Merawat Rambut Kering - Masker Rambut

Sesekali, aplikasikan masker rambut alami yang bisa mengembalikan kelembaban rambut secara natural, seperti masker buah alpukat dan pisang. Kedua jenis buah ini kaya akan vitamin dan protein yang dapat memulihkan kondisi rambut rusak.

Hindari Sinar Matahari

Cara Alami Merawat Rambut Kering - Hindari Sinar Matahari

Sedapat mungkin, hindari paparan sinar matahari secara langsung, karena sinar ultraviolet memiliki andil besar dalam menyebabkan rambut kering. Sebagai cara alami merawat rambut kering, oleskan sedikit minyak kelapa murni sehabis bepergian.