Tidak Ada Salahnya Mencoba Cara Alami Obati Gigitan Nyamuk

Posted on

ArenaWanita.com – Bisa jadi, nyamuk adalah serangga yang paling mengganggu bagi manusia. Tidak hanya mengganggu kenyamanan kita, tapi nyamuk juga bisa menjadi pembawa dari beberapa penyakit berbahaya bahkan mematikan.


Namun dari yang menjengkelkan pada nyamuk adalah gigitannya yang bisa menimbulkan rasa gatal bahkan bisa meninggalkan bekas yang cukup memalukan dikulit. Umumnya bila kita digigit nyamuk, maka reaksi pertama kita adalah menggaruknya. Padahal ketika menggaruk itu ada kemungkinan kulit akan mengalami iritasi ataupun luka.

Biasanya cara yang paling umum untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk adalah menggunakan minyak kayu putih. Tapi, taukah anda bahwa ada beberapa bahan alami disekitar kita yang juga efektif dan aman untuk mengatasi akibat gigitan nyamuk.

Bahkan bahan-bahan yang terbilang sudah hama tersebut tidak hanya membantu mengurangi rasa gatal dan ruam merahnya saja, tetapi juga bisa membantu anda menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang merusak pandangan itu. Penasaran, bahan-bahan apa sajaka itu? Berikut ArenaWanita.com telah merangkum informasinya untuk anda.

  • Kulit Pisang

Cara alami untuk mengobati gigitan nyamuk yang pertama adalah dengan menggunakan kulit pisang. Jangan heran bila bagian dari pisang yang biasanya kita buang ini, ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk menghilangkan gatal dari gigitan nyamuk.

Kulit Pisang

Bahkan tak hanya itu, senyawa dalam kulit pisang juga bisa menghaluskan kulit dan menghilangkan bekas luka, sehingga anda akan terbebas dari bekas gigitan nyamuk yang merusak penampilan kulit anda. Caranya cukup dengan mengusapkan bagian dalam kulit pisang ke bekas gigitan nyamuk, lalu basuh dengan air hangat.

  • Cuka Apel

Cuka Apel

Cara alami untuk mengobati gigitan nyamuk berikutnya adalah dengan mengunakan cuka apel. Cukup oleskan cuka apel pada bekas gigitan nyamuk atau rendam bekas gigitan nyamuk dalam air yang diberi beberapa sendok makan cuka apel. Olesan cuka apel pada kulit juga bisa mencegah nyamuk menggigit kembali kulit anda. Tidak usah khawatir dengan aroma asam dari cuka apel, karena aroma tersebut akan hilang setelah beberapa menit.

Bahkan bila rasa gatal itu menyerang hampir seluruh tubuh kita, maka kita bisa memasukan 2 sampai 3 cangkir cuka dalam bak air hangat dan merendam tubuh kita didalamnya. Dari semua jenis cuka yang bisa dikonsumsi manusia, cuka apel dikenal paling ampuh mengobati iritasi. Cuka apel mengandung zat asam yang membasmi rasa gatal dan ruam merah pada kulit.

  • Lemon

Lemon

Cara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah lemon. Buah lemon memiliki kandungan yang mampu mengusir kuman dan racun bekas gigitan nyamuk. Perasan lemon atau parutan kulit lemon, bisa membantu mengatasi bekas gigitan nyamuk agar tidak semakin infeksi. Dan cairan lemon juga berfungsi sebagai pemutih alami, jadi anda bisa menggunakannya untuk meghilangkan bekas hitam luka gigitan nyamuk.

Caranya, peraslah lemon atau jus lemon diteteskan kebekas hitam luka atau bekas gigitan nyamuk. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi proses 2 hingga 3 kali sehari agar hasil oftimal. Biasanya, hasil terlihat selama 2 minggu. Namun hati-hati jangan biarkan cairan lemon dikulit lebih dari 15 menit, karena cairan ini sangat asam dan dapat membuat kulit iritasi atau terbakar.

Namun biasanya proses ini cukup efektif dan banyak menolong, termasuk untuk bekas yang telah mendekam dikulit bertahun-tahun. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon lah yang membantu dalam mengatasi racun bekas gigitan nyamuk dan memutihkan kulit.

  • Lidah Buaya

Lidah Buaya

Cara alami untuk mengobati gigitan nyamuk berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini tidak hanya cantik untuk menghiasi halaman rumah kita, tapi juga memiliki segudang khasiat yang sudah terbukti sejak zaman nenek moyang kita. Tanaman hias yang banyak dijumpai disekitar kita ini memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan, gatal dan kemerahan pada kulit.

Selain untuk kulit jadi terasa lebih sejuk dan nyaman. Caranya anda cukup mengoleskan getah lidah buaya kekulit yang bentol, lalu diamkan selama mungkin atau kurang leebih hingga 8 jam. Selama selang 8 jam itu, ulangi treatmen tadi bial diperlukan. Tak hanya bekas nyamuk, bekas luka yang menghitam dikulit pun dapat diatasi sangat efektif dengan lidah buaya terutama bila dilakukan secara rutin.

  • Kantung Teh

Kantung Teh

Dan cara alami terakhir untuk mengobati gigitan nyamuk adalah dengan kantung teh basah. Bila anda selesai menyeduh teh clup, jangan anda buang kantung teh basahnya, karena bisa anda manfaatkan untuk mengatasi gigitan nyamuk. Pasalnya karena teh clup yang sudah didinginkan dapat meredakan peradangan dikulit akibat gigitgan nyamuk.

Kandungan tanin didalam teh berfungsi sebagai asringin untuk menciutkan kulit yang membengkak dan mengeluarkan cairan dalam bekas gigitan. Sementara kandungan polifenol dalam teh dipercaya bisa menghilangkan noda hitam ikulit. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan dengan menggunakan kantung teh ini. Pertama dengan mengkompreskan langsung kantung teh basah pada bagian yang diinginkan, agar meredakan panas dan gatal dikulit.

Baca juga:

Yang kedua, anda bisa membukakan kantung tehnya dan menggunakan daun teh yang ada didalamnya sebagai scrub, kemudian diamkan selama kira-kira 10 hingga 15 menit. Bila anda melakukannya secara rutin seminggu minimal 2 kali, anda tidak hanya bisa menghilangkan noda bekas gigitan nyamuk tetapi juga noda-noda bekas luka lainnya.

Demikian, beberapa cara alami untuk obati gigitan nyamuk. Selamat mencoba dan dapatkan kembali kulit mulus anda yang bebas dari bekas gigitan nyamuk.