Beginilah Cara Kepang Rambut Dengan Mudah

Posted on

ArenaWanita.com | Cara Kepang Rambut – Soal cara kepang rambut, banyak orang yang sudah tahu. Teknisnya, rambut dibagi tiga, lalu dijalin mulai dari atas hingga ke ujung rambut. Ikat ujungnya menggunakan karet atau pita rambut, selesai. Namun, ada kalanya cara kepang rambut tidak semudah dalam teori.

Bagi rambut lurus berkilau, cara kepang rambut akan lebih sulit, karena helai-helainya sangat licin dan sulit diatur. Bahkan, helai-helai rambut itu seperti “berusaha” hendak keluar dari jalinan. Alhasil, kepangan pun sama sekali tidak rapi. Kalaupun bisa lebih rapi, terpaksalah harus menyematkan jepit rambut di sana-sini.

Sementara bagi rambut keriting, cara kepang akan lebih mudah, karena rambut keriting lebih kesat, tidak licin, dan sangat mudah dijalin. Hasilnya bisa benar-benar rapi. Namun, masalahnya akan muncul ketika jalinan kepang dibuka.

Rambut akan mekar tidak terkira, sehingga sulit diatur. Selain itu, berhelai-helai rambut rontok lantaran tertarik pada kepangan. Jadi, bagaimana cara kepang rambut yang benar?Inilah cara kepang berdasarkan tipe rambut:


Rambut lurus mengilap. Tipe ini termasuk rambut sehat dan cukup nutrisi. Namun, untuk urusan ikat mengikat dan jalin menjalin tidaklah mudah, karena tekstur rambut ini terlalu lembut dan licin, sehingga sulit diatur. Untuk menyiasatinya, hindari mengepang ketika rambut baru saja dikeramas.

Beginilah Cara Kepang Rambut Dengan Mudah

Paling tepat adalah sehari setelah keramas, agar tidak terlalu licin. Namun sebaiknya tidak mengepang rambut dalam keadaan kotor, karena dalam kondisi ini, kulit kepala sering terasa gatal, baik oleh keringat maupun bakteri yang bersemayam di kulit kepala.

Untuk mengurangi kelicinan rambut lurus, semprotkan sedikit hairspray pada rambut sebelum mengepang. Dengan trik ini, cara kepang rambut bakal lebih berhasil. Sekali lagi, semprotkan hairspray sedikit saja, agar rambut tidak lengket.

Bagi rambut keriting dan cenderung kering, bubuhkan krim perawatan rambut tanpa bilas sebelum mengepang. Sementara itu, agar rambut tidak kelewat mengembang pascakepang, dianjurkan untuk mencuci setelahnya, bubuhi kondisioner, lalu biarkan kering secara alami (tanpa hairdryer)

Bagi rambut kusam dan mudah patah, ada baiknya cara kepang rambut dilakukan sehari setelah perawatan menggunakan masker ataupun creambath, agar rambut dalam keadaan kembab. Hal ini efektif untuk mengurangi patah-patah pada helai rambut.


Kata Kunci Halaman Ini:

makanan2 sehat untuk usia anak 3 tahun keatas, tutorial hijab pengantin modern