Inilah Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Posted on

ArenaWanita.com – Para ibu yang baru pertama kali melahirkan anak pertamanya sering kali menghadapi kesulitan ketika harus memandikan bayi. Memandikan si buah hati seolah menjadi sebuah hal yang mengerikan apalagi bayi yang baru lahir cenderung memilik fisik yang lemah, terutama ketika tali pusarnya belum puput.


Ini akan menjadi hal yang sulit, tetapi sebagai seorang ibu tentu Anda harus tetap melakukannya. Apabila Anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk memandikan si buah hati, artikel ini akan segera memberikan jawabannya melalui beberapa tips cara memandikan bayi yang baru lahir dengan baik dan benar.

Sebelum mengetahui cara memandikan bayi yang baru lahir, Anda perlu mempersiapkan semua keperluan mandi bayi mulai dari sabun, shampoo, baby lotion, baby bath dan sebagainya. Kemudian langkah kedua yaitu dengan mempersiapkan air hangat, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas untuk kulit bayi yang sangat sensitif.

Anda dapat mengetesnya dengan cara mencelupkan jari telunjuk Anda di dalam bak mandi yang berisi air hangat. Pastikan juga agar air tidak terlalu dingin sehingga bayi dapat mandi dengan nyaman. Air yang terlalu dingin hanya akan mengakibatkan kulit bayi menjadi kering. Suhu yang tepat yaitu kurang lebih 37 Celcius.

Tips selanjutnya untuk cara memandikan bayi yang baru lahir adalah Anda harus membatasi penggunaan busa ketika memandikannya. Pilihlah jenis sabun bayi yang memiliki busa sedikit. Umumnya sabun yang memiliki banyak busa memiliki kandungan detergen yang tinggi.

Inilah Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Tentunya sabun yang mengandung detergen ini dapat berisiko buruk untuk kulit bayi yang masih lembut dan rentan. Pilih sabun yang mengandung vitamin E untuk melembabkan kulit. Kemudian Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun antiseptik karena bersifat irritant yang bisa mengiritasi kulit buah hati Anda.

Tips berikutnya yang wajib Anda ketahui yaitu jangan memandikan bayi setelah makan karena itu akan berisiko dan menyebabkan si bayi muntah. Cara memandikan bayi yang baru lahir selanjutnya yaitu Anda harus membuka pakaian si bayi secara perlahan-lahan sehingga tidak menyakitinya, kemudian gunakan handuk lembut untuk membungkus tubuh bayi. Letakkan bayi di pangkuan, mulailah untuk membersihkan matanya menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air.

Baca juga:

Lalu secara perlahan, usap kepala bayi lalu wajah turun ke dada dan seterusnya menggunakan kapas basah, lalu Anda bisa mulai menyabuni bayi secara menyeluruh. Selanjutnya, mulailah untuk mengeramasi rambutnya dengan cara memegang kepala bayi di atas bak mandi dan segeralah mengeringkannya dengan handuk. Bagaimana? Tidak terlalu sulit, bukan? Yang terpenting adalah anda harus berhati-hati dan melakukan semua tahap tersebut dengan lembut. Seiring jalannya waktu, Anda pasti akan mulai terbiasa dan aktivitas memandikan bayi akan menjadi hal yang menyenangkan.


Kata Kunci Halaman Ini:

cara memandikan bayi