Cara Membuat Kue dari Tepung Biji Bunga Teratai

Posted on

ArenaWanita.com | Cara Membuat Kue dari Tepung Biji Bunga Teratai – Halo sahabat AW’ers! Arenawanita.com kali ini akan membahas tentang kue, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan kue. Tapi taukah anda, ternyata ada lho panganan kue yang berbahan dasar tumbuhan yang cukup unik,,penasaran kan sahabat? Yuk kita simak informasinya.

Teratai merupakan tananman air yang banyak hidup di rawa-rawa dan berbunga cantik sekali. Pada saat musim hujan di Kalimantan banyak daerah berubah menjadi rawa-rawa. Masyarakat Kalimantan biasa memanfaatkan tanaman teratai untuk dikonsumsi. Batang bunganya biasa dijadikan bahan untuk memasak sayuran.

Tapi taukah anda, bahwa biji bunga teratai juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk memasak kue. Iya, kelopak bunganya menghasilkan biji yang dapat dijadikan tepung, agar biji tersebut dapat diambil, maka kelopak bunga teratai dijemur dan dibiarkan membusuk. Setelah kering bunga tersebut akan pecah dan mengeluarkan biji didalamnya. Biji tersebut kemudian di tumbuk hingga halus.

Tepung biji teratai inilah yang dapat dijadikan sebagai kue tradisional khas Kalimantan, namanya Kalipuk, kalipuk sendiri berarti teratai. Bahan-bahan yang dibutuhkan kalipuk adalah tepung biji teratai, gula pasir, tepung terigu dan garam.


Cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah, pertama aduk bahan-bahan tersebut hingga merata. Lalu tambahkan air agar adonan tersebut menjadi padat. Kemudian adonan tersebut dibentuk bulat diatas daun pisang dan dipipihkan serta dibentuk seperti donat. Kemudian digoreng diatas minyak panas, agar panasnya merata goreng kalipuk dengan menggunakan kayu bakar.

Kue dari Tepung Biji Bunga Teratai

Biji bunga teratai sudah lama dikonsumsi masyarakat kalimantan. Wajar saja karena biji bunga teratai memiliki banyak manfaat dan kandungan biji yang baik. Seperti dapat menghilangkan insomnia, mengatasi bengkak dan iritasi, menghilangkan stress dan juga bisa digunakan untuk diet. sedangkan dalam biji bunga teratai terdapat kandungan lemak, karbohidrat dan protein, bahkan protein yang ada dalam kalipuk dengan biji bunga teratai ini masih lebih tinggi daripada beras. Hal tersebut membuktikan bahwa biji bunga teratai dapat dijadikan sebagai bahan pangan alternatif. Hmm, selain lezat ternyata kalipuk juga banyak manfaatnya ya!

Demikian informasi tentang kuliner Kue dari Tepung Biji Bunga Teratai yang harus anda coba. Semoga informasi diatas tadi dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih.


Kata Kunci Halaman Ini:

resep talepok, cara memasak bunga teratai, resep kue teratai, mengolah biji bunga teratai untuk makanan, makanan donat dari biji teratai, cara membuat tepung dengan teratai, cara membuat tepung dari biji teratai, cara membuat talepok, cara membuat kue teratai, tepung bunga teratai