4 Cara Mengatasi Ketiak Basah Dengan Mudah dan Cepat

Posted on

ArenaWanita.com – Menjaga ketiak agar tidak basah tampaknya menjadi satu hal yang sangat sulit dilakukan. Padahal tak hanya mengganggu penampilan, ketiak yang basah juga sering kali mengeluarkan bau yang yang tak sedap walaupun telah dipakaikan deodoran. Ya, selain karena faktor cuaca yang panas, ketiak basah dapat juga disebabkan akibat adanya perubahan hormon, obesitas serta pengaruh dari makanan.

Selain itu ketiak menjadi basah karena kerja ekrin yaitu kelenjar keringat yang mengatur suhu tubuh menjadi terlalu aktif, bahkan saat anda tidak sedang tidak berolahraga. Namun, anda tidak perlu khawatir lagi karena ArenaWanita.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang beberapa cara agar anda dapat terhindar dari Basket alias basah ketiak. Berikut informasi menarik selengkapnya untuk anda.

  • Baking Soda

Dari sebuah percobaan Baking Soda ternyata dapat menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi permasalahan ketiak basah. Seperti yang diketahui baking soda jangan mengandung alkalin, yaitu sebuah zat yang akan memproduksi gas guna mengurangi kadar air atau keringat pada ketiak.

Mengatasi ketiak basah dengan baking soda pun caranya sangat mudah. Buatlah pasta dari campuran baking soda dan air dengan perbandingan 2 banding 1. Pasta ini kemudian dioleskan pada bagian ketiak yang sebelumya telah dicukur bulu-bulunya. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Baking Soda

Apabila ketika pertama kali anda menggunakan pasta baking soda ini kulit menjadi kering, jangan khawatir karena hal tersebut adalah salah satu reaksi yang wajar. Lakukan perawatan baking soda ini secara rutin setiap hari selama seminggu, dan ketiakpun tidak menjadi basah. Sedangkan untuk mengurangi bau tidak sedap dari ketiak, anda dapat membuat campuran baking soda dengan tepung kanji yang terbuat dari jagung dengan perbandingan 50 banding 50. Setelah dicampur secara merata tambahkan minyak yang mengandung anti bakteri. Oleskan secara merata pada ketiak, diamkan lalu bilas ketiak. Ramuan ini dipercaya juga dapat mengurangi bau tak sedap dari ketiak.

  • Cuka Apel

Selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata cuka apel juga memiliki khasiat untuk mengatasi ketiak basah. Cuka apel diketahui mengandung minyak anti bakteri yang dipercaya dapat mengatasi bau tak sedap ketiak basah. Seperti yang diketahui ketiak yang basah dan lembab membuat bakteri mudah berkembang biak hingga dapat mengeluarkan aroma tak sedap. Untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel ini, anda hanya perlu mengoleskan cuka apel 30 menit sebelum anda mandi. Celupkan kapas kedalam cuka apel lalu oleskan lembut pada area ketiak.

Biarkan selama 30 menit, barulah kemudian mandi seperti biasa. Selain keringat menjadi berkurang, ketiak pun tidak menjadi basah dan tidak mengeluarkan bau yang tak sedap. Atau anda juga dapat mengoleskan hingga menutupi seluruh permukaan ketiak sebelum tidur. Biarkan selama semalaman lalu bilas pada pagi harinya. Namun, bagi anda yang memiliki kulit sedikit sensitif, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan cuka apel. Karena cuka apel dapat membuat kulit menjadi lebih kering.

Mengatasi Ketiak Basah dengan Cuka Apel

  • Kurangi Stress

Salah satu penyebab timbulnya keringat yang berlebih hingga membuat ketiak menjadi basah adalah stress. Semakin berat stress yang anda alami, semakin banyak pula keringat yang keluar dari tubuh anda. Sehingga ketiak basah pun tak dapat dihindari, saat anda tengah mengalami stress atau depresi maka otak akan mengirim sinyal yang tidak normal pada kelenjar keringat. Sehingga produksi keringat pun akan menjadi tidak normal bahkan cenderung berlebihan.

Untuk itu buatlah diri anda serilek mungkin untuk mengurangi stress, sehingga tidak hanya keringat yang akan berkurang tapi penampilan anda pun menjadi lebih segar. Yoga dan meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih akibat stress. Namun saat anda tidak sedang mengalami stress dan tidak sedang melakukan pergerakan tubuh yang berlebih tetapi keringat tetap keluar berlebihan, maka bisa jadi anda mengalami gejala hiperhidrosis.

Hiperhidrosis adalah suatu kondisi dimana tubuh memproduksi keringat secara berlebihan. Dengan kondisi kelenjar keringat yang sangat aktif, maka penderita hiperhidrosis mampu menghasilkan keringat 5 kali lebih banyak dari rata-rata normalnya. Kondisi hiperhidrosis ini umum dialami oleh hampir 3% dari seluruh penduduk dunia.

Kurangi Stress

  • Pilih Pakaian Dengan Bahan Yang Tepat

Selain memakai beberapa bahan alami untuk mengatasi ketiak menjadi basah, pemilihan bahan pakaian juga menjadi salah satu cara agar ketiak tidak menjadi cepat basah. Seperti yang diketahui memakai bahan pakaian yang tidak nyaman dan tidak menyerap keringat membuat ketiak anda mudah basah. Untuk itu pakailah pakaian yang berbahan dasar katun atau kapas. Karena pakaian dengan jenis katun dapat lebih mudah menyerap keringat, juga memungkinkan anda juga dapat mengenakan pakaian dalam atau kamiso agar keringat lebih banyak terserap.

Anda juga dapat memilih pakaian yang terbuat dari linen yang sedikit longgar, agar sirkulasi udara dalam tubuh menjadi lebih mudah. Selain itu hindari memakai pakaian ketat yang terbuat dari bahan sintetis yang dapat membuat kulit menjadi tidak dapat bernapas. Dan jika memang anda termasuk orang yang sangat mudah berkeringat, hindarilah pakaian berwarna terang agar ketiak basah anda tidak terlalu tampak terlihat. Pilihlah pakaian berwarna sedikit gelap tidak terlalu ketat untuk mengurangi tampilan basket alias basah ketek.

Pilih Pakaian Dengan Bahan Yang Tepat

Demikianlah beberapa cara sederhana untuk mengatasi ketiak basah. Jika ketiak anda masih berlanjut walaupun tidak dalam kondisi cuaca panas ataupun berolahraga, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Karena keluarnya keringat yang berlebihan dan tidak normal bisa jadi pertanda ada masalah dengan ketiak anda atau pun tubuh anda. Salah satunya adalah karena efek dari penyakit seperti diabetes, penyakit paru-paru ataupun parkinsen. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk anda.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara mengatasi ketiak basah dengan baking soda, ketiak basah saat memakai baju wanita, Apakah Baking soda itu dapat menyembuhkan ketiak basah ?, mengatasi foundan basah, mengatasi basah ketiak pada wanita, Ketiak basah pakai baju ketat, cewek baju ketat ketiak basah, cara mengatasi basah ketiak, bagaimana cara mengatasi ketiak basah ketika berpakaian ke pesta agar tidak malu, trik menutupi basah di ketiak

Baca Juga: