Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil Tanpa Resiko

Posted on

ArenaWanita.com | Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil – Sakit gigi merupakan penyakit yang umum diderita oleh hampir setiap orang. sebagian besar orang pasti pernah mengalami sakit gigi. Ketika gigi kita sakit, rasanya akan sangat nyeri dan ngilu yang bisa berujung juga pada sakit kepala.

Sakit gigi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti misalnya kurang teratur sikat gigi, kurang menjaga kebersihan gigi, dan bisa juga karena infeksi, ataupun kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi kita. Gangguannya bisa bermacam-macam seperti gigi berlubang, gusi bengkak, dan masih banyak lagi.

Ternyata selain diderita oleh orang pada umumnya, sakit gigi juga kerap kali dialami oleh wanita hamil. Bagaimana bisa terjadi? Lalu apa saja cara mengatasi sakit gigi saat hamil?

Sakit gigi saat hamil bisa disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain seperti faktor ketidakseimbangan pada hormone yang dimiliki oleh ibu hamil. Kemudian ada juga faktor yang disebabkan karena meningkatnya hormone progesterone dan hormone estrogen.


Hal inilah yang kemudian mneyebabkan ibu hamil rentan mengalami gangguan pada sensitivitas, infeksi gigi dan juga karies gigi. Maka dari itu para dokter sangat menganjurkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi agar tidak mudah terserang sakit gigi.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

Jika sudah terkena sakit gigi, ibu hamil harus memiliki cara mengatasi sakit gigi saat hamil yang aman dan alami. Karena kebanyakan ibu hamil akan merasa tidak terlalu nyaman untuk meminum obat pereda nyeri disebabkan kemungkinan berefek pada janin dalam kandungan.

Berikut ini disajikan beberapa cara mengatasi sakit gigi saat hamil yang aman dan alami, antara lain :

  • Menggunakan cengkeh. Cengkeh memiliki sifat antiseptic yang baik untuk mnegatasi sakit gigi. Untuk ibu hamil, anda bisa memanfaatkannya dengan cara mengunyah cengkeh, atau juga bisa memanfaatkan minyak cengkehnya. Untuk penggunaan minyak cengkeh, cara yang digunakan adalah dengan menggunakan kapas yang dibentuk bola, kemudian dicelupkan ke dalam minyak cengkeh. Setelah itu bola kapas tersebut anda kompreskan pada bagian gigi yang terasa sakit.
  • Dengan Bawang Putih. Bawang putih memiliki kandungan alicin yang merupakan senyawa dari antibiotic. Kandungan ini bisa anda manfaatkan untuk meredakan nyeri pada sakit gigi. Cara menggunakannya adalah dengan mnegunyah bawang, atau dengan menumbuk bawang putih dan meletakannya pada bagian gigi yang terasa sakit.

Baca juga:

Itulah beberapa alternative cara mengatasi sakit gigi saat hamil yang bisa anda coba sendiri di rumah. Kedua cara tersebut merupakan cara yang sangat alami tanpa bahan kimia, sehingga tidak menimbulkan resiko bila digunakan pada ibu hamil. Selain itu kedua cara tersebut merupakan cara turun temurun dari nenek moyang yang sudah dipercaya efektif meredakan nyeri pada gigi.