Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil 8 Bulan

Posted on

ArenaWanita.com | Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil 8 Bulan – Usia kehamilan yang semakin besar seringkali menyebabkan susahnya tidur nyenyak bagi ibu hamil. Mereka seringkali mengalami berbagai masalah, misalnya sering buang air kecil hingga kram.

Hal ini ditengarai oleh sebuah sebab utama yang mengatakan bahwa posisi janin yang membesar menjadikan ibu hamil mengalami kesulitan untuk tidur, sebab sulit bagi ibu hamil menemukan posisi tidur yang nyaman. Cara mengatasi susah tidur saat hamil 8 bulan dapat dilakukan dengan menerpakan beberapa tips berikut.

Memilih posisi tidur menyambing ke kiri

Posisi tidur ini sangat dianjurkan oleh dokter. Hal ini dikarenakan posisi hati yang berada di kanan perut. Dengan tidur menyamping ke kiri, janin akan terbebas dari tekanan organ tersebut. Selain menghindarkan janin dari tekanan, posisi tidur ini juga mampu mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan janin.

Menyamankan posisi tidur agar lebih rileks

Untuk mendapatkan posisi tidur yang lebih rileks, Anda dapat mengganjal kaki dengan bantal dari tumit hingga betis dengan dua bantal. Selain itu juga dapat Anda ganjal bagian lutut hingga pangkal paha hingga dengan sebuah bantal. Posisi ini memungkinkan ibu hamil mendapatkan kenyamanan lebih dalam beristirahat karena seluruh bagian kakinya memiliki penahan.

Melakukan latihan kegel

Cara mengatasi susah tidur saat hamil 8 bulan yang kedua adalah melakukan latihan kegel. Latihan ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi frekuensi buang air kecil pada malam hari, terutama ketika si bayi juga aktif di saat-saat yang sama. Saat memasuki trimester ketiga ini, letak janin mulai membesar akan mendesak kandung kemih. Jadi kemampuan kandung kemih untuk menampung air seni semakin kecil.

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil 8 Bulan

Mengantisipasi dehidrasi dengan minum air yang cukup

Beristirahat dan mengonsumsi air dengan cukup menjadi hal yang penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil. Dehidrasi bisa disebabkan oleh banyaknya cairan yang dikeluarkan dalam bentuk air seni di malam hari.

Meredakan kram kaki

Kram pada kaki seringkali terjadi dan tentunya mengganggu waktu tidur Anda. Dengan memberikan pijatan atau sekedar merendam kaki dalam air hangat, kram tersebut akan berangsur-angsur berkurang.

Mengantisipasi mimpi buruk

Intensitas mimpi buruk yang semakin tinggi dapat mengganggu Anda ketika tidur. Hal ini dapat menyerang Anda, terutama bila Anda tidak memiliki pengelolaan emosi yang baik. Cara mengatasinya adalah melakukan relaksasi juga untuk mengurangi rasa cemas.

Baca juga:

Kurang lebih itu adalah beberapa cara mengatasi tidur saat hamil 8 bulan. Dengan menerapkan cara mengatasi susah tidur saat hamil 8 bulan ini tentunya Anda akan lebih mendapatkan kenyamanan dalam beristirahat. Hal tersebut juga mampu membantu Anda mendapatkan posisi terbaik selama tidur dan menjaga kondisi Anda agar tetap sehat dengan adanya latihan kegel, relaksasi, dan minum serta beristirahat yang cukup.

Kata Kunci Halaman Ini:

hamil 8 bulan susah tidur, posisi tidur ibu hamil 8 bulan, hamil tua susah tidur, Susah tidur saat hamil 8 bulan, bumil 8 bulan susah tidur, hamil 8 bulan susah tidur malam hari, susah tidur saat hamil tua, hamil 8bulan susah tidur, hamil 8 bulan susah tidur malam, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 8 bulan

Baca Juga: