Cara Mengatur Pola Makan Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.comCara Mengatur Pola Makan Ibu Hamil | Pola makan anda salah ? atau anda ingin mengatur pola makan anda. Nah disini akan membahas tentang pola makan ibu hamil. Makan sangat penting karena merupakan asupan gizi yang dapat mempengaruhi perkembangan bayi.

Mulai dari sayur – sayuran, buah – buahan, kacang – kacangan serta gandum. Hindari menkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet karena dapat mempengaruhi perkembangan bayi. Inilah cara mengatur pola makan yang ibu hamil :

1. Jumlah asupan yang akan dikonsumsi harus cukup dan pas. Tidak boleh maupun lebih. Pada awal trimester pertama kebutuhan energi ibu hamil berkisar 1900 – 2000 kalori perhari. Dapat diatasi dengan menkonsumsi sepotong daging sapi ( 50 gram ) atau 2 buah apel.

2. Jenis pilihlah makanan dan minumannya yang takaran gizinya cukup dan seimbang. Protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin, serat dan air. Gizi yang diperlukan ibu hamil ada 4 yaitu :

  • Asam folat yang berfungsi mengurangi kelainan pada susunan saraf pusat janin
  • DHA yang berfungsi untuk perkembangan normal plasenta, perkembangan janin, serta menurunkan resiko bayi berat badan rendah atau prematur
  • Kalsium yang berfungsi pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi serta menurunkan resiko osteoporosis pada ibu
  • Zat besi bermanfaat untuk pertumbuhan sel darah merah janin serta pembentukkan fungsi otak pada janin

Cara Mengatur Pola Makan Ibu Hamil

3. Jadwal makanan sangat penting karena mengatur pola makan ibu. Bila ibu mengkonsumsi sehri 3 kali sehari tambahkan 6 kali sehari. Usahakan menkonsumsi makanan yang sudah matanng jangan menkonsumsi makanan mentah dikhawatirkan masih ada bakteri dan virus lainnya. Hindari keju yang lembek serta susu yang belum distrelisasi atau di pasta juga sangat berbahaya bagi kandungan ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Jagalah kandungan anda selama masa kehamilan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Baca juga:

Diatas adalah pola makan bagi ibu hamil. Aturlah pola makan anda agar sang buah hati dapat tumbuh optimal. Semoga bermanfaat

Kata Kunci Halaman Ini:

atur pola makan ibu hamil, cara membuat jadwal makan untuk bumil, cara membuat jadwal saat hamil, jadwal makan ibu hamil yang baik, jàdwal makan yang bagus ntuk ibu hamil

Baca Juga: