Inilah 4 Cara Menumbuhkan Rambut yang Bisa Kamu Coba

Posted on

ArenaWanita.com | Cara Menumbuhkan Rambut Adakah cara menumbuhkan rambut paling mantap? Selama ini, banyak produk perawatan rambut yang mengiklankan diri dapat menumbuhkan rambut secara cepat. Namun, proses tumbuhnya rambut tak mengenal jalan tol. Selain memilih shampo yang tepat, ada berbagai faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan rambut.


Kelihatannya, rambut sama sekali tak berhubungan dengan organ tubuh bagian dalam. Padahal, setiap helai rambut memiliki pasokan darah sendiri. Oleh karena itu, kesehatan dan pola makan akan sangat mempengaruhi kondisi rambut. Hormon juga ikut mempengaruhi kondisi rambut.

Rambut tersusun atas dua struktur yang berbeda yaitu folikel dan batang rambut. Bagian yang mirip saluran pada epidermis kulir, yaitu folikel, terletak di bawah permukaan kulit dan terus memanjang hingga lapisan dermis. Bagian dasar folikel mengandung sedikit pembuluh darah yang memberi nutrisi pada sel.

Bagian yang hidup dari rambut disebut bulbus rambut (hair bulb), dan berada di dalam folikel rambut, terdiri atas sel-sel pertumbuhan yang aktif (sel papila derma), sedangkan batang rambut yang tampak diatas permukaan kulit adalah bagian yang mati.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, berikut ini 4 tips cara menumbuhkan rambut:

1. Memberi Nutrisi Pada Rambut

Cara Menumbuhkan Rambut - Memberi Nutrisi Pada Rambut

Lakukan pemberian nutrisi alamiah pada rambut, menggunakan bahan-bahan herbal yang umumnya banyak digunakan untuk pelengkap dari bumbu masakan, misalnya kemiri, ginseng, alpukat, jeruk nipis, minyak zaitun, buah kelapa dsb.

2. Menggunakan Ginkgo Biloba

Cara Menumbuhkan Rambut Menggunakan Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba yang dikenal masyarakat efektif dalam meningkatkan kecerdasan otak, ternyata mempunyai hubungan erat dengan rambut. Ginkgo biloba dapat digunakan sebagai salah satu herbal yang dapat menumbuhkan rambut dan menguatkan akar serta batang rambut.

Ginkgo biloba adalah obat herbal berasal dari Cina, yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Oleskan ramuan daun ginkgo biloba basah di kulit kepala secara merata, kemudian lakukan pemijatan ringan. Setelah itu, keramaslah seperti biasa. Ginkgo biloba mudah diperoleh di toko obat atau apotik.

3. Kulit Apel

Cara Menumbuhkan Rambut - Kulit Apel

Buah apel yang kaya akan polifenol dan beberapa vitamin ternyata sangat baik sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut. Bagian dari buah apel yang dapat dimanfaatkan untuk penumbuh rambut adalah kulitnya.

Caranya: haluskan kulit apel, lalu oleskan pada rambut dari bagian kulit kepala kemudian diamkan hingga 20 menit, lalu bilas dengan bersih tanpa menggunakan shampo.

4. Teh Hijau

Cara Menumbuhkan Rambut - Teh Hijau

Teh hijau yang kaya akan antioksidan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut dan melancarkan aliran darah di sekitar kulit kepala.

Caranya: seduh teh hijau dengan sedikit air hangat, kemudian oleskan pada kulit kepala dan seluruh rambut, lalu balut rambut dengan handuk bersih dan biarkan hingga 20 menit. Setelah itu, keramaslah hingga bersih.

Sekian 4 cara menumbuhkan rambut versi arenawanita.com.