Seperti Ini Loh Cara Menyenangkan Membakar Kalori

Posted on

ArenaWanita.com – Tubuh manusia membutuhkan kalori agar dapat beraktivitas dalam kehidupan kita sehari-hari. Kalori merupakan satuan untuk energi yang dapat kita temui dalam makanan yang sering kita konsumsi. Energi dapat dari makanan dan setiap makanan memiliki kalori yang berbeda – beda.


Namun waspadalah, karena bila anda mengkonsumsi terlalu banyak kalori ketimbang yang diperlukan tubuh, maka kalori tambahan itu berubah menjadi lemak. Akan tetapi bila anda mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh, kalori yang disimpan sebelumnya akan digunakan untuk memasok energi tambahan.

Agar kalori berlebihan tersebut tidak mengakibatkan bahaya lebih lanjut, ArenaWanita.com akan memberikan beberapa cara menyenangkan untuk membakar kalori. Berikut informasinya.

  • Tertawa

Hampir semua manusia yang ada didunia ini mampu dan menyukai tertawa. Namun, ada juga manusia yang ternyata sulit untuk dapat tertawa. Tertawa yang dimaksud disini adalah tertawa dengan sepenuh hati, lepas dan tanpa ada paksaan untuk menahannya, karena dengan tertawa lepas seperti itu kita mendapatkan khasiat dan manfaatnya. Yang paling utama adalah dengan tertawa lepas kita mampu membakar kalori kita.

Cara Menyenangkan Membakar Kalori - Tertawa

Karena dengan tertawa terbahak-bahak secara langsung kita memberikan olah raga pada wajah kita, bahkan sampai organ tubuh lainnya. Mulai dari otot pipi kita, perut dan membantu jantung kita berdetak lebih cepat dan meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh. Menurut penelitian ketika kita tertawa selama 10 sampai 15 menit, kita mampu membakar 10 sampai 40 kalori.

  • Menari atau Berdansa

Bagi anda para wanita yang menyukai kegiatan menari atau berdansa, ternyata juga berkhasiat dalam membakar kalori, dan berbahagialah bagi anda yang suka menari. Karena dengan melakukan gerak tarian, anda sudah melakukan gerakan pada tubuh anda. Mulai dari kepala, tangan dan kaki yang bergerak selama 30 sampai 60 menit akan mampu membakar 20 sampai 90 kalori.

Cara Menyenangkan Membakar Kalori - Menari

Secara tidak langsung menari atau berdansa adalah sebuah gerakan olahraga dan olah tubuh. Dewasa ini anda yang ingin membakar kalori tak repot untuk berolahraga. Menyukai dan menggemari sebuah tarian dan dansa, ternyata juga menjadi alternatif ampuh membakar kalori. Selain itu anda juga dapat menari menggunakan iringan musik, karena tarian pada era sekarang tidak monoton pada bentuk tradisional saja. Tetapi, juga dapat disesuaikan dengan trend yang ada seperti tarian yang berkembang pada pusat kebugaran atau jhims.

  • Berbelanja

Aktivitas berikut ini sangat disukai oleh kaum wanita. Ya, apalagi kalau bukan shopping atau berbelanja. Wanita mana yang tak menyukai hal tersebut, namun berbelanja yang dimaksud disini bukanlah yang dilakukan oleh wanita yang masuk dalam kelas sosialita atau yang memiliki banyak uang. Karena bagi mereka yang tidak memiliki uang, kegiatan berbelanja dapat dijadikan salah satu aktivitas yan dapat membakar kalori secara asyik.

Cara Menyenangkan Membakar Kalori - Berbelanja

Berbelanja yang dimaksud disini adalah kegiatan survei tempat atau sekedar melihat-lihat barang bagus, namun anda menunda untuk membelinya. Hal ini juga termasuk dalam cara membakar kalori lewat berbelanja, mengapa demikian? Biasanya mereka yang suka melakukan kegiatan ini akan terbiasa dengan jalan jauh, karena mengitari pertokoan dan dapat menggunakan anak tangga untuk naik maupun turun.

Namun, biasanya para pecinta shopping yang terbiasa melakukan kegiatan ini, pasti memilih perjalanan yang juga dapat memanjakan diri seperti naik eskalator atau menggunakan lift agar dapat cepat sampai tanpa perlu menaiki tangga. Untuk kegiatan berjalan dalam pusat perbelanjaan ini, biasanya anda membakar kalori 10 sampai 40 kalori, karena anda membakarnya lewat perjalanan.

  • Tidur

Selanjutnya adalah sebuah kegiatan yang hampir setiap siang dan malam manusia lakukan. Tidur, jangan salah tidur adalah kewajiban manusia untuk dapat menjaga kondisi tubuhnya. Dan, ternyata dengan tidur manusia dapat membakar kalori, karena tidur adalah keadaan istirahat alami yang dilakukan manusia untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh atau sama disaat kita mengisi batre telepon genggam kita yang sudah habis. Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur.

Cara Menyenangkan Membakar Kalori - Tidur

Tidur juga bukan berarti karena kita kelelahan, akan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Dengan mengizinkan tubuh anda tertidur pada malam hari, berarti anda memberikan kesempatan bagi kalori untuk membentuk energi yang dapat membuat anda bangun kembali dipagi hari dengan semangat yang baru. Hal ini terjadi bila anda tidak tidur terlalu larut.

  • Bicara di Telepon Sambil Berjalan dan Mengunyah Permen Karet

Berbicara ditelepon sambil berjalan dan mengunyah permen karet, ternyata juga mampu membakar kalori anda. Berbicara pada telepon dalam keadaan duduk atau berdiri, tentu tidak akan berefek pada pembakaran kalori, Karena aktivitas yang kita lakukan tak membutuhkan banyak pergerakan dari tubuh. Akan menjadi berbeda bila komunikasi yang tengah berlangsung dilakukan sambil berjalan, karen tanpa anda sadari perilaku ini juga kerap terjadi pada kita. Lama berjalan kita juga disesuaikan dengan lamanya kita berkomunikasi menggunakan telepon genggam.

Cara Menyenangkan Membakar Kalori - Mengunyah Permen Karet

Dengan berbicara ditelepon sambil berjalan selama 30 menit, berarti tubuh kita sudah mampu membakar 30 sampai 60 kalori. Sementara itu mengunyah permen karet dapat membuat anda membakar kalori. Taukah anda dengan mengunyah permen karet, anda dapat membakar lemak anda yang terdapat didalam pipi. Dengan mengunyah anda berarti sudah melakukan pergerakan dalam rahang anda secara berulang-ulang. Namun usahakan mengunyah permen karet yang rendah kadar gulanya, agar tidak merusak kesehatan gigi anda.

Baca juga:

Nah, Itulah tadi tips dari cara menyenangkan membakar kalori yang baru saja ArenaWanita.com persembahkan kepada anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya!