10 Cara Merawat Rambut Sambung

Posted on

ArenaWanita.com – Cara merawat rambut sambung harian perlu diperhatikan, agar penampilannya selalu prima dan tidak kusut. Ya, rambut sambung memang merupakan teknik pemanjangan yang cukup populer, terutama bagi mereka yang menginginkan penampilan rambut panjang dalam waktu cepat. Namun, perlu diketahui bahwa cara merawat rambut sambung membutuhkan kiat khusus.

Berikut ini adalah 10 cara merawat rambut sambung atau hair extension yang bisa dijadikan referensi perawatan rambut.

1. Cara merawat rambut sambung yang pertama adalah dengan mengecek secara berkala, setidaknya setiap 1 – 1,5 bulan kondisi helai rambut sambung yang terlepas. Helai-helai ini perlu dirapikan agar tidak terlihat kusut.

2. Saat keramas, tegakkan kepala, dan gerakan jari hanya boleh secara vertikal atau horizontal dan tidak terlalu renggang.

3. Mengepang atau mengikat kendur rambut dengan ikat berbahan lembut sebelum tidur sangat dianjurkan, agar hair extension tidak kusut. Jika Anda tidak banyak bergerak saat tidur, cukuplah disisir rapi.

Cara Merawat Rambut Sambung

4. Jika ingin mengaplikasikan kondisioner, bubuhkan pada bagian ujung rambut saja. Begitu juga halnya dengan leave-in-conditioner. Cara merawat rambut sambung ini perlu dilakukan, agar hair extension selalu rapi dan tetap berkilau.

5. Cara merawat rambut sambung juga meliputi teknik penyisiran. Sisirlah dari arah bawah ke atas secara perlahan untuk menghindari kekusutan. Sisir bagian atas dengan sikat sasak hingga 2 cm sebelum sambungan, lalu sisir bagian sambungan dengan sisir biasa.

6. Hindari keramas dengan menundukkan kepala atau melakukan gerakan memutar. Hal ini membuat rambut menjadi kusut dan kacau balau.

7. Hindari menggunakan kondisioner pada sambungan ring/lem extension. Hal ini dapat mengurangi daya rekatnya. Demikian pula ramuan vitamin rambut atau tonik rambut yang mengandung minyak, sebaiknya dihindari.

8. Cara merawat rambut sambung juga meliputi penggunaan hair clip. Hindari membuka hair clip saat tidur atau keramas, karena hanya membuat sambungan jadi kacau dan rusak.

9. Hindari menggunakan extension bekas pakai, karena rambut sambungan diciptakan untuk digunakan sekali pakai. Jika digunakan kembali, kondisinya dipastikan tidak layak, tampak dan mudah kusut.

10. Sebagai cara merawat rambut sambung, hindari mencatok bagian sambungan ring/lem, karena proses pemanasan pada catok dapat merusak sambungan.

Demikianlah 10 cara merawat rambut sambung agar penampilannya tetap prima, kondisi sambungan tampak natural, dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat!

Kata Kunci Halaman Ini:

Cara merawat rambut smbung agar tdk kusut, mengatasi rambut sambung kusut, merawat rambut sambung

Baca Juga: