Cara Perawatan Rambut Kering Yang Alami

Posted on

ArenaWanita.com – Banyak cara yang dapat digunakan untuk merawat rambut kering. Rambut menjadi mahkota wanita yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Karena rambut bisa menambah kadar cantik pada seorang wanita. Lalu bagaimana jika rambut wanita tersebut adalah jenis rambut kering? Namun anda jangan khawatir, masih banyak cara yang tepat dalam perawatan rambut kering.


Yang lebih baik dan bagus dari merawat rambut kering adalah dengan cara yang alami. Yang tidak harus memerlukan zat-zat kimia pada suatu produk tertentu. Ada beberapa sebab atau faktor yang dapat menyebabkan rambut anda kering dan terlihat kusam. Salah satunya adalah rambut anda terkena sinar atau pancaran matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Selain baunya tidak enak, rambut anda juga akan mudah rusak.

Saat rambut anda masih dalam keadaan basah lalu sudah dikeringkan dengan alat pengering rambut atau hair dryer juga merupakan kesalahan fatal yang dapat menyebabkan rambut anda kering. Perawatan rambut kering juga harus dilakukan dari hal-hal kecil, misalnya pemilihan shampo yang tepat yang sesuai dengan jenis rambut anda.

Jangan juga asal mengganti merk shampo karena dengan begitu rambut anda tidak akan kuat dengan zat-zat kimia yang berbeda yang terdapat pada setiap jenis shampo yang sudah anda gunakan. Sering menggunakan pewarna rambut dengan warna yang berbeda-beda juga bisa menyebabkan rambut kering. Karena zat-zat kimia yang terdapat di dalamnya sangat keras sehingga berpotensi merusakkan rambut secara cepat.

Terlalu sering keramas atau bahkan terlalu jarang keramas juga bisa menyebabkan rambut anda cepat kering dan keras. Cara yang tepat dan mudah dalam perawatan rambut kering diantaranya anda bisa meninggalkan sejenak rutinitas ke salon yang tujuannya untuk merawat rambut.

cara-perawatan-rambut-kering-yang-alami

Padahal ketika anda datang ke salon, alat-alat yang ada di salon dan zat-zat kimia yang sering digunakan adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan rambut anda kering atau mudah rontok. Jika anda ingin melakukan perawatan rambut kering dengan cara creambath misalnya, anda bisa menggunakan langsung buah-buahan yang baik untuk kesehatan rambut.

Jenis buah-buahan yang sering digunakan untuk kegiatan merawat rambut yaitu buah alpukat, jeruk nipis, dan lemon. Cara penggunaannya hampir sama dengan saat anda melakukan cream khusus cremabath di salon. Atau bisa juga dengan dilembutkan dulu buah-buahan tersebut. Cara perawatan rambut kering selanjutnya yaitu jangan sekali-kali mengikat rambut anda saat sedang tidur.

Karena hal tersebut malah akan menyiksa rambut anda. Mengikat rambut pada saat tubuh sedang berkeringat juga sangat tidak baik. Selain menyebabkan rambut anda berbau, resiko terkena rambut kering dan rontok juga akan menjadi salah satu faktor.

Melakukan keramas setiap hari juga tidak dibolehkan dalam perawatan rambut kering. Karena hal itu malah akan menyebabkan rambut anda semakin kering, tambah kusam serta rontok dalam jumlah banyak. Cara perawatan rambut kering yang berikutnya yaitu, tidak boleh keramas dengan air yang cenderung panas. Karena hal itu bisa menyebabkan rambut anda mudah rusak.

Baca juga:

Air yang panas tersebut juga bisa menyebabkan rambut anda semakin kering dan tidak enak disentuh. Air panas tersebut juga bisa menghilangkan nutrisi pada rambut anda. Jangan juga menyisir rambut dalam keadaan masih basah setelah keramas. Sebaiknya gunakanlah sisir bergigi jarang dan sisirlan dalam keadaan kering.