Cukupi Kebutuhan Gizi Anak Bersama Makanan Yang Mengandung Omega 3

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan Yang Mengandung Omega 3 – Omega 3 adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh terutama oleh anak-anak. Berbeda dengan orang dewasa atau remaja yang pertumbuhannya sudha mendekati sempurna, anak-anak masih akan menjalani pertumbuhan baik fisik, maupun psikis. Dalam kasus ini, omega 3 berperan penting membantu anak-anak memperoleh hasil optimal dari pertumbuhan fisiknya.


Banyak kasus yang terjadi terkait cacat pertumbuhan karena anak-anak tidak mendapat asupan omega 3 yang cukup sejak kecil. Oleh karena itu, orang tua harus tahu makanan yang mengandung omega 3 sehingga kebutuhan gizi si anak bisa tercukupi. Berikut beberapa jenis makanan yang kaya akan omega 3.

Salah satu makanan yang mengandung omega 3 dan sudah cukup terkenal adalah ikan lau. Apapaun hasil lau biasanya kaya akan protein berikut omega 3. Anak-anak biasanya sangat senang ketika menemui menu makan di rumah berupa hasil laut seperti lobster, kepiting, kerang, ikan, dan lain sebagainya. Orang tua tentunya juga harus tahu bagaimana memvariasikan makanan hasil laut yang cocok untuk lidah si kecil.

Misalnya, si kecil tidak akan bisa makan kepiting sendirian karena kulitnya cukup keras. Oleh karena itu sebaiknya orang tua sudang mengeluarkan daging kepiting dengan cara khusus tanpa merusak bentuk kepiting. Anak-anak merasa lebih tertarik dengan mendapati bentuk kepiting utuh tersedia di meja makan. Tidak perlu bersusah payah, daging kepiting sudah ada id luar dan siap disantap.

Selain kepiting, makanan yang mengandung omega 3 berupa hasil laut lainnya adalah lobster dan berbagai jenis ikan. Hampir sama seperti kepiting, sebaiknya si kecil diberi panduan ketika akan memakan lobster agar tidak menelan bagian yang keras. Sedangkan untuk ikan, banyak sekali variasi saus yang bisa dicoba. Untuk saran saja, sebaiknya tidak menuangkan saus pedas pada ikan karena perut anak-anak tergolong masih sensitif.

Makanan Yang Mengandung Omega 3

Selain itu, jika ikan lau digoreng tepung, sebaiknya dagingnya diambil dan digoreng terpisah. Hal ini dimaksudkan agar setiap daging mendapat lapisan tepung yang sama dan juga mencegah kemungkinan anak-anak menelan duri. Memang pada dasarnya agak repot untuk membiasakan atau mengajarkan si kecil makanan hasil laut. Namun bagaimanapun juga, manfaat yang sangat banyak dari hasil laun untuk pertumbuhan anak tidak dapat dibandingkan.

Baca juga:

Makanan yang mengandung omega 3 selain hasil laut adalah kacang-kacangan. Hal ini bisa menjadi alternatif yang baik jika anak anda memiliki alergi akan protein laut. Beberapa kacang-kacangan yang memang sudah terbukti mengandung omega 3 tinggi adalah kedelai, kacang merah dan walnut. Sebagai orang tua, anda harus bisa kreativ untuk mengenalkan cara makan kepada si kecil. Contohnya, ketika makan kedelai, anda bisa mengajarkan cara asik untuk mengarahkan dan menekan biji langsung ke mulut. Hal ini selain bisa dijadikan permainan juga mengundang rasa tertarik anak-anak.