Dampak Negatif Penggunaan Kawat Gigi

Posted on

ArenaWanita.com | Dampak Negatif Penggunaan Kawat Gigi – Demi mempercantik penampilan anda terutama untuk dan memperbaiki struktur gigi yang mengurangi kepercayaan diri pada anda solusi yang anda lakukan adalah dengan memasang kawat gigi atau behel.

Tujuan dari pemasangan kawat gigi tersebut yaitu seperti yang sudah disebut di awal tadi adalah untuk memperbaiki struktur gigi supaya rata dan rapi. Tujuan untuk kepentingan medis tersebut kini telah bergeser. Saat ini kehadiran kawat gigi sudah menjadi trend fesyen yang bisa untuk menambah penampilan menjadi semakin percaya diri.

Banyak di antara mereka yang memiliki struktur gigi tidak bermasalah justru memasangnya untuk trend fesyen. Tidak seperti jaman dulu, dimana banyak orang merasa malu bila harus menggunakan kawat gigi, karena akan mengganggu penampilannya. Penggunaan kawat gigi di Indonesia baru dimulai di awal 1980-an.

Hingga tahun 2000-an pemasangan kawat gigi semakin populer karena pergeseran tujuan dari kepentingan medis menjadi trens fesyen. Banyak kalangan tidak mau ketinggalan dengan trend fesyen tersebut, baik tua, muda, anak-anak melakukan trend pemasangan behel demi sebuah trend dan penampilan yang semakin percaya diri.

Mereka yang menganggap kawat gigi sebagai sebuah trend tidak sepenuhnya memahami bahwa dalam prakteknya pemasangan kawat gigi sangat berbahaya jika yang melakukannya bukan seorang dokter. Dijelaskan bahwa pemasangan kawat gigi yang dilakukan oleh tukang gigi akan menimbulkan berbagai macam dampak negatif dari penggunaan kawat gigi.

Dampak Negatif Penggunaan Kawat Gigi

Dampak tersebut bisa ringan atau malah berat. Untuk anda perhatikan bila ingin melakukan pemasangan kawat gigi, ada 3 resiko yang bisa ditimbulkan dalam penggunaan kawat gigi. Berikut pada artikel ini, akan disampaikan hal-hal yang membahayakan dalam penggunaan kawat gigi.

Karang Gigi

Pemakaian kawat gigi mengakibatkan munculnya karang gigi pada mulut anda. Hal ini dikarenakan area bawah di sekitar kurung logam serta kawat sulit untuk dibersihkan. Sehingga sisa-sisa makanan akan tertinggal di daerah tersebut dan sangat sulit untuk dijangkau sikat gigi. Akibatnya akan menimbulkan penumpukan plak. Tentu dengan menggunakan kawat gigi, maka akan mengakibatkan resiko kerusakan gigi serta penyakit gusi yang cukup serius. Bagi anda yang ingin mengurangi resiko tersebut, maka anda harus menggunakan sikat gigi khusus untuk membersihkan gigi anda dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di daerah tersebut.

Penyakit Menular Seksual

Dengan menggunakan kawat gigi yang berbahan logam tentu akan sering terjadi benturan yang dapat menyebabkan timbulnya luka kecil pada bibir dan pipi bagian dalam. Bila anda seorang pasangan yang sedang melakukan aktivitas seksual seperti melakukan oral seks atau melakukan ciuman, maka munculnya luka kecil pada mulut anda merupakan akses yang paling mudah untuk timbulnya berbagai penyakit seperti hepatitis, HIV yang dapat masuk melalui aliran darah anda.

Alergi

Logam yang digunakan untuk kawat gigi misalnya berjenis seperti nikel, tembaga, dan kromium. Dari pemakai kawat gigi ini, setidaknya sekitar 30% merupakan pasien ortodontik yang memiliki alergi terhadap logam, yang akibatnya akan menyebabkan sakit di telinga dan telinga akan tersumbat. Sementara bagi para pengguna kawat gigi yang tidak memiliki alergi terhadap logam juga akan memiliki potensi terkena alergi setelah memakainya. Namun, alergi yang ditimbulkan termasuk dalam kategori ringan dan sangat mudah untuk disembuhkan yaitu dengan mengubah jenis logam yang digunakan untuk kawat gigi.

Baca juga:

Bagaimana, apakah anda memahami mengenai dampak negatif pemakaian kawat gigi? Artikel di atas bisa memberikan gambaran bagi anda mengenai efek negatif bila melakukan pemasangan gigi tanpa prosedur yang berlaku. Akan banyak bahaya yang akan mengancam anda bila kawat gigi yang anda gunakan tidak sesuai dengan standar kesehatan. Bila anda ingin melakukan perubahan pada struktur gigi anda, anda harus melakukannya pada dokter gigi. Semoga bermanfaat.

Kata Kunci Halaman Ini:

pengaruh pemakaian kawat gigi untuk mempercantik penampilan

Baca Juga: