Beberapa Daun-Daun Berkhasiat yang Harus AW’ers Ketahui

Posted on

ArenaWanita.comDaun-Daun Berkhasiat – Kekayaan flora di Nusantara memang tiada habisnya, beragam tumbuhan bisa di manfaatkan hampir semua bagiannya, mulai dari batang, daun, hingga bunga dan buahnya memiliki manfaat yang luar biasa.


Tak hanya dikonsumsi untuk makanan, beberapa bagian tanaman juga mampu mengobati sejumlah penyakit yang di derita manusia.

Kandungan mineral dan vitamin yang ada dalam tanaman berkhasiat itu, dipercaya bisa membunuh sejumlah sumber penyakit. Salah satu bagian tanaman yang sering di gunakan untuk obat-obatan adalah daun.

Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari ranting, dan umumnya berwarna hijau. Warna hijau ini karena kandungan klorofil pada daun berfungsi menangkap energi, dan cahaya matahari untuk photosintesis. Daun merupakan organ terpenting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya. Berikut ini adalah beberapa daun-daun berkhasiat yang harus AW’ers ketahui.

Nah,, di Nusantara ada beberapa jenis daun yang kaya akan manfaat. Yang pertama adalah daun sirsak. Tanaman sirsak atau Annona muricata adalah jenis tanaman yang berasal dari daerah Caribia. Dari banyak hasil penelitian, buah dan daun sirsak banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Buah sirsak banyak mengandung frugnosa, vitamin B1, B2, dan vitamin C.

Daun Sirsak

khasiat Daun Sirsak

Selain buahnya, daun sirsak banyak dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Mengingat banyak sekali kandungan di dalamnya seperti, anonol, murikapentosin, dinolekasit, anomorin, gentesikasit, anokatalin, anonansin, anokataslin, dan anohedsosnya. Semua zat yang ada dalam daun sirsak ini sangat bermanfaat bagi pengobatan. Kandungan beberapa zat itulah yang membuat daun sirsak mampu menyembuhkan kanker, asam urat, bisul, dan sakit pinggang.

Kalau anda ingin membuat sendiri seduhan daun sirsak yang berguna untuk pengobatan penyakit kanker, caranya cukup mudah, anda harus menyiapkan 10 daun sirsak yang sudah tua lalu direbus kedalam 3 gelas air sampai mendidih, dan tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan 2 kali sehari. Dengan meminum secara teratur, maka akan bermafaat untuk membunuh sel-sel yang tidak normal, dan membiarkan sel yang normal tumbuh dengan baik. Kini beberapa ilmuan sedang mengembangkan pengobatan daun sirsak ini, untuk mengobati sejumlah penyakit kronis lainnya.

Daun Belimbing

Khasiat Daun Belimbing

Daun yang juga memiliki khasiat adalah daun belimbing. Belimbing adalah buah khas Indonesia, India, dan Sri Lanka. Kini belimbing telah menyebar ke sejumlah negara tropis lainnya termasuk Asia Tenggara. Buah belimbing memiliki rasa yang manis, asam, dan segar.

Buah belimbing memiliki bentuk penampang seperti bintang jika di iris. Depok, Jawa Barat dan Demak, Jawa Tengah adalah contoh daerah yang mengembangkan belimbing menjadi komoditas unggulan. Selain buahnya, daun belimbing ternyata jugamemiliki khasiat yang luar biasa. Daun belimbing dapat mengobati sakit maag, melancarkan air seni, dan menyembuhkan bisul.

Untuk mengobati bisul, ambil beberapa helai daun belimbing segar dan cuci bersih. Tumbik daun belimbing dan beri sedikit air, tempelkan daun belimbing yang sudah halus tadi pada bisul balut dengan perban, Lakukan pengobatan ini sekali sehari.

Daun Pandan

Khasiat Daun Pandan

Daun pandan adalah tanaman yang biasa di pakai untuk bahan pewangi alami pada makanan. Pandan termasuk kedalam family Pandanaceae. Tanaman ini sangat khas dengan wangi harumnya yang alami dan enak untuk dicium dan memberikan efek tenang. Karena didalam daun pandan memiliki suatu zat yang disebut zat tanin.

Selain sebagai bahan tambahan pada masakan, daun pandan ini ternyata memiliki khasiat yang sangat berguna sebagai tanaman herbal. Kandungan zattanin pada pandan inilah yang akhirnya membuat daun pandan bisa menghilangkan rasa gelisah. Caranya cukup mudah, seduh 2 lembar daun pandan yang telah dicuci bersih dengan segelas air hangat biarkan beberapa lama. Kemudian minum air daun pandan ini perlahan, aroma daun pandan akan menenangkan kegelisahan yang ada pada diri anda. Selain itu daun pandan dipercaya mampu mengatasai penyakit lemah syahwat, rematik, dan dapat mencegah datangnya uban.

Daun Durian

Khasiat Daun Durian

Kalau buah yang satu ini anda pasti sudah kenal kan!! Iya,, inilah durian. Bagi sebagian orang durian adalah rajanya para buah. Aroma durian cukup menyengat, namun banyak orang yang menyukai aroma durian. Buah durian sudah dikenal di Asia Tenggara sejak abad ke 7 masehi.

Selain karena rasanya yang lezat, dan aromanya yang harum, buah durian merupakan salah satu makanan sehat karena banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, begitu juga dengan daunnya. Daun durian dapat digunakan sebagai antipiretik atau pereda demam.

Baca juga:

Caranya dengan di jus beberapa helai daun durian setelah dibersihkan dan ditempelkan di dahi atau dengan meminum air rebusan daunnya. Dengan meminum air rebusan daun durian, demam seseorang dapat mereda. Jika tidak suka rasanya, penderita cukup dengan mengompres di dahi dengan daun durian.

Itu tadi beberapa daun yang memiliki khasiat luar biasa, tidak ada salahnya kan kalau kita kembali ke alam untuk pengobatan, hanya saja jangan lupa perhatikan dosisnya.


Kata Kunci Halaman Ini:

khasiat aw