Diet Berdasarkan Golongan Darah

Posted on

ArenaWanita.com – Golongan darah adalah pengklasifikasian darah dari suatu individu berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Dikarenakan setiap manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda, tentunya memiliki jenis antigen dan antibody yang berbeda-beda pula. Golongan darah manusia berbeda-beda dan oleh sebab itu masing-masing individu membutuhkan asupan makanan berbeda.

Begitupun halnya dengan diet, hasil penelitian dengan diet ini adalah adanya reaksi berbagai jenis makanan terhadap kondisi tubuh setiap orang dengan golongan darah yang berbeda-beda. Ya, diet golongan darah ini memang sebenarnya dapat dilakukan.

Mengingat kondisi tubuh setiap orang sebenarnya tidak sama, sehingga penerapan asupan makanan diet antara satu orang dengan orang lainnya pasti akan berbeda. Apa saja macam-macam diet berdasarkan golongan darah itu dan menu makanan apa saja yang bisa dikonsumsi? Berikut informasinya.

Golongan Darah A

Untuk yang memiliki golongan darah A sebaiknya banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Ya, para pemilik golongan darah ini memang sebaiknya menjadi seorang vegetarian atau lebih banyak makan sayur-sayran dan buah-buahan. Dibandingkan makan daging merah, daging bebek, udang, cumi, lobster dan juga jenis makanan tinggi lemak seperti keju, susu, es krim serta makanan tinggi karbohidrat yang salah satu contohnya adalah ubi.

Namun golongan darah A masih boleh mengkonsumsi beberapa daging dan makanan lain selain sayur dan buah, seperti ikan tuna, daging ayam, telur, roti gandum dan kurma. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut bersifat netral atau cenderung tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tubuh pemilik golongan darah A.

Golongan Darah A

Selain makanan golongan darah A juga harus rajin berolahraga. Biasanya olahraga yang cocok dengan tipe golongan darah ini adalah olahraga santai seperti berjalan, taichi, yoga, golf atau olahraga outdoor ringan selama 30 menit sehari. Lakukanlah meditasi untuk mengurangi stres anda dan biasanya golongan darah ini sangat rentan terhadap penyakit kanker dan jantung.

Golongan Darah B

Golongan Darah B

Diet golongan darah yang selanjutnya adalah golongan darah B. Nah, kalau golongan darah ini memiliki tingkat antibody yang paling tinggi diantara golongan darah lainnya, sehingga biasanya akan jarang terserang penyakit. Untuk menu makanan ynag baik dikonsumsi golongan darah ini adalah aneka ikan laut, aneka olahan susu seperti keju dan yogurt. Ada juga sayuran seperti brokoli, wortel dan terong juga akan sangat baik bagi tubuh pemilik golongan darah B.

Namun sebaliknya jangan terlalu sering mengkonsumsi olahan daging ayam, daging bebek, kacang tanah, olahan gandum, alpukat, jagung, belimbing, buah pir dan air soda karena dapat memperbesar resiko penggumpalan darah dan serangan jantung. Sementara itu jenis makanan seperti daging sapi, cumu-cumi, mentega, telur ayam dan kacang merah bersifat netral untuk pembawa golongan darah ini. rajin-rajinlah berolahraga seperti menari, berenang atau berjalan yang sepertinya akan lebih cocok dengan golongan darah B.

Golongan Darah AB

Golongan Darah AB

Golongan darah yang satu ini terbilang unik dan misterius karena termasuk kedalam prantara antara golongan darah A dan golongan darah B. Orang yang memiliki golongan darah AB biasanya sangat mudah menyesuaikan diri dengan berbagai makanan, dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Sehingga makanan yang baik di konsumsi adalah daging dan sayur-sayuran. Untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya golongan darah ini sebaiknya memperbanyak konsumsi susu kambing, ikan tuna, pir asam rendah kalori dan buah anggur merah.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering adalah telur bebek, kepiting, buah pisang dan air soda. Untuk menyeimbangkannya sebaiknya lakukan olahraga secara teratur dengan intensitas yang sering seperti joging ringan, pilates atau yoga. Hal ini juga dapat menghindari terjangkit beberapa penyakit yang perlu diwaspadai para pemilik golongan darah AB yaitu sakit sendi dan radang tulang.

Golongan Darah O

Golongan Darah O

Menu makanan yang dapat dikonsumsi oleh golongan darah O adalah dengan memperbanyak sayuran hijau, makanan dengan kadar protein hewan yang tinggi dan seafood. Makanan-makanan tersebut sangatlah baik dikonsumsi oleh golongan O, tapi harus diingat untuk menghindari sayuran seperti terong, kentang, jamur, toge atau jenis-jenis sayuran yang mengandung banyak lektin.

Karena dapat memberikan resiko gangguan lambung, alergi dan nyeri sendi. Nah, untuk makanan seperti ikan tuna, ikan sarden, tempe, tahu, daging, ayam dan susu kedelai adalah beberapa jenis makanan yang bersifat netral bagi golongan darah O. Tentu saja lakukan jenis olahraga kardio dipagi hari seperti jogging, bersepeda atau berenang agar membuat tubuh anda segar.

Baca juga:

Demikianlah tips mengenai diet berdasarkan golongan darah anda. Harus tetap diingat bahwa sebenarnya yang terbaik untuk menjaga berat badan adalah hanya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan di imbangi dengan olahraga teratur.

Kata Kunci Halaman Ini:

bagaimanakah kepribadian seseorang yang bergolongan darah B

Baca Juga:

loading...