Diet Sehat untuk Wanita Menopause

Posted on

ArenaWanita.com | Menopause merupakan proses biologis yang terjadi secara alami dan bertahap. Proses ini akan berakhir ditandai dengan berhentinya ovulasi serta menstruasi. Kondisi ini disebabkan karena produksi estrogen dan hormone progesterone pada ovarium mengalami penurunan.


Selain itu intensitas menstruasi menjadi kurang teratur kemudian ovulasi berhenti. Dengan berhentinya pasokan estrogen, resiko serangan jantung serta osteoporosis semakin meningkat.

Intinya menopause merupakan tanda bagi seorang wanita yang tidak memungkinkan lagi untuk hamil karena proses menstruasi yang telah berhenti. Menopause sendiri kadang juga ditandai dengan obesitas (kegemukan) sehingga tak jarang ketika wanita memasuki usia menopause, mereka berlomba-lomba melakukan program diet untuk menjaga penampilan fisiknya.

Sebelum kita membahas mengenai program diet sehat untuk wanita menopause, sebaiknya kita kenali dulu bagaimana tanda-tanda menopause itu.

Gejala Menopause

Menurut penelitian medis, wanita bisa dikatakan memasuki usia menopause ketika ia tidak mengalami periode menstruasi setidaknya 1 tahun. Tetapi gejala menopause biasanya muncul jauh sebelum 1 tahun. Masa periode menstruasi yang tidak teratur umumnya merupakan gejala awal. Namun dalam beberapa kasus, sebagian wanita mungkin mengalami periode dua hingga tiga minggu, atau dalam kasus yang lain bisa satu kali setiap bulan.

Gejala-gejala seperti ini biasanya akan terjadi secara bertahap dalam rentang waktu dua hingga lima tahun. Tetapi satu diantara beberapa wanita mungkin saja mengalami proses yang lebih lama.

Diet Sehat untuk Wanita MenopauseDiet untuk wanita usia menopause

Satu masalah yang ditakuti kaum wanita ketika masuk usia menopause adalah kegemukan. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang tetap ideal tentunya dengan melakukan diet. Sudah barang tentu cara diet untuk wanita menopause berbeda dengan diet yang dilakukan wanita muda yang belum memasuki masa menopause.

Bagaimana caranya Diet Sehat untuk Wanita Menopause ? Ikuti tipsnya berikut ini.

  • Ketika masuk usia menopause, wanita banyak kehilangan zat kalsium. Untuk mendapatkan asupan kalsium untuk tulang yang sehat, maka harus banyak mengkonsumsi makanan kaya kalsium yang bersumber dari kacang-kacangan, kerang, brokoli, susu dan sarden.
  • Untuk menghindari timbunan lemak dalam tubuh, dibutuhkan zat besi yang cukup. Zat besi tersebut bisa diperoleh dari beberapa macam makanan kaya zat besi seperti gandum, sayuran hijau, ikan, telur, unggas dan daging merah rendah lemak. Zat-zat penting tersebut harus dikonsumsi wanita menopause yang melakukan diet minimal 1 hari sekali.
  • Saat melakukan diet, sistem pencernaan harus dalam kondisi normal. Untuk membantu proses pencernaan, wanita menopause wajib mengkonsumsi makanan kaya serat yang bisa didapatkan dari roti gandum, buah-buahan, sayuran, nasi, pasta dan sereal. Khusus untuk buah dan sayuran harus dikonsumsi setiap hari.
  • Kandungan lemak dalam minyak meliputi asam lemak esensial, sangat penting dikonsumsi untuk menghindari sumber makanan dengan kandungan lemak tinggi. Untuk mendukung proses diet, asam lemak esensial harus kita dapatkan dari berbagai sumber makanan seperti biji-bijian, minyak ikan dan kacang-kacangan.

Kata Kunci Halaman Ini:

buah dan makanan yg harus d komsumsi wanita menofous, monopous sehat, makanan untuk menopos, kalsium utk wanita menopause perlu?, konsumsi makanan yang baik untuk wanita yang menopause, jenis makanan untuk wanita menopause, gmn cara sehat monopous, ciri2 monopous, yg baik dikonsumsi untuk wanita menopouse, cara berpacaran dengan wanita manupose