Apakah Faktor Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda?

Posted on

ArenaWanita.com | Faktor Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda – Seorang teman yang sedang bersama Anda, tiba-tiba mengatakan, “kamu masih muda kok sudah beruban ya?”. Pertanyaan yang pasti membuat Anda panik dan penasaran, “ah, masa iya sich? Kok bisa ya padahal kan aku masih muda?”.


Setelah itu, Anda pasti akan browsing kesana kemari mencari cara untuk mengatasinya. Sebelum bergerak ke situ, sebaiknya terlebih dahuluAnda perlu mengetahui faktor-faktor penyebab rambut beruban di usia muda yang menyerang Anda. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Shampo yang Tidak Cocok

Di dalam sebuah shampo terdapat berbagai macam kandungan yang berfungsi menutrisi rambut. Namun, tidak semua dari kandungan tersebut cocok untuk rambut Anda. Ada kalanya ketika suatu kandungan yang tidak cocok masuk ke rambut, maka akan ditolak dengan perubahan warna pada rambut bahkan kematian rambut, seperti uban.

Genetik

Biasanya uban di usia muda kebanyakan menyerang pada kaum hawa daripada kaum adam. Hal ini karena gen wanita mempunyai pengaruh besar pada keturunannya. Jadi ketika ibu atau nenek Anda beruban lebih cepat, ada kemungkinan Anda akan mengalami hal yang sama.

Strees

Faktor penyebab rambut beruban di usia muda selanjutnya adalah ‘strees’ atau tekanan yang besar, kadang menyerang kaum muda. Tekanan tersebut bisa timbul dari lingkungan akademik, organisasi, keluarga dll. Strees yang berkepanjangan dapat mempercepat penuaan dini rambut sehingga muncullah uban.

Apakah Faktor Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Kekurangan Zat Besi

Tahukah Anda? Bahwa zat besi yang berguna untuk proses pertumbuhan, juga berfungsi memberi warna hitam pada rambut. Kandungan yang berperan adalah melanin. Maka ketika rambut Anda beruban, bisa jadi karena kekurangan zat besi. Oleh karena itu, makanlah buah dan sayuran yang banyak mengandung zat besi.

Sang Ibu yang Tidak Mengkonsumsi Jamu Saat Hamil

Di suatu daerah di Jawa Tengah ada suatu tradisi minum jamu melahirkan secara rutin setelah melahirkan, yang dipercaya bermanfaat untuk mencegah penuaan dini baik untuk kulit atau rambut setelah melahirkan, baik untuk Ibunya maupun sang anak kelak. Ada kandungan tertentu dalam jamu melahirkan tersebut yang dapat menjaga bentuk dan warna pada kulit dan rambut agar tetap sehat dan awet muda.

Ketombe

Kulit kepala yang kotor dan lembab akan menyebabkan timbulnya ketombe. Sedang ketombe itu sendiri adalah salah satu faktor penyebab rambut beruban di usia muda, maka bisa jadi salah satu penyebabnya adalah ketombe di kepala Anda.

Baca juga:

Itulah beberapa faktor penyebab rambut beruban di usia muda. Anda tidak perlu khawatir atau galau mengatasinya. Saat ini banyak cara dan obat mujarab yang bisa mencegah penuaan dini pada rambut Anda. Sehingga uban tak akan muncul lebih cepat.


Kata Kunci Halaman Ini:

sampo penyebab rambut beruban diusia muda, nenek beruban, mengapa masih muda kok sudah tumbuh uban, masih muda kok uban, masih muda kok beruban?, masih muda kok banyak uban, ketombe penyebab uban, ketombe menyebabkan uban, Hijab mempercepat rambut beruban?, beruban sejak memakai jilbab