Hal yang Harus Diperhatikan dalam Desain Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

Posted on

ArenaWanita.com | Desain Interior Rumah Minimalis 1 Lantai – Rumah minimalis merupakan desain rumah yang banyak dipakai hari ini. Karena memanfaatkan setiap inchi lahan, sehingga tidak ada yang terbuang tanpa guna.

Bagi orang yang memiliki dana terbatas, banyak yang mengadopsi desain interior rumah minimalis 1 lantai, meski  dapat juga diterapkan untuk rumah 2 lantai. Anda mudah menemukan desain rumah minimalis untuk lantai 1 di perumahan, terutama untuk rumah tipe 36.

Selain memaksimalkan luas lahan, desain rumah minimalis juga banyak menggabungkan beberapa ruang menjadi satu, tujuannya jelas untuk mengoptimalkan ruangan, dan menghindarkan ruangan menjadi sumpek dan penuh dengan barang-barang yang tidak perlu.

Nah, bagi anda yang mau mengambil konsep desain minimalis, khususnya untuk rumah berlantai satu, anda bisa memperhatikan beberapa hal di  bawah ini.


  • Penyatuan Ruangan.

Karena lahan yang terbatas, mau tidak mau untuk membuatnya lebih lega anda harus menyatukan beberapa ruangan menjadi satu. Ruangan apa saja yang bisa anda gabungkan menjadi satu? Sebelum anda menggabungkan setiap  ruangan, anda harus memperhatikan estetika, agar ruangan tetap enak dipandang. Biasanya penggabungan ruangan didasarkan pada fungsinya. Misalnya anda bisa menggabungkan dapur dengan ruang makan, tujuannya agar mempermudah anda ketika jam makan tiba, sekaligus setelah itu.

Selain itu anda bisa menggabungkan antara ruang tamu dan ruang tengah, anda bisa menggunakan sekat dari rotan yang semi permanen, jadi seandainya anda sedang tidak menerima tamu, anda bisa membuka sekatnya, sehingga ruang keluarga anda akan terlihat lebih besar. Sedangkan untuk kamar tidur, lebih baik tidak digabung, karena kamar adalah privasi bagi anda.

Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

  • Penggunaan Cat

Untuk memberi kesan minimalis, gunakan warna cat kalem dan cerah. Anda bisa menggunakan warna putih atau pastel. Sedangkan warna-warna tegas, seperti merah atau biru, kurang tepat digunakan untuk desain interior rumah minimalis 1 lantai. Anda bisa menyamakan warna cat ruangan anda secara keseluruhan, atau tergantung selera anda.

Desain Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

  • Penggunaan Perabot yang Tepat.

Ukuran rumah yang mungil, membuat anda harus berpikir ulang untuk membeli perabotan berukuran besar. Karena ukuran ruangan anda sempit, mau tidak mau gunakan satu perabotan untuk satu ruangan, misalnya lemari. Anda cukup menaruh lemari di setiap kamar, daripada di setiap ruangan. Lebih baik anda menghindari penggunaan sofa, dan diganti dengan meja dan kursi yang lebih simpel.

Baca juga: Sifat Golongan Darah O

Hindari penggunaan aksesoris yang berlebih, karena akan merusak kesan minimalis yang akan anda bangun. Cukup gunakan lukisan atau aksesoris 1 atau 2 di setiap ruangan, atau tidak menggunakan aksesoris sama sekali.

Bagaimana? Tentu, sekarang anda tidak lagi bingung dalam menggunakan desain interior rumah minimalis 1 lantai untuk interior rumah milik anda.


Kata Kunci Halaman Ini:

hal hal dalam desain rumah minimalis, hal yang diperhatikan dalam membuat rumah minimalis tapi dana terbatas, hal-hal yang harus diperhatikan dalam interior