Hati-Hati, Jangan Garuk Kepala Yang Gatal!

Posted on

ArenaWanita.com | Hati-hati, Jangan Garuk Kepala yang Gatal! – Anda berketombe? Jika ya, mungkin Anda termasuk orang yang pernah menggaruk kepala dengan kuat, lantaran rasa gatal akibat ketombe yang tak tertahankan. Padahal, pada kasus kulit kepala berketombe, menggaruk kepala secara berlebihan sebaiknya dihindari.

Kulit kepala berketombe dapat disembuhkan dengan shampo khusus atau pengobatan. Sebagian dokter memang tidak memasukkan ketombe ke dalam penyakit kulit kepala. Tapi, masalah ini tetap mengganggu.

Virus Atau Mikroba

Perlu diketahui bahwa garukan pada kulit bagian manapun dapat merusak struktur kulit. Bahkan, tidak jarang menimbulkan luka atau lecet. Dampaknya bisa berisiko lebih jauh lagi seperti menyebabkan kulit terinfeksi oleh bakteri, virus atau mikroba lain.

Namun ketombe juga bisa menjadi indikasi dermatitis seboroik. Penyakit itu merupakan peradangan kulit yang sering terdapat pada daerah tubuh berambut, terutama pada kulit kepala, dan alis mata. Ada beberapa pendapat mengenai macam faktor penyebabnya, meskipun belum ada kesepakatan di antara para pakar. Faktor itu antara lain seperti faktor hormonal, infeksi jamur, kekurangan nutrisi, dan faktor neurogenik.


Intensitas Keramas

Gangguan pada kulit kepala tadi bisa berujung pada kebotakan rambut. Biasanya disertai peradangan atau inflamasi. Kulit kepala juga bisa mengalami gangguan kulit yang sama seperti bagian kulit lainnya seperti infeksi bakteri yang berujung abses. Maka tak mengherankan, terkadang ada jerawat yang muncul di kulit kepala.

Hati-Hati, Jangan Garuk Kepala Yang Gatal

ntuk mencegahnya, maka perlu perawatan kulit. Caranya sederhana saja, yakni dengan menjaga kebersihan kepala. Hal paling mendasar yang bisa dilakukan untuk merawat kulit kepala adalah keramas, dan kebutuhan intensitas keramas bagi setiap orang itu berbeda-beda.

Baca juga: Manfaat Serum Korea

Frekuensinya, tentu saja, sangat ditentukan jenis kulit kepala setiap orang. Semakin berminyak kulit kepala seseorang, maka disarankan semakin sering keramas. Jenis shampo yang digunakan juga haruslah sesuai.

Selain keramas secara teratur dengan cara yang tepat, pengidap ketombe dianjurkan melakukan perawatan alami tambahan dengan mengolesi kulit kepala secara teratur, menggunakan air perasan jeruk nipis atau perasan nenas. Cara ini akan jauh lebih baik ketimbang menggaruk kulit kepala kuat-kuat.