Info Resep Makanan Untuk Bayi 6 Bulan Yang Bergizi

Posted on

ArenaWanita.com | Resep Makanan Untuk Bayi 6 Bulan – Untuk anak usia hingga 6 bulan, tentu saja makanan yang terbaik adalah Air Susu Ibu (ASI). Karena berdasarkan berbagai penelitian di seluruh dunia, ASI terbukti mengandung berbagai macam zat yang tidak dimiliki oleh makanan maupun minuman lainnya.

Setelah lewat usia 6 bulan, ada resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi. Masa pemberian ASI secara berturut-turut selama 6 bulan pertama ini dinamakan ASI Eksklusif, pasti semua ibu tahu hal ini bukan? Ya, karena dengan begitu anak akan memperoleh nutrisi yang sangat banyak dan tumbuh kembangnya bisa optimal.

Setelah usia 6 bulan, ibu boleh memberikan makanan-makanan yang memiliki tekstur lembut dan rasa maupun aromanya tidak terlalu menyengat karena bayi belum boleh memakan makanan yang teksturnya keras dan rasa maupun baunya terlalu menyengat, dan lagi pencernaan atau metabolisme dalam tubuh bayi belum kuat untuk menerima makanan seperti itu.

Memang terkadang kita jadi bingung, makanan yang apa bisa diberikan kepada bayi sedangkan ia belum bisa menerima makanan yang terlalu berat. Nah, berikut ini adalah resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi sebagai pendamping ASI yang diberikan untuk sang bayi.

Pure Tahu Dan Pisang

Makanan ini untuk bayi yang sudah berusai 6 bulan ke atas. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut :

  • Pisang berukuran kecil 1 buah saja
  • Tahu 50 gram atau sekitar 3 ons (untuk tahu harus menggunakan tahu yang memiliki tekstur lembut atau tahu soft yang bisa dikonsumsi untuk bayi)

Bubur Daging

Kemudian cara membuatnya, yang pertama kupas dulu pisang yang sudah disediakan dan haluskan. Masak tahu sampai matang, dan campurkan pisang dengan tahu dalam satu wadah. Tumbuk sampai benar-benar halus atau sampai menjadi pure. Bisa juga anda tambahan buah lain seperti persik atau mangga, maupun buah lainnya.

Bubur Daging

Bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuatnya antara lain :

  • Beras sebanyak 1 cangkir, kalau bisa gunakanlah beras coklat, lalu cuci sampai benar-benar bersih
  • Daging sapi cincang 50 gram
  • Seledri 1 batang, dipotong kecil-kecil
  • Wortel 1 batang, kupas dan potong kecil
  • Air secukupnya

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama-tama pastikan semua bahan sudah menjadi halus. Kemudian campurkan semua bahan-bahan tadi dalam satu wadah. Masak semua bahan yang ada sampai menjadi bubur, atau benar-benar lembut sampai dagingnya pun punya tekstur yang halus agar bisa dikonsumsi oleh bayi.

Baca juga:

Nah, usahakan untuk tetap mengkonsultasikan kesehatan dan keadaan bayi kepada bidan atau dokter terkait. Anda juga harus berkonsultasi tentang resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi di atas tadi apakah baik atau tidak untuk bayi. Semoga ulasan tadi bisa bermanfaat.

Kata Kunci Halaman Ini:

resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi

Baca Juga: