Ini Dia, 7 Cara Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Posted on

ArenaWanita.com | Daya tahan tubuh yang prima – sangat dibutuhkan untuk mendukung segala aktivitas. Agar daya tahan tubuh tidak menurun, simak tips berikut ini.

Kesibukan yang padat serta perubahan cuaca yang tidak menentu dapat membuat daya tahan tubuh kita menurun. Bila sudah begini, kita akan kesulitan mengerjakan aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Produktivitas menurun drastis karena kita tak bisa berkonsentrasi dengan baik. Selain itu, badan pun menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Jangan sampai hal ini terjadi pada AW’ers. Menjaga kesehatan adalah modal penting untuk dapat berkarya dan berprestasi. Lakukan berbagai langkah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga anda tak mudah sakit.

Tidur Cukup

Memenuhi kebutuhan tidur adalah salah satu syarat penting dalam menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Tubuh kita perlu tidur selama tujuh sampai Sembilan jam setiap malam. Selama beristirahat, tubuh akan memulihkan sel-sel yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Biasakan Menarik Napas Dalam

Bernapas lebih dalam bermanfaat dalam mengoptimalkan imunitas tubuh. Lakukan kebiasaan ini dengan benar. Tarik napas dalam, lalu buang dengan cara menggunakan otot dada dan otot diantara tulang rusuk untuk mengeluarkan udara sebanyak-banyaknya.

Ini Dia, 7 Cara Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Pintar Mengelola Stres

Hidup ini memang tak lepas dari faktor-faktor penyebab stress. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar mengelolanya. Stres yang sering muncul dalam melemahkan daya tahan tubuh. Kelola stress dengan rutin berolahraga, menyediakan waktu untuk bersantai atau berlibur, berpikir positif, serta memiliki banyak sahabat.

Menjauhi Minuman Yang Mengandung Alkohol

Faktanya, mengonsumsi minuman yang mengandung Alkohol bisa menurunkan daya tahan tubuh kita secara cepat. Bila tak ingin badan menjadi lemah dan tak produktif, sebaiknya batasi atau hindari konsumsi minuman beralkohol.

Banyak Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran Hijau seperti bayam, brokoli , kangkung, selada, serta daun singkung, mengandung nurtis yang dapat membantu menguatkan imunitas. Di antaranya vitamin C dan kalsium. Konsumsi makanan ini secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Minum Cukup Air

Jangan sepelekan kebutuhan minum air putih. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Minumlah air putih minimal delapan gelas per harii. Bila kita banak minum teh atau kopi, tubuh memerlukan lebih banyak lagi asupan cairan.

Konsumsi Suplemen Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita. Vitamin C tidak diproduksi di dalam tubuh, sehingga kita harus memenuhi konsumsinya dari luar. Secara alami, vitamin C terdapat di sayuran hijau, dan beberapa jenis buah-buahan. Apabila aktivitas kita tergolong padat namun asupan nutrisi terbatas, ada baiknya kita mengonsumsi vitamin C untuk memperkuat imunitas.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah, daya tahan tubuh lemah, cara menguatkan badan yang lemah, cara menguatkan fisik yang lemah, obat daya tahan tubuh lemah, cara memulihkan daya tahan tubuh, cara memperkuat daya tahan tubuh, mengatasi daya tahan tubuh lemah, cara mengembalikan daya tahan tubuh, cara agar daya tahan tubuh kuat