Inilah 3 Masakan Populer Indonesia yang Berbahan Santan

Posted on

ArenaWanita.comMasakan Populer Indonesia Berbahan Santan – Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang beraneka ragam, kekayaan rempah-rempah dan bahan juga menambah ciri khas makanana khas Indonesia. Kekayaan tumbuhan di Indonesia juga memudahkan masyarakat kita untuk memanfaatkan sebagai bahan makanan, contohnya kelapa.


Bernama latin Cocos nucifera adalah anggota tunggal dalam marga kokos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia, sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna.

Salah satu bagian daging buah ini dapat diolah menjadi santan sebagai olahan makanan. Cairan putih kental yang dihasilakan dari sari kelapa yang diparut, yang kemudian diperas bersama air. Santan mempunyai rasa lemak dan digunakan sebagai perasa yang menyedapkan masakan menjadi gurih. Yuk Kita kenali kuliner apa saja yang merajai lidah kita.

Kita awali dengan lontong sayur. AW’ers tentunya pernah menikmati lezatnya lontong sayur. kuliner yang sering hadir di hari raya ini sangat akrab di lidah kita, selain rasa kuahnya yang gurih, kekenyalan lontong sayur juga menambah nafsu makan kita.

Kini lontong sayur banyak kita temui dijalan bahkan pedagang keliling khususnya di Ibu Kota. Tidak lengkap rasanya menikmati lontong sayur tanpa lauk telur rebus, tahu, tempe, sampai daging. Jangan lupa menaburi lontong sayur dengan bawang goreng, agar sensasi nikmat lontong sayur lebih sedap dan harum.

Lontong Sayur

Lontong Sayur Enak dan Gurih

Bagi pecinta sayur, sajian inilah cara yang memanjakan lidah dengan berbagai sayur yang dibalut rasa gurih. Sebenarnya lontong sayur adalah lontong yang diberi pelengkap berupa sayur berkuah santan. Sayur ini berisi nangka muda, kacang panjang, daging, serta beragam bumbu khas Indonesia. Sayur berkuah santan ini sekilas memang mirip gulai, hanya saja rasanya lebih ringan dan berisi banyak sayuran. Anda tertarik untuk menyantap lontong sayur?

Gultik

Gultik Gulai Tikungan Gurih

Kuliner bersantan selanjutnya adalah gultik, eitss,, bukan gulai tikus. kuliner ini merajai lidah orang Jakarta khususnya kebayoran baru Jakarta Selatan. Nama gultik itu sendiri berasal dari masyarakat yang mengikat lokasi tempat jual gulai ini, yang berada tepat di tikungan jalan. Gultik alias gulai tikungan, bisa jadi alternatif makan siang atau makan malam yang enak dan murah meriah. Rasa penasaran akan membawa anda menyambangi kuliner yang satu ini. Dengan harga yang terjangkau, gultik memiliki rasa yang tak kalah dengan gulai restaurant.

Pedagang gultik ini menyebar ditikungan plaza blok M setiap harinya sejak tahun 1980an. Gulai yang berisi kombinasi daging, tetelan atau lemak serta jeroa-jeroan sapi ini, dimasak dalam kuah santan gulai kuning yang menggugah selera makan. Ketika kuali besar berisi gulai sapi dibuka, wangi gurihnya gulai langsung tercium dihidung anda. Dengan harga tujuh ribu rupiah anda akan menikmati gultik dengan nasi dipiring tanggung dengan ditaburi bawang goreng, yang kemudian disiram gulai sapi diatas nasi. Dan menambahkan sambal sesuai selera, jangan lupa krupuk akan melengkapi selera makan anda.

Sayur Daun Ubi Tumbuk

Sayur Daun Ubi Tumbuk Lezat dan Gurih

Hidangan santan berikutnya adalah sayur daun ubi tumbuk. Sayur berkuah santan nan lezat ini, banyak kita temui dikawasan Sumatera khususnya Kepulauan Samosir. Sayur daun ubi tumbuk ini sebenarnya adalah daun singkong yang dimasak denga santan. Bedanya dengan sayur yang lain, sayur khas batak ini daunnya ditumbuk, dipadu dengan buah kecombrang dan santan. Makanan khas Sumatera Utara ini, menjadi favorit orang batak. Selain rasanya yang gurih, rasa yang agak sedikit pahit yang menambah kesegaran sayur ini.

Baca juga:

Daun singkong ditumbuk tidak terlalu halus terlebih dahulu, dan tambahkan garam secukupnya. Jangan lupa untuk memasak santan sampai mendidih sebagai ciri khas sayur ini. Masukan bumbu yang telah dihaluskan yaitu, lengkuas, daun salam, dan serai serta udang kering atau ebi. Setelah mendidih masukan daun singkong yang telah ditumbuk tadi. Masak sekitar 15 menit lalu angkat, dan sayur daun ubi tumbuk siap disajikan. Silahkan mencoba!!!.


Kata Kunci Halaman Ini:

kuliner indonesia yang bersantan