Inilah 4 Faktor Penyebab Gagal Diet pada Wanita

Posted on

ArenaWanita.com – Kadang kaum wanita salah mengartikan kata “diet” sehingga sering mengalami kegagalan waktu menjalankannya. Minimnya sosialisasi tentang diet membuat masyarakat awam masih sering salah dalam menerapkan pola diet yang benar. Sebenarnya, diet tidak harus mati-matian menahan lapar untuk mendapatkan bentuk tubuh proporsional dengan berat ideal.

Diet dengan menahan lapar terus menerus justru bisa berakibat fatal. Selain program diet menjadi berantakan, menahan lapar secara berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan yang memicu munculnya penyakit. Jika ingin berhasil menjalankan program diet, tentu harus diketahui apa saja faktor penyebab  gagal diet. Mau tahu? Ini dia penyebabnya:

Inilah 4 Faktor Penyebab Gagal Diet pada Wanita

Menahan lapar

Program diet konvensional yang cenderung ekstrim sekarang sudah tidak jamannya lagi. Realitanya, tanpa pasokan nutrisi yang cukup, tubuh tidak memiliki jumlah energi yang stabil sehingga metabolisme tubuh akan berkurang. Pola diet seperti ini biasanya dibarengi dengan pembakaran lemak yang intensitasnya cenderung melambat. Hal tersebut mengakibatkan lemak tidak terbakar dengan maksimal sehingga tubuh tetap gemuk.

Cara diet yang benar seharusnya menerapkan pola makan lebih sering. Mengapa demikian? Karena wanita yang sedang melakukan program diet, seharusnya makan 3 – 6 kali dalam sehari (3 kali wajib + 3 kali selingan) namun tentunya harus mengkonsumsi menu rendah karbohidrat tapi tinggi protein. Makan lebih sering dengan skala kecil dapat mencegah lapar berlebihan dan terhindar dari resiko makan dengan porsi besar.


Tidak sarapan

Ketika diet, pada pagi hari tubuh memerlukan asupan makanan. Nutrisi dari menu sarapan sangat penting sebagai sumber energi setelah tubuh semalaman berpuasa. Jadi sarapan merupakan aktivitas yang wajib dilakukan untuk tetap bugar sepanjang hari meskipun sedang diet.

Ketika seseorang memutuskan untuk tidak sarapan, gula otot pada tubuh (glikogen) akan mengalami proses pemecahan untuk dipaksa menjadi sumber energi. Kondisi ini biasa disebut efek katabolik. Akibat dari efek katabolik tersebut, tubuh mudah lemas, kepala pusing dan tidak bisa berkonsentrasi.

Tidak makan malam

Waktu mau tidur, tubuh masih membutuhkan asupan makanan. Namun lagi-lagi bukan asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, tapi lebih pada makanan yang kaya protein. Zat protein tersebut akan mendorong hormon bekerja lebih maksimal untuk memperbaiki serta meregenerasi sel-sel dalam tubuh yang rusak. Meskipun sedang diet sebaiknya mengkonsumsi menu dengan protein tinggi 3 jam menjelang tidur. Atau jika terpaksa harus mengkonsumsi menu tinggi karbohidrat, sebaiknya dikonsumsi 4 jam menjelang tidur.

Faktor Penyebab Gagal Diet pada Wanita

Tidak olahraga

Olahraga dan diet merupakan paket komplit yang saling bergantung satu sama lain. Diet ketat sekalipun, hasilnya pasti tidak maksimal jika tidak diikuti olahraga secara teratur. Olahraga adalah aktivitas untuk memacu metabolisme dan mendorong pelunturan lemak. Dengan olahraga, lemak jahat dalam tubuh akan terbuang sehingga berat badan ideal bisa dicapai dengan cepat.

Apabila melakukan diet tapi tidak berolahraga, maka kalori dalam tubuh yang tidak terpakai akan tetap tersimpan. Akibatnya, kalori-kalori yang tidak terpakai tersebut akan berubah menjadi lemak sehingga tetap jauh dari bentuk bentuk ideal.

Baca juga:

Diatas tadi adalah tulisan mengenai Inilah 4 Faktor Penyebab Gagal Diet pada Wanita. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan AW’ers.