Inilah 4 Jenis Kerupuk Khas Indonesia Yang Banyak Dicari

Posted on

ArenaWanita.com4 Jenis Kerupuk Khas Indonesia – Kekayaan kuliner di Indonesia tidak di ragukan lagi. Tidak hanya kuliner yang harganya mahal, kuliner dengan harga murah pun turut menambah keberagaman citarasa kuliner kita.

Meskipun berharga miring, soal rasa jangan ditanya, yang pasti akan ketagihan. Nah, kerupuk adalah salah satu kuliner yang murah meriah, tapi memilki rasa yang gurih dan lezat.

Ada orang beranggapan, tak lengkap rasanya jika makan tak di temani kerupuk. Kerupuk yang renyah akan menambah kenikmatan tersendiri saat menyantap hidangan, dan ternyata di Indonesia ada beragam kerupuk, mulai dari bahan pembuatannya, rasa, hingga bentuk kerupuk yang unik. berikut ini ulasan kami tentang beberapa jenis kerupuk yang menjadi ciri khas Indonesia.

Anda pasti sudah mengenal kerupuk yang satu ini, walaupun namanya melarat tapi kerupuk ini sangat populer di masyarakat kita, terutama bagi masyarakat di pulau jawa. Kerupuk yang berasal dari wilayah Cirebon Jawa Barat ini sangat mudah di jumpai di warung kecil, toko makanan, hingga pasar swalayan dengan harga yang sangat murah.


Ada juga yang menyebut kerupuk yang satu ini dengan nama mares, yakni singkatan dari lemah yang artinya tanah dan ngeres yang artinya berkerikil sebesar pasir. Sedangkan di tanjung Brebes Jawa Tengah kerupuk ini dikenal dengan nama kerupuk diesel. Konon dinamakan diesel karena pembuatannya di goreng menggunakan pasir sembari di eusel-eusel.

Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat Oleh-Oleh Khas Cirebon

Kerupuk melarat biasannya di jadikan pelengkap pecel, atau bisa juga bisa di cemil dengan sambal. Kerupuk yang terbuat dari adonan tepung tapioka bercampur garam ini cara memasaknya cukup unik, kerupuk yang telah kering tak digoreng dengan minyak, tetapi menggunakan pasir. Pasir yang digunakan untuk menggoreng sudah melewati proses penyaringan dan pencucian sampai bersih.

Eitss,, jangan salah yahh!! Menggoreng menggunakan pasir untuk membuat kerupuk terasa lebih gurih, selain itu kerupuk melarat ini dijamin bebas kolestrol loh. Keunggulan lainnya kerupuk bisa bertahan lebih lama hingga 2 minggu dan tidak layu atau melempem. Sedangkan kerupuk lain yang digoreng menggunakan minyak sawit, maksimal hanya tahan seminggu. Walaupun harganya lebih murah daripada kerupuk lainnya, tapi soal rasa dijamin gak kalah lezat dehh!!

Kerupuk Jengkol

Kita beralih ke daerah lainnya, kalau anda suka makan jengkol biasannya anda juga suka dengan kerupuk yang satu ini. Sesuai namanya kerupuk jengkol terbuat dari jengkol. Ditambah tepung tapioka, garam, dan bumbu penyedap. Yang pasti anda tidak akan kehilangan rasa dan aroma jengkolnya.

Kalau anda bukan penyuka jengkol, jangan langsung menolak kerupuk ini, karena banyak orang yang tidak menyukai jengkol, tapi justru gemar menyantap si kerupuk jengkol ini loh!!. Bahkan ada yang sampai ketagihan, ini karena rasa dan keriuknya yang memang enak. Proses pembuatan kerupuk jengkol juga cukup sederhana dan mudah.

Kerupuk Jengkol Renyah dan Gurih

Jengkol yang sudah di rebus ditumbuk hingga halus, lalu di campur dengan bumbu-bumbu, seperti bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Kemudia adonan di bentuk memanjang dan di kukus. Setelah adonan matang dan dingin tinggal di iris tipis dan di jemur. Kalau sudah kering kerupuk jengkol siap di goreng dan di santap deh. Sayangnya kini kerupuk jengkol termasuk makan yang agak sulit di temukan, tapi anda masih bisa mejumpainya di rumah makan dan pasar tradisional.

Terutama di wilayah pulau Jawa, akan terkenal juga di kota Pekanbaru. Biasanya sebungkus kerupuk jengkol di jual sekitar seribu sampai dua ribu rupiah perbungkus nya. Tenang saja kerupuk yang bentuknya bulat pipih berwarna kecokelatan ini tidak lagi memiliki aroma jengkol yang menyengat kok. Jadi selamat mencoba yaa!!!.

Kerupuk Rambak

Selanjutnya ada kerupuk yang biasanya terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kerupuk yang berasal dari wilayah Brebes Jawa Tengah ini di sebut juga kerupuk rambak. Kerupuk ini sudah merambah pasar ekspor loh,, yakni ke Malaysia dan Brunai Darrussalam. Proses pembuatannya cukup panjang, pertama kulit sapi atau kerbau di jemur sampai kering. Kemudian kulit di bakar hingga empuk kemudian di rendam. Selanjutnya kulit melewati proses rebusan yang bisa mencapai 9 jam, setelah itu kulit akan mekar, kemudian di tiriskan. Lalu kulit di iris kecil dan tipis juga di beri bumbu, lanjut proses penjemuran hingga satu minggu.

Kerupuk Rambak Renyah Garing dan Gurih

Nahh,, terakhir kerupuk rambak di goreng dengan suhu tertentu sampai mengembang. Proses penjemuran dan penggorengan inilah yang menetukan rasa gurih dan kerenyahan kerupuk. Walaupun telah menjadi kerupuk, tapi kandungan protein dari sapi atau kerbau masih tetap tinggi loh. Mungkin karena kandungan nya itu juga yang menyebabakan kerupuk yang satu ini agak mahal, yakni bisa mencapai 90 ribu rupiah perkilo gram nya. Kerupuk rambak ini cukup mudah dijumpai di rumah makan, toko makanan, dan pasar tradisional jika anda ingin membelinya.

Kerupuk Kemplang

Kerupuk Kemplang Renyah dan Gurih Oleh-Oleh Khas Palembang

Dari daerah Sumatera ada kerupuk kemplang. Kemplang adalah sejenis kerupuk ikan yang banyak dibuat di Palembang dan wilayah lain Sumatera Selatan. Tapi ada juga kerupuk kemplang dari wilayah Lampung dan Bangka Belitung. Cara pembuatan kerupuk kemplang cukup sederhana, daging ikan di giling di campur dengan tepung tapioka, sedikit air dan bumbu. Seluruh bahan di aduk sampai rata dan kalis, adonan yang di haluskan lalu di cetak, di kukus, di jemur , kemudian di panggang atau di goreng untuk di konnsumsi.

Baca juga:

Ikan yang digunakan untuk membuat kerupuk kemplang biasanya ikan tenggiri, ikan blida ataupun ikan gabus. Kerupuk ini biasa di santap dengan sambal yang kkhusus di buat untuk kerupuk kemplang. Harga kerupuk ini tergantung jenis ikan apa yang menjadi bahan utamanya. paling mahal adalah kerupuk kemplang dari ikan blida. Untuk rasa jangan di ragukan lagi, dijamin anda bakal ketagihan. Jadi selamat mencoba!!!.


Kata Kunci Halaman Ini:

jenis kerupuk, macam macam kerupuk, kerupuk mahal, macam nama krupuk di jawa, jenis jenis kerupuk, macam kerupuk, kerupuk yang paling diminati, macam krupuk, jenis jenis krupuk, kerupuk terlaris