Inilah 5 Bahan Alami Untuk Mengobati Batuk Anda

Posted on

ArenaWanita.com – Tak enak rasanya bila batuk menyerang. Bukan penderita saja yang tersiksa, orang yang berdekatan akan terganggu. Untuk mengatasinya, biasanya cukup dengan minum obat batuk yang dijual bebas di apotik atau toko obat. Bahkan, keputusan minum obat itu tanpa diikuti tidakan penunjang yang membantu kerja obat. Seperti menghindari iklim dingin, angin berlebihan, dan istirahat.

Ketika sudah parah, barulah pergi ke dokter dan melakukan foto toraks. Hasilnya tentu mengecewakan, karena infeksi sudah masuk ke bagian saluran pernapasan yang lebih dalam, seperti misalnya bronkus. Untuk mengobatinya, AW’ers dapat memakai bahan alami yang biasanya kita temukan di dapur. Apa saja itu ? Simak dalam tulisan “Inilah 5 Bahan Alami Untuk Mengobati Batuk Anda” dibawah ini.

Bawang Putih

Batuk biasanya menyerang saat pergantian cuaca dan penyebabnya karena daya tahan tubuh yang melemah walaupun hanya sesaat saja. Oleh sebab itu, tidakan mempertahankan daya tahan tubuh tidak boleh ada jeda dan harus bersifat teratur.

Untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami, cukup mengonsumsi bawang putih mentah. Kebiasaan makan bawang putih mentah itu sebenarnya sudah berlangsung secara turun menurun dan tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Tapi karena banyaknya obat dan suplemen, cara ini menjadi terlupakan.

Hasil penelitian menyebutkan, cukup konsumsi satu suing bawang putih dalam sehari. Tubuh akan siap menghadapi berbagai cuaca. Selain untuk mengobati batuk, bawang putih juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Penasaran seperti apa caranya ?

Madu dan Lemon

Kalau pun pertahanan jebol, langkah paling awal  yang cukup ampuh dan aman adalah dengan memanfaatkan madu. Madu yang bermutu baik sudah digunakan sejak lama untuk melapisi tenggorokan sehingga membantu meredakan iritasi jaringan pada saluran pernapasan.

Kombinasi madu dan jus lemon akan menambah khasiat sebagai pencegah gangguan batuk dan infeksi lain pada saluran pernapasan. Lemon mengandung senyawa yang bekerja menurunkan peradangan dan menyediakan vitamin C yang bisa mencegah infeksi.

Cara membuatnya: Campur 2 sendok makan jus lemon dengan satu sendok makan madu. Aduk, lalu hangatkan. Minum paling sedikit satu sendok makan tiga kali sehari.

Bawang Merah

Apabila batuk disertai dengan dahak, gunakan bawang merah untuk mengatasinya. Bawang merah mengandung senyawa yang dapat merangsang reflex batuk yang diperlukan untuk membawa keluar dahak.

Cara membuatnya: Ambil enam butir bawang merah berukuran sedang, cuci bersih dan iris hingga halus. Campurkan dengan setengah cangkir madu berkualitas baik dan masukkan ke dalam panci infuse (panci bersusun dua) atau dalam panci kecil yang diletakkan di dalam panci besar berisi air.

Tutup panci dan panaskan dengan api kecil selama 2 jam. Saring dan simpanlah dalam wadah tertutup rapat yang bersih. Pemakaiannya cukup satu sendok makan setiap 3 jam.

Inilah 5 Bahan Alami Untuk Mengobati Batuk Anda - arenawanita

Cengkeh dan Merica Hitam

Cengkeh dan merica hitam mengandung minyak atsiri yang bersifat menghangatkan dan mempunyai khasiat anti kuman. Ke dua bahan ala mini memang terpilih untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan, namun sudah tidak banyak diingat orang lagi.

Untuk meredakan peredangan pada saluran pernapasan yang mengiringi batuk, cobalah membuat sirup dari 5-6 butir cengkeh yang dicampur satu cangkir penuh madu berkualitas baik. Biarkan semalam dalam kulkas, dan pisahkan cengkeh dari campuran keesokan harinya.

Minum satu sendok teh atau satu sendok makan madu sesuai dengan kebutuhan. Campuran ke dua bahan itu bisa meredakan rasa sakit dan peradangan jaringan pada tenggorokan.

Jintem Hitam

Pencegahan dan pengobatan batuk juga bisa memanfaatkan biji jinten hitam. Jinten hitam juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.

Cara membuatnya: Ambil 3-5 biji merica hitam, sejumput biji jinten hitam yang direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Lanjutkan pemanasan dengan api kecil selama 10 menit. Saring, biarkan sampai hangat dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah 200 ml tiga kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara kerja menyembuhkan batuk dengan jinten hitam, jinten obat batuk