Inilah Beberapa Tips Membeli Rumah Bekas

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Membeli Rumah Bekas – Artikel kami kali ini akan membahas tentang apa saja tips membeli rumah bekas. Apakah anda sudah mengetahui tipsnya? Membeli rumah bekas merupakan hal yang gampang – gampang susah.

Gampangnya karena lebih mudah dalam mengetahui bagaimana perkembangan daerah di sekitarnya. Namun terasa sulit juga karena Anda tidak mempunyai banyak pilihan baik dalam jumlah unit ataupun model rumah. Ada beberapa kegiatan ekstra yang harus anda lakukan pasca pembelian rumah bekas.

Dalam membeli rumah bekas ibarat seseorang mencari pasangan hidup. Membutuhkan waktu cukup lama serta ketelitian ekstra kesabaran, namun sering kali juga nampak mudah. Berikut tips dalam membeli rumah bekas, yang pertama yaitu berapa anggaran yang harus anda siapkan?

Anda harus menghitung, bagaimana kondisi keuangan yang anda miliki dan kalkulasi lah secara finansial. Tambahkan juga dalam anggaran, minimal terdapat 10% untuk merenovasi rumah, pindahan, biaya transaksi, dan lain sebagainya.

Yang ke dua yaitu dokumen rumah. Jika anda berencana menggunakan KPR dari perbankan, maka rumah yang di inginkan harus rumah yang memiliki SHM atau Sertifikat Hak Milik, memiliki Ijin Mendirikan Bangunan dan mempunyai nilai jual. Tips membeli rumah bekas yang ke tiga yaitu, buat list keinginan atas rumah, contohnya rumah seperti apa yang di inginkan, kemudian lokasinya, modelnya dan lain sebagainya. Kemudian mulai lah mencari alternatif rumah yang nyaris mendekati list keinginan rumah anda tersebut.

Tips Membeli Rumah

Buat juga sebuah daftar rumah bekas yang menarik anda lantas, kemudian tindak lanjuti, tanyak harga, fasilitas dan spesifikasi. Tips yang ke empat yaitu, luangkan waktu seminggu untuk mematangkan pilihan. Luangkan waktu minimal seminggu untuk lebih memantapkan diri, sebelum anda memulai untuk mengajukan penawaran, karena ada pemilik rumah yang begitu anda mengajukan penawaran langsung setuju.

Tips Membeli Rumah Bekas

Tips yang ke lima yaitu, pastikan harga rumah. Jika harga yang di berikan oleh pemilik rumah sudah sesuai daya beli anda dan anda pun telah jatuh cinta terhadap rumah tersebut maka anda tidak perlu merasa harga rumah tersebut terlalu mahal, karena yang perlu di pertimbangkan itu sisi investasinya. Jadi jika suatu saat anda menjual rumah tersebut, returnnya sangat kecil. Kemudian tips yang ke enam yaitu, pilih motaris terpercaya.

Baca juga:

Dalam transaksi membeli rumah secara tunai, maka notasi akan di pilih dan di bayar oleh pembeli. Oleh sebab itu anda butuh referensi dari saudara atau relasi anda. Dan tips yang terakhir yaitu pilih lah agen terpercaya dalam membantu kelancaran transaksi. Jika mendapatkan rumah melalui agen properti, maka itu bagus. Namun jika anda melakukan hubungan langsung dengan pemilik rumah, tidak ada salahnya juga anda menggunakan agen properti. Itu lah beberapa tips membeli rumah bekas yang dapat kami sampaikan.

Baca Juga: