Jaga Kesehatan Dengan Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan Yang Mengandung Karbohidrat – Karbohidrat merupakan sumber tenaga dalam tubuh. Tanpa karbohidrat, aktivitas sehari-hari bisa tertunda lantaran rasa lemas yang menyerang. Anda harus memulai hari dengan karbohidrat yang cukup karena tubuh telah berpuasa selama anda tidur dan baru bisa menyantap makanan normal pada jam makan siang. Untuk kebutuhan itu, diciptakanlah sarapan.

Namun sayangnya, banyak orang yang masih meremehkan sarapan dan cenderung melewatkan aktivitas pagi penting satu ini. Anda tidak perlu makan nasi di pagi hari jika memang kesulitan menelan makanan berat. Masih banyak makanan yang mengandung karbohidrat lain pengganti nasi dan bisa anda jadikan sebagai pengganti sarapan.

Hampir semua orang tahu bahwa roti juga menjadi sumber karbohidrat yang baik. Tidak seperti nasi, roti bertekstur lebih ringan dan berserat. Makanan yang mengandung karbohidrat satu ini sangat cocok anda konsumsi jika memang anda memiliki riwayat susah menelan nasi di pagi hari.

Untuk menemani roti, anda bisa menggoreng telur mata sapi ditambah dengan saus tomat dan mentimun. Sedangkan minumannya bisa berupa susu atau teh hangat. Jika anda tidak suka minuman hangat dipagi hari, air putih bisa menjadi alternatif lain karena merupakan minuman paling sehat dan dapat menetralkan racun.

Setelah sarapan baik dengan roti atau nasi, jangan pernah melewatkan makan siang. Pada makan siang, anda harus yakin tubuh anda mendapat asupan karbohidrat cukup karena baru bisa makan lagi ketika makan malam. Kentang, ubi, ketela, jagung, merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa anda jadikan sebagai variasi. Jika bosan dengan nasi sayur, cobalah mengkonsumsi kentang tumbuk ditemani dengan steak.

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Variasi jagung seperti jagung manis atau jagung bakar juga cukup menarik untuk menambah selera makan. Yang terpenting, anda harus ingat bahwa badan anda membutuhkan banyak karbohidrat untuk menjalankan aktivitas. Tidak hanya lelah fisik, setelah sekolah bekerja, otak juga merasakan lelah yang sama beratnya.

Yang terakhir untuk makan malam, disarankan anda tidak begitu banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal tersebut adalah karena alasan medis. Karbohidrat yang dkonsumsi pada malam hari hanya dijadikan cadangan tenaga yang akhirnya tidak terpakai karena anda akan pergi tidur. Namun, jangan salah mengartikan bahwa pada malam hari anda tidak boleh mengkonsumsi makanan berkarbohidrat. Tentunya, hukum mengkonsumsi makanan berkarbohidrat adalah sama, hanya saja porsinya dikurangi.

Baca juga:

Memakan ubi sebaga cemilan juga tidak ada salahnya karena selain ubi kaya akan karbohidrat, ubi juga kaya akan serat sehingga nutrisi yang masuh bisa seimbang. Karena sekarang anda sudah tahu pentingnya makan makanan berkarbohidrat, jangan sekali-kali melewatkan sarapan lagi karena akibatnya yang tidak baik untuk tubuh. Selain itu, anda juga harus mengusahakan untuk tidak kehilangan selera makan. Aktivitas yang anda lakukan tidak akan berjalan lancar tanpa asupan karbohidrat yang cukup.

Kata Kunci Halaman Ini:

cemilan sehat ibu hamil, gambar makanan yang mengandung karbohidrat

Baca Juga: