Jajanan Khas Kota Bogor Ini Bisa Membuat Perut AW’ers Kenyang

Posted on

ArenaWanita.com – Belum puas menikmati jajanan-jajanan yang lain dan lezat? bawa lagi kaki anda menjelajahi sudut-sudut kota Bogor. Karena disini ada banyak tempat yang menawarkan jajanan kaki lima dengan rasa ala bintang lima. Hmmm, jangan salahkan diri anda jika terlena akan lezatnya makanan-makanan ini.

Bukan cuma Semarang yang terkenal dengan lumpianya, Bogor pun punya lumpia khas yang tidak kalah nikmat. Jajanan kaki lima ini sangat populer dikota hujan, sehingga cukup mudah menemui penjualnya dibanyak tempat. Salah satunya dijalan Surya Kencana.

Lumpia Bogor punya ciri khas yang membedakannya dengan lumpia dari daerah lain. Selain disajikan basah tanpa digoreng, isiannya juga menggunakan bengkoang. Alih-alih rebung seperti yang dipakai dalam lumpia Semarang.

Dalam gerobak sederhana, penjual lumpia basah masih menggunakan alat masak tradisional berupa tungku berbahan bakar arang. Cara ini diyakini membuat lumpia terasa lebih lezat. Setelah cukup panas mulailah isian lumpia dimasak dalam wajan kecil, selama memasak secara continue penjual mengipas arang agar panasnya stabil. Karenanya lumpia tidak bisa sekaligus dimasak dalam porsi besar, jadi bersiaplah antri jika pembeli sedang banyak.

Lumpia Basah

Dimulai dari mengorak-arik telur, bumbu yang terdiri dari garam, merica dan bubuk ebi pun ditambahkan. Setelah itu barulah bengkoang dan tahu cincang dimasukan, sambal ditambahkan sesuai selera pembeli. Semuanya lalu diaduk rata dan dimasak sampai matang. Isian lumpia kemudian dituang keatas kulit lumpia buatan sendiri, kulit dilipat membentuk bantal kecil lalu dibungkus dengan daun pisang.

Lumpia Basah

Lumpia basah seharga 12 ribu perbuah ini pun bisa langsung dimakan. Menurut penjualnya resep lumpia basah kha Bogor sudah ada sejak tahun 40 an. Soal rasa jangan ditanya lagi, rasanya sangat gurih. Diantara setiap gigitan anda bisa merasakan tekstur bengkoang yang masih agak renyah. Satu kata yang pasti, lumpia ini enak sekali. Kalau tidak mencoba anda sendiri yang rugi.

Bakso Setan

Kalau bicara jajanan kaki lima, nama bakso tidak akan bisa disingkirkan dari daftar. Begitu populernya makanan ini hingga berbagai variasi diciptakan untuk memikat pembeli, dan keunikan bakso-bakso ini bisa jadi tidak akan anda temukan didaerah lain. Bakso setan, hati-hati saat mengucapkannya ya? jangan sampai ada yang tersinggung saat mendengarnya.

Tapi nama makanan ini memang sedang populer dikawasan Cisarua Bogor tepatnya dijalan raya Puncak Tugiu Selatan. Begitu datang kewarungnya anda pasti langsung paham, megapa bakso ini dinamakan demikian. Ukuran bakso yang jauh dari rata-rata langsung saja menyita perhatian. Bagaimana tidak satu butir bakso ini bisa memenuhi mangkok diseluruh permukaan, beratnya saja hampir 1kg.

Bakso Setan

Bakso ini disajikan dengan cara dipotong seperti melon, begitu terbelah anda bisa melihat daging cincang berbumbu didalamnya. Kuah kaldu dengan taburan bawang dan seledri lantas disajikan terpisah. Rasa bakso setan sebenarnya jauh berbeda dengan bakso lainnya, tapi isian daging cincang didalamnya membuat bakso ini terasa lebih nendang dengan porsi luar biasa. Pecinta bakso tentu tidak keberatan membayar 50 ribu rupiah untuk satu porsinya bukan.

Bakso Gulung Bragi

Lain bakso setan lain jyga bakso gulung. Warung bakso ini bisa ditemukan dijalan Palayuraya Bantarjati Bogor. Masyarakat setempat mengenal kuliner ini dengan nama bakso gulung bragi. Diawali dari ide untuk membuat tampilan bakso yang berbeda dari biasa, bakso gulung pun semakin dikenal tidak hanya karena bentuknya tetapi juga karena rasanya yang nikmat gurih. Bakso gulung sejatinya adalah adonan bakso yang dibentuk memanjang dan digulung dengan kulit kembang tahu. Sebelum disajikan bakso gulung akan dipotong-potong agar mudah dimakan. Dalam satu porsi bakso gulung biasa ditemani bakso bulat, mie dan bihun serta kuah panas gurih.

Bakso Gulung Bragi

Harga satu porsi bakso gulung bragi dibandrol 10 ribu sampai 18 ribu rupiah saja. Cukup murah untuk sajian bakso lezat yang pasti memuaskan kesukaan anda terhadap makanan yang berkuah ini. warungnya tidak terlalu besar, tetapi pembelinya diakui sudah datang dari berbagai kota. Kalau anda penasaran dengan rasanya, langsung saja datang dan nikmati semangkuk bakso gulung bragi dijamin pasti ketagihan.

Bir Kocok

Kenyang dengan aneka jenis jajanan. kenapa tidak menyegarkan diri anda dengan minuman tradisional yang terkenal? Segelas bir kocok tentu mampu mendinginkan badan, tapi jangan keburu berpikir negatif ya. karena meskipun bernama bir, minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Grobak kecil dengan botol-botol berisi cairan coklat tampa diantara lalu lalang pejalan dijalan Surya Kencana Bogor. Tidak salah disinilah bir kocok yang melegenda bisa anda coba. Sebagai minuman tradisional bir kocok pernah ada sejak tahun 60 an. Minuman ini merupakan warisan tradisi dari Jawa Barat yang diciptakan untuk minuman kesehatan. Kandungan dalam bir kocok dipercaya berkhasiat untuk menghilangkan lelah.

Bir Kocok

Bahan-bahan untuk membuat minuman ini terdiri dari gula pasir, gula aren, jahe merah, pandan serta bubuk kayu manis dan cengkeh. Pembuatan diawali dengan merebus air. Sambil menunggu mendidih, haluskan jahe merah dengan cara diblender. Dengan begini sari jahe bisa dikeluarkan dengan maksimal. Kemudian secara bertahap masukan jahe halus, bubuk kayu manis dan cengkeh, gula aren, gula pasir serta pandan kedalam rebusan air.

Masak semua bahan sambil diaduk-aduk sampai rata. Kini bir kocok tinggal disaring dan dimasukan kedalam botol. Setelah dingin bir kocok bisa langsung dinikmati, dan inilah yang membuat ini disebut bir kocok. Sebelum disajikan rebusan rempah-rempah ini akan dikocok bersama es batu, kocokan ini memunculkan busa saat minuman dituang. Dilihat sekilas minuman ini nampak sangat mirip dengan bir, namun saat diminum rasa menyegarkanlah yang akan anda rasakan.

Baca juga:

Manis dan dinginnya bir kocok langsung menyerbu dimulut. Lalu perlahan rasa dingin berganti hangat saat minuman mengalir ke tenggorokan. Setelah beberapa tegukan tertinggal adalah rasa segar yang mengusir haus dan panas. Segarnya bir kocok bisa dinikmati dengan harga 4 ribu rupiah pergelas. Harga yang murah untuk sensai rasa yang meriah jangan sampai tidak mencoba ya?

Kata Kunci Halaman Ini:

cara membuat jajanan yg bikin perut kenyang, bakso gulung bogor, foto bakso setan, jajanan bogor, jajanan dikota bogor, resep bakso gulung bragi

Baca Juga: