Jelajah Kuliner Hidangan Seafood di Jakarta

Posted on

ArenaWanita.com – Laut adalah sumber kehidupan, sumber melimpahnya ragam jenis hewan laut. Aneka olahan laut itulah yang mampu suguhkan hidangan istimewa penerbit air liur. Disinilah perdaran hasil laut bermuara, pasar ikan Muara Angke, Jakarta Utara menjadi salah satu tempat berlabuhnya aneka jenis makanan laut. Aktivitas jual beli ikan dipasar ini terjadi sepanjang hari.

Pasokan ikan dari berbagai daerah tak pernah henti membanjiri kawasan ini. Kesibukan dimulai saat hari masih gelap, para agen ikan mempersiapkan dagangannya untuk dijajakan ke para tengkulak yang datang. Lokasinya yang tak jauh dari pelabuhan Muara Angke memungkinkan tempat ini sebagai lalu lintas perdagangan ikan terbesar di Jakarta.

Mau cari beragam ikan laut segar semua ada disini. Ikan laut yang kondang hasil perairan Indonesia antara lain kakap Merah, Dorang, Kakap Putih, Tongkol, Tenggiri dan masih banyak lagi. Selain segar tak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam, karena harga ikan disini dijamin lebih murah dibanding harga pasar.

Sebagai pusat transaksi ikan dari tangan pertama setelah dari nelayan dan pemilik tambak. Pasar ini surganya hewan laut, jangan lupa menawar untuk mendapatkan harga terbaik Rp 20.000,- ribu hingga Rp. 55.000,- / kilogram. Sebagai negeri maritim Indonesia selalu masuk dalam 10 besar penghasil ikan terbesar didunia, di tahun 2009 tercatat produksi ikan Indonesia sebesar 10,65 juta ton dan mayoritas di ekspor ke Amerika, Jepang, Eropa dan negara lain.

Aneka hasil laut seperti cumi-cumi dengan berbagai kualitas juga bisa menjadi pilihan, dibandrol dengan harga Rp 40.000,- hingga Rp 50.000,- tergantung dari ukuran dan kesegarannya. Cumi-cumi siap diolah dengan berbagai bumbu.

Ikan Laut Bakar

Sudah puas berbelanja ikan dan cumi dengan ramah harga dikantong? Saatnya mencari tempat mebolah hasil buruan. Tak perlu jauh-jauh keluar dari lokasi pasar, jejeran warung disisi lain pasar sediakan jasa mengolah aneka hidangan laut. Dimasak langsung ditempatnya, 28 warung ini sediakan menu makanan laut yang siap menggoyang lidah. Mau beli ikan sendiri atau titip dengan pemilik warung, silahkan pilih. Satu orang pengunjung dikenakan harga 10 ribu rupiah untuk nasi sambel dan lalabannya. Sedangakan jasa untuk memasak ikannya bervariasi, ikan bakar tak dikenakan biaya.

Sedangkan untuk olahan lainnya rata-rata dibandrol Rp 25.000,- / kilogram. Inilah rupa hasil buruan tadi. Ikan dan cumi telah menjadi makanan siap santap, jawaranya Ikan Bakar dan Cumi Goreng Tepung. Ikan kakap merah yang banyak ditemui diperairan ini tadi sudah dibakar dengan menggunakan berbagai bumbu rempah. Rasanya yang gurih cocok untuk menu makan siang hari ini. Anda yang punya alergi dengan ikan tak perlu khawatir, karena ikan yang segar akan membuat anda bebas dari alergi.

Tempat ini tak pernah sepi pengunjung, buka sepanjang hari buka jam 9 pagi hingga jam 2 dini hari. Beragam alasan membuat pengunjung memilih bersantap ditemepat ini. Menikmati hidangan laut lokal dekat dengan sumbernya, memang menjadi daya tarik warung-warung disekitar Muara Angke jaminannya segar dan murah. Tapi, tempat yang menyajikan hidangan laut impor ini juga tak kalah pamornya.

Restoran yang mengusung konsep tempat makan ala pasar ikan Lusiana Amerika ini kondang akan pilihan aneka hasil laut impor. Kualitas yang ditawarkan pun serba nomor wahid, dan satu lagi yang berbeda cara makannya yang santai tanpa piring menjadi jurus andalan untuk memikat pengunjung. Menu andalannya adalah Kepiting, tak tanggung-tanggung kepiting jenis janges harus didatangkan dari Washington Amerika Serikat.

Di Indonesia hanya restoran inilah yang menawarkan kepiting bercitarasa manis, gurih dan legit ini. Satu lagi jagoannya adalah King Crab Legs, kaki raja kepiting ini didatangkan langsung dari Alaska. Kepiting super besar tersaji dimeja, lengkap dengan guyuran saus spesial. Yang jelas satu porsi kepiting ini lebih dari cukup untuk memanjakan lidah penggemar kepiting. Satu bagian kaki kepiting raja Alaska panjangnya hampir seukuran tangan dewasa, dengan berat lebih dari setengah kg hanya untuk satu kaki.

King Crab Legs, kaki raja kepiting

Cangkangnya cenderung lunak dan terisi penuh oleh daging kepiting lezat. Sebelum makan wajib untuk kenakan celemek sekali pakai. Tentu saja tumpukan hidangan laut andalan yang tersaji dimeja tak akan habis dimakan sendiri. Menikmati makanan diteempat ini memang paling cocok ramai-ramai. Panduan makan kepiting dan cara menggunakan alat bantunya sudah tertera didinding.

Walaupun didatangakan dari luar negri, dari lama pengiriman antara 2 hingga 4 minggu kepiting disini dijamin masih segar. Tehnik khusus digunakan saat pengiriman dari negara asalnya. Daging kepiting dikukus setengah matang, lalu dibekukan sebelum dikemas untuk dikirim ke Indonesia. Hasilnya, kondisi dan suhu yang sama seperti saat kepiting baru ditangkap oleh nelayan. Cangkang yang lunak daging tebal dengan rasa gurih dan manis, menjadi identitas yang tak bisa dilepaskan dari kepiting disini.

Baca juga:

Untuk menikmati aneka hidangan laut impor ini siapkan dana 120 ribu rupiah perseratus gram untuk king crab legs. Sedangkan danges crab dihargai Rp 88.000,- / 100 gram. Selain kepiting, Lobster Kanada, Lobster tawar, Udang dan Kerang bisa menjadi pilihan. Buka dari jam 5 sore hingga jam 10 malam, restoran di Bilangan Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini siap memberi sensasi makan hidangan laut impor yang tak terlupakan.

Kata Kunci Halaman Ini:

bakar ikan laut, gambar bakar ikan di halaman, Gambar Ikan Siap Hidang, harga kepiting di pasar muara angke, ikan laut bakar, makaroni kondang jakarta selatan

Baca Juga:

loading...