Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin C di Sekitar Kita

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan Yang Mengandung Vitamin C – Jika kita mendengar istilah vitamin pasti yang terbayang di pikiran adalah buah dan sayur. Ya, hal tersebut memang benar karena pada dasarnya hampir semua buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa jenis vitamin yang umumnya mudah didapatkan dalam buah serta sayur adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K.


Tentu saja masing-masing vitamin tersebut memiliki peran yang berbeda bagi kesehatan tubuh. Namun, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai vitamin C dan juga mencari tahu manfaat apa yang dikandungnya.

Sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C yang mudah ditemui di sekitar kita tetapi terkadang kita tak menyadarinya.

Perlu kita ketahui bahwa vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting bagi pertumbuhan serta perkembangan fungsi organ tubuh manusia. Sebenarnya vitamin C ini tidak bisa disimpan oleh tubuh, sehingga perlu mengonsumsi vitamin tersebut setiap harinya. Jika mengonsumsi terlalu berlebihan maka akan larut bersama urin.

Vitamin C ini juga dikenal dengan istilah asam askorbat yang berfungsi untuk membantu produksi kolagen untuk pertumbuhan tulang, gigi, serta jaringan lain. Selain itu, vitamin C ini dapat melindungi tubuh dari infeksi dan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C setiap hari agar tubuh tak mudah sakit.

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Lalu apa sajakah makanan yang mengandung vitamin C itu? Beberapa makanan yang merupakan sumber vitamin C dan mudah ditemui di sekitar kita adalah sebagai berikut:

Cabai

Cabai yang paling banyak mengandung vitamin C adalah cabai hijau dan direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Cabai ini juga bermanfaat sebagai antioksidan dan juga mineral yang penting bagi kesehatan tubuh.

Bunga kol

BuJambu nga atau kembang kol ini mengandung banyak vitamin C serta serat makanan lainnya.

Brokoli

Brokoli ini baik dikonsumsi setiap hari dan dapat mencegah penyakit flu dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang cukup banyak.

jambu biji

Dalam satu buah jambu biji terkandung 229 mg vitamin C dan mengandung asam folat, mangan, dan serat.

Bayam

Sayur bayam memang sangat mudah ditemui yang di dalamnya ternyata mengandung vitamin C, karotenoid, dan juga fitokimia.

Kacang polong

Kacang yang berwarna hijau ini juga mengandung vitamin C dan juga zat besi yang dapat mengurangi risiko penyakit kanker dan kolesterol.

Kentang

Kentang merupakan bangsa umbi-umbian yang mengandung vitamin C, flavonoid, serat, dan karotenoid. Buah kentang juga merupakan sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi.

Lobak

Lobak ternyata juga mengandung vitamin C serta asam amino esensial dan dapat mempercepat masa penyembuhan tubuh saat terserang penyakit.


Kata Kunci Halaman Ini:

sayuran disekitar kita yang mengandung vitamin A, Terkadang kita tidak menyadari bahwa disekitar