Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Posted on

ArenaWanita.com | Kandungan Buah Naga – Siapa yang tidak mengenal buah naga? Buah yang satu ini namanya sudah mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Sebelumnya buah naga merupakan buah yang berasal dari Negara bagian Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko.

Namun seiring berjalannya waktu buah ini sudah mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk ke asia seperti Filipina, Malaysia, Taiwan, sampai ke Indonesia. Buah naga memiliki beberapa jenis yang dikategorikan dari warnanya.

Diantaranya seperti buah naga merah, buah naga putih, buah naga kuning, dan buah naga hitam. Buah ini memiliki marga Hylocereus dan Selenicereus. Warna dari buah ini cukup menarik perhatian, dengan warna merah yang mencolok dan juga warna hijau pada sisiknya yang membuatnya mneyerupai naga.

Sampai saat ini buah naga dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh dan kesehatan karena kandungan buah naga yang beragam.

Seperti buah pada umumnya, kandungan buah naga juga kaya akan vitamin. Vitamin yang terdapat di dalam buah naga antara lain :

  1. Vitamin B1. Vitamin B1 merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jus buah naga bisa anda manfaatkan sebagai menu sarapan pagi. Selain itu anda juga bisa memadukannya dengan roti gandum sehingga karbohidrat yang anda konsumsi akan bermanfaat sebagai energy untuk beraktivitas dalam sehari penuh.
  2. Vitamin B3. Vitamin B3 merupakan jenis vitamin yang sangat ampuh untuk dijadikan sebagai penurun kolesterol dalam tubuh. Jika anda memiliki kandungan kolesterol berlebih, anda bisa memanfaatkan buah naga untuk mengatasinya.
  3. Vitamin B12. Jenis vitamin ini sangat bermanfaat untuk tubuh untuk memperlancar pembentukan DNA dalam tubuh serta menjaga syaraf anda tetap sehat.

Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Selain mengandung berbagai macam vitamin, kandungan buah naga juga terdiri dari serat yang cukup banyak jumlahnya. Kandungan serat ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Serat dalam tubuh berfungsi sebagai melancarkan proses organ pencernaan. Dengan demikian bisa memberikan keuntungan untuk menurunkan berat badan, dan mencegah berbagai macam pernyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Tidak hanya serat saja, buah naga juga memiliki banyak kandungan mineral yang terdiri dari kalsium dan juga fosfor. Kandungan kalsium dan fosfor memang snagat bermanfaat untuk membentuk dan memperkuat tulang kita. Bagi anda yang sudah memasuki usia lanjut, hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Baca juga:

Selain vitamin, mineral, dan serat, ternyata ada kandungan buah naga yang lain. Yaitu protein. Kandungan protein biasanya banyak terdapat pada asupan daging, ayam, atau ikan, dan biji-bijian. Tapi ternyata buah naga juga memiliki kandungan protein yang cukup bagus untuk tubuh. Bagi anda yang sedang melakukan diet, anda bisa mengganti asupan protein hewani dengan mengonsumsi buah naga.

Baca Juga: