Informasi Penting Untuk Kandungan Gizi Bayam Merah dan Hijau

Posted on

ArenaWanita.comKandungan Gizi Bayam Merah dan Hijau | Apakah anda mengetahui bahwa sayur bayam itu terdiri dari beberapa macam jenis dan beberapa warna yang berbeda? Ya, pada umumnya sayuran itu berwarna hijau, tapi tidak pada bayam.


Sayur bayam selain yang sering anda lihat berwarna hijau tersebut juga memiliki jenis warna yang berbeda, yaitu bayam merah. Nah, apa yang anda ketahui tentang kandungan gizi bayam merah dan hijau yang ada didalamnya? Kami akan mencoba untuk menginformasikannya kepada anda dalam artikel berikut ini.

Sebelum anda mengetahui tentang kandungan gizi dari masing-masing bayam merah maupun bayam hijau, akan lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu sejarahnya tumbuhan bayam bisa ditetapkan sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak khasiat. Bayam dapat tumbuh di daerah beriklim tropis maupun subtropics.

Pada awalnya orang mengenal dan melihat bayam itu seperti tanaman hias dengan macam-macam warna, yaitu ada yang merah dan hijau juga. Namun setelah dilakukan sebuah penelitian oleh para ahli ternyata kandungan gizi bayam merah dan hijau sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bayam yang dikenal juga dengan orang-orang, nama asingnya yaitu Amaranthus spp memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi orang. Bayam dengan jenis A. Tricolor dan juga A. Hybridus paling banyak dibudidayakan.

Bayam Merah

Kandungan gizi bayam merah dan hijau yang dimiliki ini ternyata dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan sampai dengan penyakit paling berbahaya sekalipun.

Macam-macam penyakit yang bisa disembuhkan atau dicegah oleh konsumsi rutin bayam adalah anemia/ kurang darah merah, disentri, sakit mata, ginjal, kanker, dan lain-lain. Sayur bayam ini juga kaya akan serat dan vitamin sehingga bisa melancarkan pencernaan anda. Berikut perbedaan dari kandungan masing-masing kedua jenis warna bayam tersebut.

Bayam Merah:

Dalam setiap 100 gram bayam merah terdapat energy sebanyak 41,2 Kkal, protein sebanyak 2,2 gram, lemak sebanyak 0,8 gram, kalsium sebanyak 520 mg, karbohidrat sebanyak 6,3 gram, serat sebanyak 2,2 gram, vitamin C sebanyak 62 mg, serta zat besi sebanyak 7 mg.

Bayam Hijau:

Bayam Hijau

Dalam setiap 100 gram bayak hijaunya terdapat energy sebanyak 16 Kkal, protein sebanyak 0,9 gram, lemak sebanyak 0,4 gram, kalsium sebanyak 166 mg, karbohidrat sebanyak 2,9 gram, serat sebanyak 0,7 gram, vitamin C sebanyak 41 mg, serta zat besi sebanyak 3,5 mg.

Baca juga:

Dari penjelasan yang ditampilkan dalam point tersebut terlihat jelas bahwa masing-masing zat/ kandungan dalam sayur bayam merah itu lebih banyak dibandingkan dengan kandungan zat pada bayam hijau. Apabila anda ingin membeli sayur bayam merah carilah di supermarket terdekat. Itulah beberapa informasi penting kandungan gizi bayam merah dan hijau yang dapat kami sampaikan.


Kata Kunci Halaman Ini:

kandungan gizi bayam merah, kandungan bayam merah, manfaat bayam merah, Zat yang terkandung dalam bayam merah, zat gizi dalam bayam merah, kasiat bayam merah, kandungan yang terdapat dalam bayam merah, zat yg terkandung pada bayam merah, kandungan dalam bayam merah dan hijau, kandungan bayam