Kebiasaan Ini Ternyata Membuat Kamu Lebih Cepat Tua Loh!

Posted on

ArenaWanita.com | Kebiasaan Yang Membuat Cepat Tua – Kulit wajah kusam, kendur dan berkerut padahal usia masih terbilang muda. Wah,, bagi anda terutama para wanita tentunya menjadi sebuah momok yang begitu menakutkan dan sedapat mungkin dihindari. Meskipun kita tahu proses penuaan itu pasti dan akan terjadi, beberapa diantara kita semaksimal mungkin akan mencoba memperlambatnya atau bahkan mencegahnya.


Banyak makan buah, sayur-sayuran, menjaga gizi dan takaran makanan serta olahraga, bahkan berbagai perawatan kecantikan adalah beberapa hal yang dilakukan. Namun demikian tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampaknya sepele ternyata berdampak besar memicu penuaan dini.

Kebiasaan-kebiasaan apa sajakah itu? Berikut arenawanita.com telah merangkum beberapa jenis kebiasaan yang membuat tubuh tampak lebih tua yang tanpa kita sadari sebelumnya.

Minuman Dari Botol Dengan Sedotan

Kebiasaan pertama yang membuat cepat tua adalah kebiasaan minum-minuman dari kemasan botol dengan menggunakan sedotan. Bila selama ini kita menganggap minuman dengan menggunakan sedotan plastik adalah hal yang biasa, namun ternyata hal tersebut tidak baik bagi kesehatan kulit. Sebab saat kita minum menggunakan sedotan otomatis mulut kita akan mengerucut.

Yang mengakibatkan timbulnya kerutan pada wajah terutama bagian pipi anda. Gesekan antara kulit, bibir dengan sedotan akan menimbulkan kerutan disekitar mulut yang sangat sulit dihilangkan meski melalu facial sekalipun. Kerutan yang timbul saat menyedot minuman dengan sedotan, menyamai apa yang dilakukan perokok ketika mereka menghisap rokonya.

Minuman Dari Botol Dengan Sedotan

Cara minum dengan meneguk langsung dari botol ternyata juga tidak baik, karena saat meneguk air dari botol bibir secara spontan akan mengerut untuk menyesuaikan lebar lubang botol dan menyebabkan timbulnya garis-garis dan kerutan pada bibir. Dan juga terus meneruskan dibiasakan minum air dari botol, lipatan-lipatan akan terbentuk pada bibir secara permanen yang tampak seperti kerutan. Untuk menghindarinya maka sebaiknya selalu gunakan gelas saat minum. Jika minuman yang anda inginkan dikemas dalam botol tuangkanlah kedalam gelas. Meminum dari gelas atau wadah yang lebar akan membuat bibir bagian atas lebih rileks saat meneguk air.

Berlama-lama Diruang Ber – AC

Kebiasaan lainnya yang membuat kita cepat tua adalah kebiasaan yang selalu berada ditempat ber-AC atau penyejuk ruangan. Berdiam diri diruangan ber-AC adalah suatu hal yang nikmat dan nyaman, apalagi jika suhu udara sedang panas-panasnya.

Berlama-lama Diruang Ber - AC

Tapi, sadarkah kita jika terlalu lama berdiam diruangan ber-AC mempunyai pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan kulit. Ya, Jika suhu udara terlalu dingin yang menerpa tubuh dalam jangka waktu yang lama, ternyata dapat menimbulkan penuaan kulit. Bahkan pendingin ruangan central yang banyak kita gunakan bisa membuat kulit kering dengan cepat. Alhasil kulit menjadi tidak sehat dan akan timbul banyak keriput yang pasti akan mengurangi keindahannya.

Udara dingin yang dikeluarkan AC adalah udara dingin kering yang dihasilkan oleh kondensasi freon. Udara tersebut tidak mengandung air, bahkan justru relatif menyerap kelembaban lingkungan disekitarnya. Kandungan air yang ada dilapisan kulit kita yang berada diruangan ber-AC pun akan terserap. Namun kulit kering akibat AC bisa dicegah dengan tindakan ynag sangat sederhana yaitu perbanyak minum air putih dan dengan perawatan kulit menggunakan produk-produk lotion untuk menjaga kelembaban kulit.

Sering Mendengarkan Musik Dengan Earphone

Kemajuan teknologi memang selalu berinovasi termasuk teknologi earphone, mp3 atau mp4 player yang memungkinkan anda untuk mendengarkan musik dimana pun dan kapan pun. Namun, taukah anda jika mendengarkan musik dengan menggunakan earphone terlalu sering bisa mengakibatkan kerusakan pada kualitas pendengaran.

Tidak ada satu hal pun yang membuat anda merasa lebih tua daripada menyadari bahwa pendengaran anda sudah lagi tidak maksimal. Kehilangan pendengaran adalah gejala umum penuaan, tapi sebagian dari kita kehilangan pendengaran karena mendengarkan musik yang terlalu keras melalui earphone.

Mendengarkan Musik Dengan Earphone

Meski mendengar musik dengan volume sedang memang tidak menimbulkan kerusakan yang parah. Namun sebuah studi menunjukan, bahwa mendengarkan musik dapat mempengaruhi pendengaran untuk sementara waktu. Sementara sebagian peneliti lain mengatakan, mendengar musik yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pendengaran permanen. Hasil penelitian menunjukan, bahwa ketika alat pemutar musik digital yang disambungkan dengan earphone diputar pada volume oftimal atau maksimal, telinga boleh tepapar maksimal 5 menit perhari. Jika lebih dari waktu yang ditentukan resiko terjadi trauma bising akan lebih besar.

Penggunaan Sabun Yang Mengandung Zat Kimia

Meski anda berpikir sabun adalah teman terbaik untuk kulit, namun kenyataannya tidak semua itu benar. Alasannya adalah kulit mempunyai lapisan asam yang merupakan pelindung alami. Ketika anda membersihkan kulit dengan sabun yang umumnya mengandung alkali, maka sabun tersebut akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak dan menyebabkan pengeringan kulit yang pada akhirnya membuat kulit anda keriput.

Tak hanya itu, ada beberapa sabun wajah yang kebanyakan memiliki kandungan deterjen yang kasar serta dapat menghapus pelembab alami kulit. Inilah yang dapat mengakibatkan kekeringan pada kulit wajah, peradangan bahkan iritasi dan lama kelamaan kulit akan kendur kering dan kusam.

Sabun Yang Mengandung Zat Kimia

Untuk mengatasi hal tersebut adalah sebaiknya jika anda memilih sabun yang dibuat dari bahan yang lebih halus agar tidak mengurangi atau menghilangkan minyak pada wajah. Cobalah memilih sabun dengan PH netral dan sabun tanpa bahan kimia. Dan perlu diingat juga sebaiknya anda jangan terlalu berlebihan saat membersihkan kulit wajah anda dengan penggunaan sabun. Mencuci wajah dengan terlalu sering akan mengikis lapisan pelindung alami. Jika sabun wajah anda tidak mengandung bahan pelindung ataupun pelembab kulit, sebaiknya pilihlah cairan pembersih muka daripada menggunakan sabun.

Posisi Tidur Yang Salah

Posisi tidur anda juga menentukan keadaan kulit. Posisi tidur yang miring kekanan atau kekiri semalaman akan membuat kulit anda tertekan bantal dan kekurangan oksigen. Dan ketika anda bangun dari tidur kulit akan menjadi tidak segar. Jika tidur dengan hanya satu posisi merupakan kebiasaan anda, hal ini ternyata beresiko menimbulkan kerutan kulit sekitar mata. Selain itu wanita yang biasa tidur dengan posisi menyamping juga cenderung memiliki kerutan disepanjang sisi hidung.

Kantung mata yang gelap disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk dan benjolan merah disekitaran kulit wajah ynag disebabkan oleh deterjen dan pelembutan kain yang dipergunakan untuk mencuci sarung bantal. Tak hanya tidur menyamping saja yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Jika anda tidur menghadap wajah kebawah atau arah perut, maka proses keriput pada wajah akan lebih cepat.

Posisi Tidur Yang Salah

Hal itu dikarenakan adanya gaya gravitasi membuat aliran darah tertarik kebawah dan matapun akan terlihat membengkak. Jika hal ini terjadi tiap malam kulit bisa kehilangan elastisitas kolagen dan terbentuk lah kantung mata yang membuat seseorang tampak lebih tua. Untuk itu latihlah tubuh anda untuk membiasakan tidur telentang atau menggunakan bantal khusus yang bisa menjaga posisi tubuh. Beberapa ahli juga menyarankan untuk menggunakan sprai berbahan satin atau sutera karena bisa mengurangi timbulnya kerutan.

Baca juga:

Demikianlah beberapa kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari dapat mempercepat penuaan. Informasi diatas tadi semoga bisa menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.


Kata Kunci Halaman Ini:

menghisap dgn sedotan ap cpt tua