Kenali Jenis-Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin B

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan Yang Mengandung Vitamin B – Vitamin b merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan metabolisme tubuh. karena tubuh tidak bisa memproduksi vitamin sendiri, anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin b agar kebutuhan gizi terpenuhi.


Zaman dulu, ilmuwan mengira hanya ada satu jenis vitamin b. Tetapi seiring berkembangnya teknologi, vitamin b ternyata dibagi menjadi delapan jenis.

Jenis-jenis tersebut adalah vitamin b1, b2, b3, b5, b6, b7, b9, dan b12. Tentunya, setiap jenis vitamin b terkandung di makanan yang berbeda. Untuk itu, anda perlu mengetahui klasifikasi makanan yang mengandung vitamin b. Jenis vitamin b yang sangat banyak bukan menjadi hambatan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sayangi tubuh anda dengan memenuhi kebutuhan nutrisi.

Yang pertama adalah makanan yang mengandung vitamin b1. Fungsi vitamin ini adalah untuk menjaga memori serta peran otak. Vitamin b1 banyak terkandung pada kacang-kacangan seperti kacang polong. Selain itu, bayam, asparagus, dan kembang kol juga mengandung vitamin b1. Selanjutnya adalah makanan yang mengandung vitamin b2. Fungsi vitamin b2 sendiri adalah untuk menjaga kesehatan dan kelembapan rambut, mata, serta kulit.

Makanan yang kaya akan vitamin b2 adalah jamur, bayam, telur, almond, asparagus, serta brokoli. Langsung ke vitamin b3, fungsi utamanya adalah untuk menjaga kesehatan kulit, fungsi otak, serta gula darah. Makanan yang banyak mengandung vitamin b3 adalah ayam, daging sapi, dan kalkun. Nah, sekarang anda sudah tahu bahwa pembagian makanan yang mengandung vitamin b memiliki fungsi khusus berbeda-beda.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B

Selanjutnya, makanan yang mengandung vitamin b5 adalah brokoli, ubi jalar, alpukat, jamur, telur, dan kacang. Vitamin b5 berperan penting untuk membantu menghasilkan energi, menjaga kesehatan kulit dan rambut serta sistem saraf. Sedangkan untuk makanan yang mengandung vitamin b6 adalah kalkun, daging sapi, ayam, kentang, dan pisang.

Vitamin berfungsi untuk memelihara sistem saraf juga memproduksi sel darah merah. Untuk vitamin b7, banyak terkandung pada kedelai, oatmeal, jamur, hati, dan mentega. Fungsinya untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Usahakan semaksimal mungkin untuk makanan secara seimbang makanan yang mengandung vitamin b diatas.

Baca juga:

Yang terakhir adalah vitamin b9 dan b12. Vitamin b9 berfungsi membantu perkembangan bayi pada ibu hamil, dan juga baik untuk kesehatan mental serta jantung. Vitamin b9 banyak terdapat pada kubis, sereal, jeruk dan roti. Nah, yang terakhir adalah vitamin b12. Vitamin ini berfungsi untuk memproduksi sel darah, energi, serta melancarkan saraf.

Makanan yang banyak mengandung vitamin b12 adalah hati dan daging sapi, susu, telur, keju, kalkun dan ayam. Sekarang anda usdah tahu jenis dan fungsi vitamin b. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin b setiap hari ya.