Khasiat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Posted on

ArenaWanita.com | Khasiat Susu Kedelai untuk kesehatan memang tidak bisa diragukan lagi  selain rasanya yang enak juga banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Lalu apa bedanya antara susu sapi dengan susu kedelai?


1 gelas susu kedelai yang masih murni mengandung 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, kolesterol, dan juga tidak adanya 4,5 gram lemak, sedangkan pada susu sapi terdapat kandungan protein, mineral, vitamin, karbohidrat, dan lemak.

Namun Anda tidak perlu khawatir sebab susu edelai yang sudah beredar di pasaran sudah terdapat vitamin seperti vitamin E, D, B 12, serta kalsium dan nutrisi yang lainnya.

Di bawah ini ada beberapa khasiat susu kedelai untuk kesehatan  antara lain sebagai berikut

1. Menurunkan kolesterol

Berbeda dengan susu sapi yang memiliki lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemak yang ada pada susu kedelai sebagian besar tak jenuh yang dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Menurunkan berat badan

Jumlah kalori 1 cangkir dari susu kedelai lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi. Di dalam susu kedelai terdapat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menghambat penyerapan lemak yang ada di dalam usus. Selain itu juga susu kedelai memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Khasiat Susu Kedelai

3. Mencegah kanker prostat

Susu kedelai kaya akan phytoestrogen yang dapat menghambat produksi hormon testosteron pada laki-laki yang berguna untuk mengurangi risiko terkena kanker prostat.

4. Menopause lebih nyaman

Dengan mengkonsumsi susu kedelai yang kaya akan phytoestrogen yang dapat menggantikan hormon esterogen, maka perempuan akan lebih sehat dan nyaman menjalani masa menopause.

5. Mencegah osteoporosis

Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai berguna untuk membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mampu mencegah hilangnya masa tulang. Pastikan Anda membeli susu kedelai yang terdapat kandungan vitamin D agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga:

Demikian pembahasan khasiat susu kedelai untuk kesehatan, meskipun susu kedelai terdapat banyak manfaatnya tetapi susu kedelai tidak dianjurkan untuk bayi usia dibawah 1 tahun. Selamat mencoba….