Khusus Buat Kamu yang Belum Tahu Untung Rugi Mandi Malam

Posted on

ArenaWanita.com – Bisa dibilang mandi menjadi salah satu ritual sehari-hari kita yang sungguh mengasyikan. Bagaimana tidak, dengan melakukan mandi tubuh kita yang tegang dapat rilek kembali. Dan tak hanya itu, mandi juga dapat memelihara dan menjaga kesehatan tubuh anda.

Ya, memang manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, kotoran atau merevitalisasi sel-sel kulit yang sudah mati. Biasanya kita merasa lebih segar, bersih dan santai setelah mandi.

Bagi sebagian orang mandi itu adalaha salah satu momen intim dalam sehari, karena benar-benar bisa merelaksasikan dan memanjakan tubuh anda sendiri. Kebiasaan sewaktu mandi, frekuensi tempat mandi dan perlengkapan mandi yang digunakan bergantung pada kebudayaan dan kondisi geografis tempat tinggal.

Contohnya saja seperti di Indonesia, biasanya orang mandi 2 kali yaitu pada pagi dan malam hari. Tapi dalam budaya barat justru lebih suka mandi di pagi hari. Sementara dalam budaya Tiongkok, orang – orang lebih banyak yang mandi dengan menggunakan air hangat dimalam hari.


Nah, yang harus anda pahami juga adalah tentang temperatur air yang digunakan saat melakukan ritual mandi. Dan ternyata temperatur air mandi yang digunakan terutama saat mandi malam itu menghasilkan efek tertentu pada tubuh anda.

Misalnya saja ketika mandi dimalam hari menggunakan air hangat dan air dingin, itu memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh. Dan seperti yang berikut ini telah ArenaWanita.com rangkum manfaat mandi menggunakan air hangat ataupun air dingin. Seperti apa? Berikut informasinya.

Mandi Air Dingin Sehat Atau Tidak?

Mandi Air Dingin Sehat Atau Tidak

Mandi dengan menggunakan air dingin memang sangat menyegarkan, tapi tidak untuk dimalam hari. Bagi sebagian orang mandi diwaktu malam bisa membuat badan jadi menggigil kedinginan. Bahkan ada mitos yang mengungkapkan, bahwa mandi malam dengan menggunakan air dingin akan membuat badan anda rentan terken penyakit reumatik dimasa tuanya.

Tak hanya itu kebanyakan dari mereka juga percaya bahwa ada beberapa penyakit yang bisa timbul karena suka melakukan mandi malam seperti penyakit paru-paru basah. Tapi memang sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan, bahwa mandi malam yang menggunakan air dingin itu menimbulkan penyakit.

Karena sebenarnya justru sebaliknya, mandi malam dengan menggunakan air dingin itu menyehatkan. Tak disangka mandi dengan menggunakan air dingin dapat meningkatkan kewaspadaan kita terhadap sesuatu hal. Hal ini bisa terjadi karena kontak dingin pada kulit akan meningkatkan kadar norepinefrin dalam tubuh, sehingga sistem saraf simpatis teraktivasi dan tubuh menjadi lebih waspada.

Makanya berendam atau mandi air dingin dimalam hari tidak selalu berdampak negatif. Bisa mengencangkan kulit ditubuh kita, ternyata tak selamanya menggunakan produk-produk kecantikan yang mahal. Karena sebenarnya dengan rajin mandi malam hari dengan air dingin saja itu sudah bisa membuat kulit anda mnenbjadi kencang.

Jadi mandi air dingin dapat menjauhkan anda mengalami kerapuhan, membantu anda terlihat bercahaya dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Mandi dengan air dingin adalah salah satu cara untuk menjaga kulit agar tetap elastis, segar dan tampak berseri. Sama halnya dengan kulit, ternyata air dingin juga mampu mencegah kerontokan rambut.

Jadi bagi anda yang memiliki rambut rontok, bisa menggunakan air dingin sebagai obat alami pencegah kerontokan rambut. Selain itu menggunakan air dingin saat mencuci rambut juga akan membuat kultikula tertutup, sehingga nutrisi yang diberikan kepada rambut dari shampo atau conditioner akan meresap lebih baik. Penyerapan nutrisi yang baik akan membuat rambut lebih sehat dan tidak terlihat kusam.

Khasiat Mandi Air Hangat

Khasiat Mandi Air Hangat

Selain bisa menggunakan air dingin, mandi dimalam hari juga bisa menggunakan air hangat. Banyak orang menyukai mandi malam dengan menggunakan air hangat. Selain bisa langsung merasakan hangatnya air dibadan kita, terkadang air hangat juga bisa langsung membuat badan kita menjadi rilek.

Jika anda sudah capai kerja seharian badan lengket dan bau, pasti air hangat seringkali dipilih menjadi solusi yang tepat untuk merilekskan badan. Selain itu masih ada beberapa manfaat lain lagi tentang mandi malam hari dengan menggunakan air hangat yaitu, saat air hangat terkena kulit efek hangatnya mampu merangsang pelebaran pembuluh darah atau vasodilatasi sehingga aliran darah menjadi lancar. Selain itu efek hangat tersebut juga mampu membuat vaskularisasi pada otot dengan baik, sehingga tubuh pun menjadi lebih rileks dan segar. Semua hal itu berdampak pada banyaknya khasiat yang bisa didapatkan dengan mandi dan air hangat.

Jika anda sedang mengalami rasa cemas, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan air hangat. Caranya bisa dengan merendam atau mandi dengan air hangat. Anda dapat melakukan ini dengan santai tidak terburu-buru. Air hangat dapat mengembalikan aura positif tubuh. Rendaman air anda bisa ditambahkan dengan 3 perempat gelas baking soda dan irisan jahe. Rendam tubuh anda selama 10 hingga 15 menit, cara ini dapat mengurangi kecemasan anda.

Cuaca tak menentu terkadang membuat daya tahan tubuh kita pun semakin berkurang, virus flu pun mudah menyerang. Jika sudah begini anda bisa mengunakan air hangat sebagai obat alami yang tepat. Caranya adalah bisa dengan melakukan mandi sekitar 10 sampai 15 menit menggunakan air paling hangat yang bisa anda tahan. Tarik dan keluarkan nafas dalam-dalam, agar paru-paru dan rongga hidung anda lega dengan uap.

Itulah untung rugi mandi malam yang telah ArenaWanita.com rangkum khusus untuk anda. Bagaimana, jadi apakah anda lebih suka mandi dimalam hari dengan menggunakan air hangat atau air dingin? Apapun itu pilihannya, semoga informasi diatas tadi dapat menambah wawasan kita semua.