Kue Talam dari Daun Kopi dan Brownies Daun Pepaya

Posted on

ArenaWanita.com – Apa yang terlintas dibenak anda jika mendengar kata kopi? Pastinya adan membayangkan minuman yang hangat yang biasa diseduh dipagi hari. Namun apa yang terlintas jika mendengar daun kopi? Hmm, daun kopi juga dapat dijadikan untuk bahan makanan loh!. Di Sumatera Barat daun kawa atau daun kopi bisa dijadikan bahan untuk membuat Kue Talam. Yuk, langsung saja kita simak proses pembuatannya.


Pertama daun kopinya dicuci terlebih dahulu, kemudian daun-daun tersebut dijepit diatas kayu untuk diasapkan. Pengasapan dilakukan hingga daun tersebut kecokelatan dan kering. Setelah kering keluarkan daun dari penjepitnya, lalu daun-daun tersebut diremukan dan dimasukan kedalam plastik.

Langkah selanjutnya adalah rebus daun kopi tersebut, lalu didihkan pula air ditempat yang lain, kemudian siapkan bahan-bahan untuk adonan hiasan. Bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras, garam, gula dan susu kental manis.

Cara membuatnya campur seluruh bahan tersebut termasuk susu kental manis, kemudian masukan air panasnya. Lalu tuang kebeberapa wadah dan berikan pewarna. Setelah selesai, tuangkan adonan kedalam plastik segitiga. Kemudian buatlah lukisan dari adonan tersebut diatas loyang yang beralaskan plastik.

Setelah itu kukus adonan tersebut, kemudian sipakan bahan untuk membuat Kue Talamnya. Masukan tepung beras, garam, gula dan rebusan air kawa, kemudian aduk hingga merata dan masukan kedalam kukusan.

Kue Talam dari Daun Kopi

Setelah matang, Kue Talam Daun Kopi siap diangkat. Keluarkan kue dari loyang lau buka plastik yang menempel pada kue tersebut. Gulung kue tersebut dan pindahkan kewadah bersih. Selanjutnya, berikan parutan kelapa diatsanya. Potong kue-kue tersebut dan berikan juga buah cerry sebagai hiasan agar mempercantik penampilan kue tersebut. Sekarang Kue Talam Daun Kopi siap untuk disantap.

Kue selanjutnya adalah Brownies, siapa yang tidak suka dengan kelezatan coklat yang menggugah selera. Sekarang telah ada berbagai macam inovasi mengenai Brownies, salah satunya ialah Brownies dengan daun pepaya. Daun pepaya yang biasa dikenal sebagai bahan untuk membuat sayur, kini dapat juga menjadi bahan untuk membuat kue. Penasaran kan ingin tau cara membuatnya?

Brownies Daun Pepaya

Pertama cuci daun pepayanya terlebih dahulu. Mencuci daun pepaya harus menggunakan air yang mengalir, sebab air yang mengalir akan lebih dapat menghilangkan getah daunnya, lalu rebus daun pepaya selama 15 menit. Sembari menunggu, siapkan adonan Browniesnya, campurkan gula dan telur dan kocok hingga merata. Setelah itu tambahkan mentega cair, lalu kocok kembali.

Kemudian tengok kembali rebusan daun pepayanya, berikan baking powder kedalam rebusan daun pepaya. Fungsi dari baking powder adalah untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya, rasa pahit tersebut tentu akan menghilangkan kelezatan Brownies. Kemudian setelah matang angkat daun pepaya dan potong kecil-kecil, lalu blender dengan sedikit air.

Setelah selesai saring pepaya yang telah diblender tadi, ampasa daun pepaya tersebut kemidan dicampurkan kedalam adonan gula dan telur didalam mixer. Lalu kocok kembali adonan tersebut dan adonan tersebut berubah warna hijau yang berasal dari daun pepaya.

Setelah itu tambahkan pula tepung terigu dan coklat, kocok adonan tersebut hingga merata. Setelah dikocok tuang adonan kedalam loyang yang telah diolesi mentega sebelumnya dan juga bisa memberikan keju parut diatasnya untuk menambah kelezatan Brownies Daun Pepaya tadi.

Ketika sudah siap, kukus adonan Brownies Daun Pepaya, tunggu hingga adonan tersebut matang. Setelah matang, keluarkan dan potong Brownies tersebut. Daun pepaya berfungsi untuk membantu pencernaan, mengurangi nyeri haid serta meningkatkan imun pada tubuh.

Bagaimana, Sahabat AW’ers tertarik untuk mencoba membuat Kue Talam Daun Kopi dan Brownies Daun Pepaya ini? Anda bisa mempraktekannya dirumah bersama keluarga tercinta.


Kata Kunci Halaman Ini:

brownies pepaya, brownies daun pepaya, kue daun pepaya, brownis dari daun pepaya, brownies dari daun pepaya, resep kue brownies daun pepaya, brownis daun pepaya, cara buat brownies daun pepaya, Cara membuat brownir daun pepaya, coklat daun pepaya