Kuliner Berbahan Dasar Unik Yang Patut Kamu Coba

Posted on

ArenaWanita.com | Kuliner Berbahan Dasar Unik – Tak pernah di ragukan jika Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Dari kekayaan alam yang luar biasa itulah sehingga melahirkan ragam kuliner indonesia yang juga luar biasa, dari makanan pokok hingga penganan teman bersantai.

Kali ini akan kami sajikan ragam kuliner yang ada di Indonesia dengan bahan dasar unik. Langsung saja kita simak Kuliner Berbahan Dasar Unik.

Proses pembuatan pancake daun pepaya ini pun cukup sederhana. Daun pepaya yang sudah di siapkan direbus terlebih dahulu, kemudian siapkan terigu untuk campuran bahan pancake daun pepaya yang sudah direbus tadi kemudian diblender bersama kuning telur dan susu. Blender dengan kecepatan tinggi supaya tercampur rata.

Untuk flanya cukup menghaluskan pisang  dan susu di campur dengan kuning telur gula dan tidak lupa tepung mayzena sebagai pengental. Setelah bahan- bahan jadi kemudian buat pancake isi dengan fla, gulung dan pancake daun pepaya siap dinikmati.

Pancake Daun Pepaya

Pancake Daun Pepaya

Gak usah khawatir dengan rasa pahit dari daun pepaya ini karena daun pepaya yang sudah di olah menjadi pancake, tidak akan terasa  pahit selain rasanya yang di jamin lezat. Manfaat dari sehatnya daun pepaya juga bisa di dapat antara lain sebagai pelancar pencernaan meningkatkan sel darah merah untuk mengobati demam berdarah serta sebagai anti kanker alami.

Puding Kembang Sepatu

Puding Kembang Sepatu

Yaa AW’ers tidak salah mendengar bahan yang dipakai memang bunga kembang sepatu yang biasa menjadi menghias taman, kembang sepatu ternyata bermanfaat sebagai obat untuk demam, sariawan dan bronhitis.  Namun jika dimakan begitu saja tentunya rasanya pahit yang didapat.  Agar mudah dikonsumsi, maka diciptakanlah olahan kuliner berbentuk puding.

Sama seperti memasak puding – puding yang lainnya, puding kembang sepatu juga dimasak bersama agar- agar dan gula. Sebelumnya kembang sepatu ini dihaluskan terlebih dahulu, masak gula dan agar-agar sampai mendidih. Masukan mentega dan mayzena, aduk semua. Masukan kembang sepatu tambahkan kuning telur. Puding kembang sepatu pun siap dicetak dan dihidangkan. Wah wah lezat dan sehat bukan!!!

Ice Cream Kulit Pisang

Ice Cream Kulit Pisang

AW’ers pernah memakan pisang bukan baik berupa pisang goreng,  pisang rebus maupun olahan pisang lain seperti bolu, tapi bagaimana jika memakan kulit pisang hmm!!! kuliner berikut ini adalah kuliner berbahan dasar kulit pisang, buah pisang diyakini mengandung vitamin dan mineral termasuk pada bagian kulitnya kulit pisang ternyata bisa di olah menjadi kuliner favorit anak-anak yaitu ice krim.

Cara membuatnya sebenarnya tak sulit tapi butuh keuletan dan ketelitian lebih. Kulit pisang yang sudah dikumpulkan kemudian dicuci dengan air yang sudah diberi cairan pembersih makanan. Jangan lupa untuk membilasnya lagi dengan air. Kulit pisang yang sudah bersih kemudian direbus selama 10 menit beri gula dan garam untuk menghilangkan getahnya. Setelah direbus kulit pisang diblender sampai benar- benar halus, sementara itu siapkan kain bersih diatas baskom tuang kulit pisang yang sudah halus diatas kain peras sampai sarinya semua keluar.

Hal ini karena dalam pembuatan ice krim, yang digunakan hanya ekstrak kulitnya saja. Tambahkan bahan-bahan lain seperti campuran susu krimer dan gula supaya bener-benar sedap rasanya. Olah bahan-bahan tadi dengan mesin pengolah ice krim hingga menyatu. Ice krim kulit pisang yang lezat dan penuh manfaat siap untuk dinikmati.

Selai Ampas Tahu

Selai Ampas Tahu

Masih dari jenis kuliner yang menggunakan bahan dasar unik kali ini menggunakan bahan sisa pengolahan yang biasanya dibuang yaitu selai ampas tahu, meski terbuat dari ampas tahu selai ini mempunyai rasa yang tak kalah enak dibandingkan dengan selai-selai biasanya, selain ampas tahu bahan-bahan lain yang digunakan dalam pembuatan selai ini ada gula, jeruk dan aneka buah seperti pisang, apel dan buah jambu biji merah.

Sebelumnya kupas buah dan haluskan hingga jadi bubur lalu siapkan ampas tahu berhubung tidak menggunakan bahan pengawet ampas tahu yang akan diolah harus dikukus terlebih dahulu supaya tidak cepat basi. Sementara menunggu ampas tahu matang jambu yang sudah dihaluskan dimasak sampai mendidih. Beri gula pasir supaya manis dan aduk-aduk hingga mengental. Setelah adonan jambu berubah warna, masukan ampas tahu lalu tambah air jeruk untuk perasa asam dan segar khas cita rasa buah. Masak hingga mengental dan selai ampas tahu yang nikmat siap dioles diatas roti. Bagaimana tertarik untuk mencoba?

Siomay Belalang

Siomay Belalang

Berikut kuliner berbahan dasar unik lainnya kami sajikan Siomay dengan berbahan dasar unik,siomay ikan maupun siomay ayam mungkin terdengar sudah biasa, siomay yang satu ini menggunakan bahan dasar belalang hmmm terdengar agak ekstrim yaa!!

Belalang yang selama ini sering dianggap sebagai hama ternyata bisa juga diolah menajdi kuliner yang nikmat manfaatnya juga luar biasa karena secara ilmiah kandungan gizi dalam belalang.  Memang tak bisa dianggap enteng belalang tidak kalah bergizi dibandingkan sumber ptotein lainnya seperti daging sapi.

Baca juga:

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Sebelum diolah menjadi siomay, belalang direbus terlebih dahulu lalu pisahkan badan dan kakinya agar pengambilan daging belalang lebih mudah. Setelah daging belalang cukup diolah menjadi siomay, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang, garam dan merica lalu tambahkan seledri dan daging belalang. Masukan adonan kedalam terigu beri air dan uleni sampai kalis. Selanjutnya bentuk adonan siomay sesuai selera dan kukus selama kurang lebih setengah jam.

Siomay belalang yang nikmat yang penuh manfaat siap dikonsumsi. Agar semakin nikmat tambahkan bumbu kacang khas indonesia yang gurih bagi umat muslim jangan takut untuk mengkonsumsinya ya karena belalang termasuk hewan yang halal untuk dimakan.

Kata Kunci Halaman Ini:

resep membuat puding kembang sepatu, pancake daun pepaya, makanan unik yang terbuat dari daun, makanan unik dari daun pepaya, ice cream daun sepatu, ice cream daun jambu, Cara membuat puding kembang sepatu, cara membuat pancake daun pepaya, resep membuat sepatu ic3, cara membuat es krim dari bunga spatu