Kuliner Ikan Mini Yang Patut Kalian Coba

Posted on

ArenaWanita.com | Kuliner Ikan Mini – Ikan merupakan salah satu bahan kuliner yang tidak pernah ada habisnya untuk diolah. Jenis ikan yang sama belum tentu diolah dengan cara yang sama pula, apalagi bentuk ikannya yang berbeda ada yang berukuran kecil ataupun berukur besar. Olahan kuliner ikan berikut ini mungkin bisa menjadi rekomendasi santapan anda untuk dinikmati bersama keluarga.


Ikan dengan ukuran kecil mungkin tampak tidak menarik untuk ditangkap apalagi diolah. Ukurannya yang mini mungkin membuat sebagian orang berfikir tidak akan ada dagingnya yang bisa dimakan. Eitss jangan salah bayi ikan mas yang berumur 40 hari dan berukuran sebesar jari orang dewasa ini sudah siap untuk dipanen dan diolah.

Bayi ikan yang ketika ditanam berumur  10 hari ini di pelihara menumpang bersama padi disawah. Untuk memanen nya tidak sulit kok, air sawah cukup di surutkan kemudian dorong bayi-bayi ikan mas ini ke salah satu sudut untuk kemudian ditangkap. Baby fish pun siap untuk diolah.

Sama seperti ikan pada umumnya sebelum diolah dibersihkan terlebih dahulu. Bayi ikan mas ini kemudian diserahkan kepada ahlinya untuk diolah menjadi baby fish tauco. Pertama-tama ikan digoreng selama kurang lebih 5 menit. Bahan-bahan seperti bawang bombay, jahe, cabe hijau, cabe merah, tomat dan rawit cukup dirujak, tidak ada yang di ulek supaya lebih terlihat segar saat dihidangkan.

Tumis irisan bawang bombay,bawang putih, jahe dan tambahkan cabe jika anda pecinta pedas. Masukan bahan utamanya yakni tauco susul dengan bayi ikan mas dan tumis selama 10 hingga 15 menit. Jika sudah hampir matang masukan tomat, cabe merah, cabe hijau dan bawang dawar. Hmm Baby Fish Tauco pun siap dinikmati.

Baby Fish Tauco

Baby Fish Tauco

Baby fish memiliki kandungan protein lemak tak jenuh, asam amino yang baik untuk tubuh,  kandungan mineral dalam baby fish juga cukup lengkap, jadi anda tak perlu ragu lagi soal kandungan gizi yang ada didalam ikan kecil ini.

Nasi Liwet Bambu Baby Fish

Nasi Liwet Bambu Baby Fish

Olahan bayi ikan yang satu ini bukan menggunakan bayi ikan mas, melainkan bayi ikan nila. Memelihara bayi ikan nila tidak sama dengan memelihara bayi ikan mas yang bisa di pelihara di pesawahan. Karena bayi ikan nila bersifat lebih agresif, mereka lebih cocok dipiara di perairan agak dalam seperti ditambak ataupun dikolam. Bayi ikan nila ditebar benihnya ketika berusia 7 hari atau seminggu dan diberi makan pelet. Setelah dipanen ikan nila pun siap untuk diolah untuk menjadi nasi liwet bambu baby fish.

Bahan dan bumbu yang digunakan antara lain:

  • Bawang bombay
  • Telur
  • Bawang putih
  • Cabe
  • Ayam
  • Mentega
  • Garam
  • Serta baby fish nila

Pertama-tama campurkan bayi ikan nila dengan bumbu bacem yang berisi bawang putih, kemiri serta garam yang dihaluskan supaya baby fish nila bertambah gurih dan hilang bau amisnya. Goreng ikan selama 5 menit tanpa diaduk supaya tidak hancur. Sambil menunggu goreng ikan, kocok telur ayam untuk dijadikan lauk pelengkap nasi liwet. Olahan kuliner ini menggunakan bayi ikan nila karena tekstur tubuh ikan nila lebih lembut sehingga mudah dimasukan bambu dan dari segi rasa pun lebih gurih.

Setelah ikan selesai digoreng, kemudian tumis irisan ayam sebagai lauk pelengkap nasi liwet tumis juga irisan bumbu nasi liwet seperti cabe merah, bawang bombay dan bawang putih. Jangan lupa masukan telur kocok dalam tumisan bumbu sambil terus diaduk. Jika tumisan hampir matang, campur bayi ikan nila yang sudah digoreng.

Baca juga:

Tumis selama 10 menit agar matangnya pas dan tidak gosong. Nasi liwet yang sudah disiapkan kemudian dicampur dengan ikan nila yang sudah berbumbu. Jika sudah tercampur rata masukan semua kedalam bambu tutup ujung bambu dengan daun pisang supaya tidak tumpah dan memunculkan aroma wangi. Selanjutnya ikat dengan tali bambu, bambu kemudian dibakar selama 1 hingga 2 menit. Nasi liwet bambu baby fish nila siap dinikmati.

Demikianlah artikel Kuliner Ikan Mini yang bisa arenawanita.com informasikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


Kata Kunci Halaman Ini:

cara membuat ikan nila dibakar dalam bambu hijau, kuliner baby ikan, resep masakan baby fish