Kuliner Khas Banten Ini Bikin Kamu Lapar Terus

Posted on

ArenaWanita.com РBanten tidak hanya terkenal dengan kota industri dan pariwisatanya saja, tapi provinsi yang saat ini dipimpin oleh artis Rano Karno sebagai Gubernur juga terkenal aneka kulinernya yang sangat menggugah selera. Dan kali ini ArenaWanita.com telah merangkum beberapa aneka kuliner khas Banten, yang tentunya sayang jika anda lewatkan. Berikut informasi selengkapnya.


Sate Bandeng

Kuliner dari banten yang pertama adalah sate bandeng. Sate bandeng merupakan makanan khas yang sudah sangat populer. Tidak dipungkiri, kelezatan dan keunikan penganan yang satu ini mampu mengangkat nama Banten hingga ke mancanegara. Taukah anda? sate bandeng adalah makanan asli Banten, makanan ini pertama kali muncul dari juru masak Kesultanan Banten zaman dulu yang mencari cara bagaimana menyajikan bandeng lezat tanpa duri didalamnya.

Saking istimewanya sate bandeng awalnya hanya disajikan untuk kalangan Kesultanan, tamu-tamu penting sultan dan merupakan menu wajib ada saat Maulid Nabi dan hari-hari besar lainnya. Lantas seperti apakah membuat hidangan yang kaya protein, kalsium, fosfor, asam lemak dan sangat rendah kolestrol ini.

Ya, anda bisa mengawali proses pembuatannya dengan membersihkan ikan bandeng dari isi perutnya. Kemudian pisahkan daging ikan dari kulitnya untuk dilumat hingga halus. Jangan lupa sisihkan kulit ikan bandeng untuk digunakan sebagai pembungkus daging ikan nantinya.

Sate Bandeng

Nah, daging yang sudah dihaluskan tadi siap dicampurkan dengan bumbu-bumbu rempah dan santan lalu aduk hingga menyatu. Setelah menyatu masukan adonan daging bandeng kedalam kulit bandeng. Lalu proses pembakaran pun siap dilakukan. Beberapa hal penting dalam proses pembakaran adalah yang pertama gunakan bambu yang dibelah 2 sebagai pencapit. Dan agar sate bandeng matang merata gunakanlah batok kelapa sebagai pembakarnya.

Proses pembakaran sate bandeng ini kurang lebih adalah 30 menit. Ada pilihan banyak sate bandeng yang bisa anda pilih dan dijadikan oleh-oleh usai mengunjungi Banten. Dan untuk 1 ekor sate bandeng biasanya dihargai sebesar 30 ribu rupiah. Saat ini varian sate bandeng ini terus berkembang, berbagai macam rasa seperti original, manis dan pedas bisa anda pilih sesuai selera.

Nasi Bakar Sumsum

Kuliner dari Banten yang tidak kalah menggiurkan berikutnya adalah nasi sumsum khas Banten. Bagi anda yang dikawasan Serang, nasi sumsum sudah tidak asing lagi. Meskipun sebenarnya penjual nasi sumsum memang sudah jarang ada. Namun masih ada kedai nasi sumsum yang cukup populer di Serang yaitu kedai nasi sumsum Mang Puri yang berlokasi disekitar Pasar lama Serang. Kedai nasi sumsum mang puri ini sudah berdiri sejak tahun 1941 dan saat ini diteruskan oleh generasi ketiga.

Mendengar namanya saja, nasi sumsum sudah bisa ditebak makanan khas kota Banten ini merupakan perpaduan nasi dan sumsum tulang sapi ataupun kerbau. Cara pembuatan sendiri cukup mudah, pertama campurkan nasi matang dengan bumbu yang terbuat dari campuran cabai merah, bawang putih, bawang merah, penyedap rasa dan rempah-rempahan. Kemudian aduk keduanya hingga rata.

Nasi Bakar Sumsum

Langkah selanjutnya adalah membungkus nasi dengan mensisipi beberapa potong sumsum kedalamnya. Dan jangan lupa bungkuslah nasi dengan daun pisang, agar aromanya semakin sedap. Saatnya memasak nasi dengan cara dibakar, proses pembakaran sendiri bertujuan untuk mengaslikan aroma serta citarasa yang khas yang dipercaya bisa juga membangkitkan vitalitas.

Nasi sumsum yang telah dibakar pun telah siap disajikan. Hidangan yang satu ini sangat cocok disantap ketika masih hangat. Rasa gurih dari sumsum yang meleleh diantara nasi panas sangat memanjakan lidah anda. Satu porsi nasi sumsum sangat pas, tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat anda terlalu kenyang. Saat ini satu porsi nasi sumsum diberi harga 12 ribu rupiah, dan kedai nasi ini buka dari pukul 4 sore hingga 11 malam.

Durian Jatuh Haji Arif

Durian Jatuh Haji Arif

Jika anda penggila durian dan sedang berada di Banten, sepertinya anda harus mampir ke kedai Durian Jatohan Haji Arif ini. Kedai durian jatohan haji arif ini terletak diantara kota Serang dan Pandeglang atau tepatnya didaerah Baros. Ada cerita dibalik nama kedai durian ini. Nama durian jatohan diambil karena durian yang dijual disini adalah buah yang matang dipohon, atau istilahnya durian yang jatuh sendiri bukan matang karena diperam. Selain keistimewaan karena durian disini adalah durian matang dipohon.

Kedai durian ini juga menghadirkan menu yang sangat unik dan inovatif. Ya, durian dengan 7 citarasa yang berbeda percaya atau tidak selain durian manis dan pahit durian jatohan haji arif ini juga ada yang terasa seperti keju, manis strawberry, cokelat atau rasa rame layaknya permen. Bahkan diantara durian-durian ini juga ada yang berkhasiat sebagai obat penawar rasa sakit tertentu.

Baca juga:

Wah seru ya!!! harga durian disini juga terbilang murah, mulai dari harga 25 ribu hingga 125 ribu rupiah. Patokan untuk harga durian dilihat dari kemanisan buah yang dijual. Anda juga tidak perlu takut dengan buah yang tidak manis atau busuk, karena anda bisa menggantinya langsung. Tidak hanya buah durian saja yang dijual dikedai ini, ada olahan dari durian lainnya juga seperti dodol durian dan wajik durian.

Nah, itulah beberapa kuliner lezat dan menarik yang bisa anda cicipi, jika anda mengunjungi kota Banten. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya?


Kata Kunci Halaman Ini:

makanan khas banten yang dimodifikasi, makanan sehari hari khas banten, makanan tradisional banten yang telah dimodifikasi, modifikasi makanan khas banten, modifikasi makanan tradisional daerah banten