Nikmati Liburan AW’ers dengan Kuliner Khas Puncak, Bogor

Posted on

ArenaWanita.com – Kawasan Puncak sudah lama menjadi tempat wisata pavorit bagi warga Jakarta untuk berakhir pekan, tak heran bila ada banyak tempat wisata dan juga tempat kuliner enak disini. Jarak Jakarta ke Puncak sekitar 68 km dan semuanya hanya memakan waktu sekitar 2 jam, bila tidak menemui kemacetan parah. Pagi hari saat wikeend atau hari libur akan menghadapi kemacetan, tapi gak perlu panik ya.

Pada saat macet biasanya banyak makanan dagangan yang berjualan dipinggir jalan. Nah, kalau perut sudah terasa lapar, sambil nunggu macet gak ada salahnya mencicipi makanan tradisional Gemblong dengan harga 10 ribu rupiah.

Makanan yang terbuat dari ketan yang dibalut gula merah ini memiliki perpaduan rasa gurih dan manis. Lumayan kan bisa mengganjal perut keroncongan.

Gemblong

Nah, bila pengunjung sampai dikawasan Puncak saat siang hari langsung aja deh mampir dulu ke Rumah Makan Rindu Alam. Rumah makan legendaris ini sudah ada sejak tahun 1980 loh. Dirumah makan rindu alam selain bersantap juga bisa menikmati pemandangan alam yang akan menjajakan mata. Ada beragam masakan disini salah satunya Pepes Ayam Kampung Bambu Bakar. Pepes ayam ini memiliki rasa yang unik, proses pembuatannya pun juga unik. Ayam kampung yang sudah dipotong-potong dibalur dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan.

Ada juga potongan daun kemangi, daun serai, daun salam dan daun bawang. Kemudian dicampur dan diremas-remas sampai bumbu benar-benar meresap kedalam daging ayam. Lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasukan kedalam bambu. Bambu berisi pepes ayam ini lantasa dibakar menggunakan api kecil, agar bambu tidak cepat hangus dan ayam bisa matang merata. Iya, setelah satu jam hampir dibakar pepes ayam siap disantap. Satu porsi pepes ayam bakar ini dihargai 90 ribu rupiah.

Pepes Ayam Kampung Bambu Bakar

Selain pepes ayam kampung bambu bakar, menu lainnya yang tak kalah nikmat adalah Campur Sari. Dinamakan campur sari karena masakan ini terdiri dari berbagai macam lauk pauk yang dicampur dengan cabai hijau, telur, ayam, petai, udang, ikan teri dan juga dendeng. Wahh, bener-bener ramah ya lauknya! Cocok banget dinikmati bersama keluarga besar.

Masih seputar makan siang nih, kalau mau santap siang ditempat legendaris lainnya mampir aja ke Saguling Puncak Pass Resort yang terletak dijalan raya Puncak km 90. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1928. Wahh tua banget ya! Nah, kue ini nih yang menjadi menu andalan disini Poffertjes susah yan menyebutnya, kue asal belanda ini sudah ada sejak Puncak Pass Resort berdiri. Nama Poffertjes ada artinya loh, Poffer berarti pancake dan Tjes artinya mini jadi Poffertjes artinya pancake mini. Poffertjes disajikan dengan taburan gula halus, rasanya dijamin bikin lidah bersorak apalgi kalau dimakan saat masih panas. Satu porsi Poffertjes harganya 29 ribu rupiah.

Poffertjes

Selain Poffertjes ada pula menu andalan lainnya yakni Iga Bakar Madu. Iga bakar madu disni dijamin enak deh, daging sapi yang digunakan adalah daging impor asal Australia yang berukuran besar. Iga sapi yang sudah direbus selam 2 jam diberi bumbu barbeque dan juga madu. Iga lantas dibakar sampai matang selam 15 menit. Satu porsi iga bakar madu dibandrol dengan harga 70 ribu rupiah.

Iga Bakar Madu

Kalau mentari mulai tenggelam kawasan Puncak tetap menggeliat oleh para wisatawan. Dikawasan Puncak ada banyak pilihan untuk makan malam, mulai dari masakan Sunda sampai masakan Timur Tengah tinggal pilih aja mau yang mana. Nah, kalau anda memilih masakan Sunda langsung aja meluncur ke warung nasi Alam Sunda yang terletak dijalan raya Cipanas no 30 Cianjur.

Sekitar 20 menit perjalanan dari Puncak Pass. Warung nasi dengan konsep ruangan terbuka ini selalu penuh oleh pembeli lauk pauk dan sayur disajikan secara perasmanan, jadi kita bisa memilih langsung makanan yang diinginkan. Tapi ini menu andalan disini Ayam Kampung Goreng Kremes. Ayam goreng yang berwarna kuning keemasan ini terlihat sangat sempurna garing dan renyah. Seporsi ayam kremes bisa disantap dengan harga 16 ribu rupiah.

Ayam Kampung Goreng Kremes

Kalau lagi gak pengen masakan Sunda, pilihan lainnya masakan Timur Tengah. Kita bisa datang ke kawasan Kampung Arab atau kampung laun Kaleng yang terletak dijalan raya Puncak Cisarua. Di tempat ini ada banyak pilihan restauran yang menyajikan menu makanan Timur Tengah, salah satu restauran yang terkenal dengan masakan khas Arab adalah restauran Sindbad.

Menu pavoritnya adalah Nasi Mandi Laham. Laham berarti daging kambing, menjadi nasi mandi laham adalah semacam nasi goreng khas Arab tepatnya dari Yaman yang disjikan bersam dengan daging kambing panggang. Keistimewaan nasi mandi laham adalah pada proses pengolahan daging kambingnya, kambing yang digunakan harus lah kambing muda yang berada tidak boleh melebihi 6 kg. Satu ekor kambing bisa dipotong menjadi 16 porsi, yang rumit adalah proses pemanggangan dagingnya nih.

Nasi Mandi Laham

Tungku yang digunakan haruslah tungku open khusus yang ditanam dibawah tanah dengan kedalam sekitar 1 setengah meter. Arang yang digunakan juga khusus dari kayu pohon rambutan. Karena konon arang pohon rambutan awet menyimpan panas. Daging kambing yang sudah dibumbui ini lantas dipanggang didalam tungku open selama 2 jam, agar dagingnya menjadi empuk dengan sempurna. Daging kambing yang sudah matang lantas disajikan diatas nasi mandi, tak lupa ditambahkan potongan bawang bombay dan kismis agar lebih beraroma. Satu porsi nasi mandi laham harganya 72 ribu rupiah.

Kata Kunci Halaman Ini:

resep kue taripang gula merah, aw puncak, restoran aw di puncak, resap gemlong khas puncak, puncak AW, makanan khas puncak, Makanan khas di puncak, harga gemblong puncak, harga gemblng bujuju puncak, gemblong puncak pass

Baca Juga: