Kuliner Legendaris Ayam Taliwang

Posted on

ArenaWanita.com – Pedas menggigit berpadu dengan bumbu terasi nan pekat, inilah Ayam Taliwang. Berlokasi dikawasan Tebet Jakarta Selatan, Rumah Makan Taliwang Bersaudara ini tersohor akan ayam bakar taliwang bumbu plecing. Sejak Tahun 1991, 1 ekor ayam kampung muda tersaji dalam tiap porsi menu andalannya.


Kenikmatannya yang tiada tara membuat para penikmatnya setia, tidak terkecuali para pemimpin bangsa. Untuk hadirkan kembali rasa khas Bumi Selaparang penciptanya secara rutin ke Istana Negara.

Usaha kuliner Hj Baiq nan melegenda berawal di Pulau Dewata Bali pada tahun 1986. Banyaknya permintaan dari penikmat ibu kota, menggerakan perempuan ini untuk hijrah ke Jakarta. Citarasa ayam bakar taliwang nan khas, lestari berkat konsistensi Baik pertahankan resep leluhur. Salah satu kunci kelezatan berasal dari bahan dasar, ayam kampung muda usia 3 minggu. Demi tekstur daging yang lebih lembut, 300 ayam segar dipasok setiap harinya agar kualitasnya senantiasa terjaga.

Ayam-ayam ini harus melalui beberapa tahapan nan ketat. Mulai dari pencucian hingga perendaman dengan air garam utuk memberi rasa pada daging ayam dan membunuh bakteri yang merugikan. Selanjutnya barulah ayam digoreng. Agar bumbu-bumbunya lebih meresap, keprek ayam sebelum akhirnya dibakar. Saatnya siapkan bumbu dasar andalan. Bumbu-bumbu yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan santan nan gurih, lalu aduk merata selama 1 jam. Untuk hasilkan ayam bakar taliwang bumbu plecing nan melegenda tambahkan cabe rawit pada bumbu dasar.

Biarkan hingga menggelap dan kental. 40 kg cabe merah dan rawit digiling bersama terasi sampai halus. Tak hanya menjadi bumbu, tetapi juga sambal untuk dicocol. Hmm, gak kebayang gimana pedasnya. Sesuai resep turun-temurun dari ibunya dan seorang inevator kuliner ayam taliwang di Lombok, bahan-bahan kunci didatangkan langsung dari Tanah Sasak. Paduan Cabai hitam asap dan terasi tanpa jeroan hasilkan citarasa paripurna. Bukan hanya pada ayam, tapi juga pada menu pendamping favorit yaitu plecing kangkung segar dan sehat.

Rumah Makan Taliwang Bersaudara Kuliner Legendaris Ayam Taliwang

Rebusan kangkung Lombok dan tauge yang disiram dengan sambal tomat terasi lengkap dengan taburan sangrai kelapa dan kacang goreng, cerminkan selera khas orang Sasak pecinta penganan nabati alami. Bumbu plecingnya tidak hanya terasa pada permukaan kulit ayam, tetapi juga meresap sampai ke dagingnya. Sambalnya pun sukses menyengat lidah dan bibir. Terakhir netralkan rasa pedas dan dahaga dengan es kelapa muda madu yang manis segar dan memanjakan lidah. Menu lain yang tak kalah nikmat adalah sate pusut, sate berbahan adonan parutan kelapa dan daging sapi Bali ini paling pas menjadi hidangan pembuka.

Kuliner Legendaris Ayam Taliwang

Kelezatan sajian khas Lombok ini bisa dinikmati dengan harga bervariasi. Seporsi ayam bakar plecing dibandrol dengan Rp 40.000,- per ekor. Untuk seporsi plecing kangkung dihargai Rp 15.000,- sementara 5 tusuk sate pusut bisa puas disantap dengan harga Rp 25.000. Kini rumah makan HJ Baiq sudah memiliki 6 cabang. Mereka ada di Jakarta, Bandung, Bali, Lombok dan Auckland Selandia Baru.


Kata Kunci Halaman Ini:

ayam taliwang, ayam taliwang umur 3 minggu, foto ayam taliwang