Kuliner Legendaris Ketupat Sayur dan Pindang Bandeng Hj. Mahmud

Posted on

ArenaWanita.com – Merupakan salah satu sajian warisan Melayu, sejumlah daerah di Nusantara punya racikan khasnya termasuk warga Betawi penduduk asli Ibu kota Jakarta. Rasanya yang sedap mengenyangkan, biasanya tersaji untuk sarapan. Ya, Ketupat Sayur.

Banyak penyajinya, salah satu yang melegenda ini dia Ketupat Sayur Hj Mahmud. Tak hanya pagi, kuliner ini terhidang sepanjang hari. Dan sajian ini masih punya banyak keistimewaan lainnya.

Terutama, tentunya tekstur dan citarasa yang membuatnya melegenda. langsung memikat penikmat yang baru mencoba, lezat ketupat yang lekat juga membuat para pecinta sulit berpindah ke kedai lainnya. Hadir sejak tahun 1957 kisah legendaris ini berawal dari sosok yang kemudian jadi nama belakang sajian Hj Mahmud.

Sang painir telah tiada, kini pengelolaan beralih kepada generasi kedua dan ketiga. Tangan peraciknya boleh sudah berbeda, namun bahan cara memasak dan khasrat dibaliknya tetap sama, rahasia yang membuat kelezatan ini melegenda.

Salah satunya hanya gunakan janur atau helaian daun kelapa yang masih muda untuk membungkusnya. Berpadu dengan beras pilihan dan perebusan hingga 4 jam, menghasilkan ketupat lembut dengan aroma segar khas spesial. Selain ketupatnya, kunci sedap tentu juga terletak pada sayurnya. Takaran dan pilihan bumbu dan bahan jadi pangkal gurih, lezat nan lekat. Proses penggerusan tradisional yaitu penumbukan dengan lesung selama 3 jam, membuat kekhasannya kian meresap terasa.

Ketupat Sayur Hj Mahmud

Kunci rasa dan aroma pedas yang pas. Ramuan bumbu halus dengan cabai giling. Semua kemudian dicampur dengan santan dan sayuran segar, hingga tersaji sayur yang hangat menggoda. Kekhasan lainnya, ketupat sayur hadir berpadan sajian yang juga tradisional yakni Pindang Bandeng. Pindang berbumbu racikan rempah resep warisan yang digoreng dan ditumbuk halus.

Bumbu kemudian dicampur dengan Bandeng pilihan. Nah, Bandeng yang digunakan berukuran setengah kg perekor, karena tidak terlalu berduri dan tekstur dagingnya pun tidak hancur saat dimasak nanti. Proses memasak panjang dan kisah yang lebih panjang lagi, buahkan paduan ketupat empuk nan lembut berpadan sayuran berempah kental spesial, dan semangkuk Pindang Bandeng lezat menggoda mantap disantap selagi hangat. Gurih dari ebinya sangat terasa dengan sedikit semburan pedas. Berpadu dengan rasa asam segar dan manisnya Pindang Bandeng ini bikin ketupat sayur ini makin nendang.

Pindang Bandeng Hj. Mahmud

Berlokasi di Bilangan Kebayoran Lama, kedai hidangkan sedikitnya 500 porsi Ketupat Sayur setiap hari. Harganya mulai Rp 12.000,- untuk Ketupat Sayur dan Rp 15.000,- untuk Pindang Bandengnya. Sebagai pilihan tersedia pula ragam pelengkap lainnya seperti Semur Tahu, Semur Telur dan Ayam Goreng. Repersentasi secara betawi ini siap dinikmati pukul 07 pagi hingga sekitar pukul 04 sore hari.

Kata Kunci Halaman Ini:

ketupat sayur legendaris, lontong sayur legendaris